me

Makanan yang Baik untuk Kucing Mencret, Apa Aja Sih? Simak Yuk!

Aug 22, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

carecredit.com
Ketahui makanan yang baik untuk kucing mencret di bawah ini, yuk!

Masalah yang sering terjadi pada pencernaan kucing adalah mencret. Biasanya hal ini terjadi karena salah memberikan makanan atau alergi terhadap suatu makanan. Jika kondisinya sudah seperti ini maka penting banget untuk memperhatikan makanan yang baik untuk kucing mencret biar perawatannya menjadi lebih baik.

Baca juga: Kucing Suka Stres? Lakukan 5 Hal Berikut


Makanan yang Baik Untuk Kucing Mencret

Kira-kira apa saja makanan yang baik untuk merawat kucing yang sedang mencret biar penyakitnya nggak semakin menjadi-jadi? Biar nggak salah langkah kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasinya di bawah ini:

  • Porsi makanan dalam jumlah kecil

elanco.com

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih makanan yang tepat adalah mengenai porsi yang diberikan. Makanan untuk kucing yang sedang diare nggak boleh diberikan terlalu banyak karena pencernaannya yang melakukan adaptasi dan penyesuaian yang lebih baik.

Namun ketika memberikan makanan dalam jumlah sedikit ini tentu wajib banget diimbangi dengan pemberian dalam waktu sering untuk mencukupi kebutuhan gizi kucing menjadi lebih seimbang.

  • Berikan cukup air

fearfreehappyhomes.com

Hal kedua yang perlu kamu tahu untuk membuat makanan tercerna baik saat sedang mencret adalah memberikan air dalam jumlah yang sering. Mungkin beberapa orang berpikiran bahwa kucing yang mencret bakalan menjadi lebih parah ketika diberikan air terlalu sering.

Namun kamu perlu tahu bahwa air memiliki peranan penting untuk mempermudah proses pencernaan makanan sehingga pencernaan kucing nggak bakalan menjadi lebih parah iritasinya.

  • Nasi rebus

catbreedselector.com

Makanan pertama yang direkomendasikan untuk kucing adalah nasi rebus. Kamu bisa merebus nasi yang sudah matang untuk mendapatkan tekstur yang lebih empuk dan mudah dicerna oleh kucing. Tentu saja nasi ini harus didampingi dengan lauk protein untuk mencukup gizi harian kucingnya.

Kamu bisa membuat beberapa menu variatif dengan menggabungkan nasi rebus sebagai makanan utamanya sehingga kucing tetap bisa melahap makanannya dengan baik tanpa perlu takut memperparah kondisi pencernaannya.

  • Pasta dan ayam rebus tanpa kulit

eduaspirant.com

Makanan kedua yang cocok diberikan untuk kucing yang sedang mencret adalah pasta dan ayam rebus tanpa kulit. Perpaduan makanan ini seimbang banget dan ramah untuk pencernaan kucing jadi bakalan membuat gizinya tetap seimbang tanpa memperparah kondisi pencernaan kucing yang sedang terluka.

Kamu bisa membuat dalam porsi kecil dan memperhatikan teksturnya selalu dalam kondisi yang lembek dan lembut jadi kucing nggak bakalan kesusahan untuk mencernanya di dalam perut.

  • Makanan probiotik

hepper.com

Makanan ketiga yang disarankan untuk kucing mencret adalah makanan probiotik ringan dan mudah dicerna. Dalam hal ini kamu bisa membuatnya sendiri maupun membeli dalam bentuk praktis untuk dikonsumsi kucing. Ada juga yang menyediakan dalam bentuk obat untuk dicampur menggunakan makanan kucing yang lebih lembek.

  • Makanan yang disarankan dokter hewan

armandhammer.com

Takut dan ragu untuk memberikan makanan pada kucing? Jangan khawatir karena kamu bisa konsultasi langsung dengan dokter hewan terkait makanan yang diberikan untuk kucingmu. Biasanya makanan yang diberikan ini menyesuaikan dengan kebutuhan kucing dan kondisinya.

Jika kondisi kucing sudah membaik biasanya makanan yang diberikan juga sudah nggak lembek lagi meskipun belum disarankan memberikan makanan dalam bentuk kering ke kucing yang sedang mencret.

Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik

Ketika kucing sudah sehat jangan lupa untuk memberikan makanan terbaik sesuai dengan gizi seimbangnya. Adapun beberapa rekomendasi makanan kucing bisa kamu lihat sebagai berikut:

  1. Cat Choize Adult 800 Gr Varian Tuna Dan Salmon Fresh

blibli.com
makanan kucing cat choize adult 800 gr varian tuna dan salmon fresh pack cat food dry food no bolt - Septamas Pets

Rekomendasi makanan kucing pertama yang bisa kamu beli adalah Cat Choize Adult 800 Gr Varian Tuna Dan Salmon Fresh. Makanan kucing ini bagus banget dengan kandungan yang bermanfaat untuk pertumbuhannya. Tersedia dua pilihan rasa yaitu tuna dan salmon jadi memiliki nutrisi terbaik untuk kucingmu.

Makanan ini bentuknya kering jadi mudah banget untuk disimpan jangka panjang. Isi dari produknya juga banyak sekitar 800 gram dengan harga sekitar Rp17 ribuan.

  1. Friskies Indoor Delight Makanan Kucing

blibli.com
Friskies Indoor Delight Makanan Kucing 1.1 kg

Produk kedua yang bisa kamu pertimbangkan pembeliannya adalah Friskies Indoor Delight Makanan Kucing. Makanan ini bentuknya lucu berupa ikan mini dengan warna yang beragam sehingga menggugah selera kucing untuk mencobanya. Selain itu, rasanya memang enak dan gizinya seimbang.

Makanan ini cocok diberikan untuk kucing dewasa dengan paduan rasa salmon, tuna, ayam, sapi dan sayuran di dalamnya. Kamu yang penasaran dengan makanan ini bisa langsung membeli dengan harga sekitar Rp60 ribuan.

  1. BIO Creamy cemilan Snack makanan kucing

blibli.com
BIO Creamy cemilan Snack makanan kucing anak kucing 1 pack isi 4pcs dan 1 pcs

Rekomendasi produk ketiga yang bisa kamu coba adalah BIO Creamy cemilan Snack makanan kucing. Makanan ini cocok banget diberikan untuk camilan sehat pada kucing. Kamu bisa langsung memberikannya tanpa perlu mengolahnya terlebih dahulu. Kemasannya juga praktis jadi pas untuk sekali diberikan pada kucing.

Ada beberapa rasa yang bisa kamu pilih untuk diberikan pada kucing seperti tuna, salmon dan daging. Makanan ini bagus banget untuk melengkapi gizi harian pada kucing biar hasilnya maksimal. Kamu yang tertarik bisa langsung membeli dengan harga sekitar Rp15 ribuan.

  1. Chester 1kg Makanan Kucing

blibli.com
Chester 1kg Makanan Kucing

Rekomendasi makanan kucing keempat yang nggak kalah bagus adalah Chester 1kg Makanan Kucing. Makanan ini bentuknya kering jadi lebih aman dan praktis disimpan dalam jangka panjang. Kandungan gizinya juga terjamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing menjadi lebih baik.

Dikemas dalam ukuran langsung 1kg sehingga kamu bakalan mudah untuk memberikannya pada kucing-kucing di rumah secara lebih hemat. Terdiri dari perpaduan sayuran, daging dan vitamin untuk menjaga bulu kucing tetap sehat dan lebat. Kamu yang tertarik bisa langsung membeli produk ini dengan harga sekitar Rp19 ribuan.

  1. WHISKAS® Makanan Kucing Kering Dewasa Rasa Ocean Fish

blibli.com
WHISKAS® Makanan Kucing Kering Dewasa Rasa Ocean Fish 480 g 1 Bag

Produk kelima yang bisa kamu coba adalah dari WHISKAS® Makanan Kucing Kering Dewasa Rasa Ocean Fish. Makanan ini bentuknya kering dan pasti disukai oleh kucing sehingga kamu nggak perlu khawatir untuk mencobanya. Dibuat dengan rasa yang enak dan aroma nggak terlalu amis jadi bakalan aman banget.

Dengan menggunakan makanan ini maka kotoran kucing juga nggak bakalan berbau menyengat jadi kamu nggak perlu khawatir untuk memberikannya. Diimbangi dengan kandungan gizi seimbang yang cocok untuk menunjang pertumbuhan kucing dan bulu yang sehat dan lebat setiap harinya.

Penyebab Kucing Mencret

Ternyata ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kucing peliharaan kamu mencret, nih. Selain dari makanan, kucing kamu juga bisa mencret karena beberapa hal lainnya yang juga mengganggu saluran pencernaan pada kesehatan mereka. Terlebih lagi, ada beberapa kucing yang memiliki saluran pencernaan yang sensitif, untuk lebih jelasnya kamu bisa cek penyebab kucing mencret disini!

