Makanan untuk Penderita Asam Lambung yang Baik Dikonsumsi

makanan untuk penderita asam lambung

Penderita asam lambung wajib memperhatikan makanan apa saja yang mereka konsumsi. Pola makan yang buruk dan konsumsi makanan yang salah akan membuat kondisi asam lambung di tubuh semakin buruk. Beberapa makanan yang perlu kamu hindari antara lain makanan berlemak, berminyak, buah masam, makanan