Kualitas Makanan

cattravelguide.com

Penyebab pertama yang sudah sering kamu tahu mengapa kucing mencret bisa berasal dari makanan. Masalah itu dapat terjadi karena makanan yang kamu berikan pada kucing berkualitas rendah. Mengingat beberapa makanan kucing yang mudah didapatkan biasanya mengandung bahan-bahan, seperti kulit binatang, mata, kuku, kepala, paruh, serta bulu burung, loh.

Memang sebelum dijadikan sebagai makanan kucing, bahan-bahan tersebut diproses terlebih dahulu agar bakteri di dalamnya menghilang hingga akhirnya menjadi makanan yang bersumber protein. Meski begitu, untuk beberapa kucing hal itu bisa membuatnya mencret, apalagi kalau kamu memiliki kucing dengan masalah pencernaan.

Maka dari itu, disarankan kamu membeli makanan untuk kucing yang lebih higienis seperti makanan manusia pada umumnya. Tapi, bukan berarti semua makanan kucing yang higienis cocok untuk kucing kamu, ya.

Alergi Makanan

veterinarians.org

Masih karena faktor makanan, penyebab kucing mencret juga bisa karena alergi terhadap bahan makanan tersebut. Mungkin sebagai adopter, kamu nggak menyadari kalau kucing juga bisa terkena alergi karena bahan-bahan makanan. Sama seperti manusia, ketidakcocokan atau alergi makanan pada kucing membuatnya mencret atau bahkan bisa dalam waktu yang lama, loh.

Meski efeknya nggak langsung muncul, namun penyebab alergi ini bisa muncul seiring kamu memberikan makanan yang sama dengan waktu yang terlalu lama. Oleh karena itu, kamu perlu memahami kondisi kucing kesayangan kamu secara menyeluruh. Tandai juga jika kucing mengalami alergi, diare, atau masalah terhadap pencernaannya, bisa jadi itu salah satu tandanya, loh.

Infeksi Bakteri dan Virus

dailypaws.com

Salah satu penyebab kucing mencret juga bisa dikarenakan adanya infeksi bakteri dan virus yang memiliki kemungkinan yang cukup membahayakan. Saat kucing terkena infeksi bakteri dan virus ini, maka hal itu bisa pada saluran pencernaan kucing dan menyebabkan kucing kamu mengalami diare atau muntah jika memang parah.

Bukan cuma itu, diare dan muntah pada kucing juga bisa membuat peliharaan kamu mengalami penurunan berat badan yang ekstrim hingga dehidrasi. Perlu kamu ketahui juga, kalau diare akut sering dikaitkan dengan adanya kelebihan bakteri pada usus kecil kucing.

Memang hal ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun kamu juga perlu memperhatikan kondisi kucing, ya. Usahakan untuk memberikan kucing kamu perawatan dengan cepat atau bawa ke dokter hewan bila diperlukan.

Parasit

salon.com

Penyebab lainnya yang juga dapat membuat kucing kamu mencret adalah parasit, yang mana kucing bisa terjangkit melalui kotoran yang terinfeksi. Bukan cuma itu, parasit ini juga bisa didapatkan dari air dan makanan yang sudah terkontaminasi lalu dikonsumsi oleh kucing kamu, kemudian parasit masuk ke tubuh dan saluran usus kucing.

Meski parasit ini bisa sembuh dengan singkat, namun ada juga yang membuat kondisi kucing kamu semakin parah, apalagi kalau nggak segera diobati dengan tepat. Selain mencret, kucing kamu juga bakal mengalami diare, muntah, dan bahkan anemia. Maka dari itu, sebaiknya kamu langsung memberikan pencegahan agar kucing nggak mengalami diare, salah satu memberi obat cacing.

Mengkonsumsi Susu

Makanan yang Baik untuk Kucing Mencret
marthastewart.com

Mungkin belum banyak yang tahu kalau kucing mencret juga bisa disebabkan karena mengkonsumsi susu yang bukan dari spesies yang sama. Perlu diingat, kucing nggak memiliki enzim yang dibutuhkan untuk memecah gula yang biasanya dapat ditemukan pada susu sapi. Oleh karena itu, memberikan susu sapi pada kucing bisa membuatnya mengalami resiko masalah saluran pencernaan, loh.

Super Cat Baby Kitten Formula 400 gr - Makanan Basah Bayi Kucing

Bukan cuma itu, susu kedelai juga diketahui bisa membuat kucing kamu mengalami muntah, diare serta dehidrasi dengan waktu yang sangat cepat, terutama pada anak kucing. Jadi, usahakan untuk memberikan susu yang tepat dan memang khusus kucing, karena susu bisa menjadi makanan utuh. Sementara itu, untuk kucing dewasa kamu bisa memberikan makanan basah atau makanan kering.

Pertolongan Pertama saat Kucing Mencret

Nggak perlu panik apabila kucing kamu mengalami mencret. Hal itu bisa diatasi dengan beberapa cara, yaitu memberikan pertolongan pertama saat kucing mencret. Simak caranya di bawah ini.

Memberikan Makanan Berserat

Makanan yang Baik untuk Kucing Mencret
catbreedselector.com

Pertolongan pertama saat kucing kamu mengalami mencret atau diare, kamu bisa memberikan makanan tambahan yang berserat, khususnya serat prebiotik inulin dan psyllium. Kedua serat tersebut bisa mengatasi kucing mencret dengan menyerap kelebihan air pada usus kucing

Selain itu, pertolongan ini juga memberikan makanan untuk bakteri baik yang ada di saluran pencernaan kucing kamu. Saat ini, cobalah untuk memberikan obat kucing mencret dengan jumlah serat yang sangat kecil. Biasanya, ada suplemen atau makanan kucing kaleng yang sudah mengandung serat.

Memberikan Asupan Air dan Elektrolit

Makanan yang Baik untuk Kucing Mencret
dailypaws.com

Cara lainnya yaitu dengan memberikan asupan air dan elektrolit pada kucing mencret secara teratur. Perlu diingat lagi, kucing mencret membutuhkan asupan yang cukup untuk menghindari kucing terjadi dehidrasi. Pastikan, mangkuk minuman dan makanan kucing juga dalam kondisi bersih dan segar, ya.

Nggak cuma itu, beri juga kaldu ayam atau sapi yang sudah diencerkan untuk obat alami kucing yang mencret. Usahakan untuk mengganti makanan kering kucing kamu dengan makanan basah yang kaleng untuk sementara waktu, ya.

Memberikan Probiotik

Makanan yang Baik untuk Kucing Mencret
oyen.my

Sama seperti halnya manusia, kucing juga memiliki bakteri baik di dalam saluran pencernaannya. Maka dari itu, saat keseimbangan bakteri baik ini mulai terganggu, kucing bisa mengalami mencret dan bahkan dapat berlangsung lama.

Pertolong pertama untuk mengatasi adalah memberikan probiotik pada kucing. Jangan lupa, kamu juga perlu memilih produk yang sudah diberi label khusus untuk kucing dan berikan pada kucing kamu sesuai dengan petunjuk obat. Hal ini bermanfaat agar bakteri baik pada usus kucing bisa kembali normal, ya.

Mengganti Makanan Kucing

Makanan yang Baik untuk Kucing Mencret
consciouscat.net

Mungkin penyebab kucing kamu mencret bisa jadi karena makanan yang biasa dikonsumsi. Pertolongan pertama untuk mengatasinya adalah dengan mengganti makanan kucing yang tepat dan jangan mempertahankannya hingga makanan tersebut habis.

Mengingat kucing juga bisa alergi karena bahan makanan, jika diberi terlalu lama bisa membuat kemampuan saluran usus kucing terhambat dan kucing mengalami penyakit hati serta berpotensi fatal atau bisa disebut lipidosis hati. Selain itu, beri makanan kucing dengan waktu yang tepat dan sesuai polanya, ya.

Memberikan Obat Mencret dari Dokter Hewan

Makanan yang Baik untuk Kucing Mencret
thevets.com

Pertolongan lainnya pada kucing mencret adalah dengan memberikan obat khusus mencret atau diare dari resep dokter hewan. Pastikan, kamu memberikan obat mencret ini pada kucing dengan pengawasan dari dokter hewan, karena kalau nggak efeknya bisa berbahaya, loh.

Selain itu, ada obat khusus dengan kaolin-pektin yang dapat diberikan dengan aman untuk kucing kamu. Usahakan memberikan dosis yang tepat pada kucing kamu, yaitu sekitar 1 sendok teh per 2.26 kg dengan berat badan kucing di setiap 4-6 jam.


Baca juga: Cara Membuat Vitamin Kucing Sendiri

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan takaran pemberian makanan lengkap dengan makanan pendamping untuk pencernaan kucing yang terjaga setiap harinya. Kamu yang tertarik dengan produk ini bisa langsung membelinya dengan harga sekitar Rp26 ribuan saja.

Selalu perhatikan makanan kucing yang diberikan sesuai tumbuh kembangnya untuk menghindari adanya masalah pada pencernaan kucing seperti mencret. Beli makanan kucing lebih praktis langsung di Blibli saja karena harganya lebih terjangkau dan banyak banget pilihannya. Yuks borong makanan kucing di Blibli sekarang juga!

Tag: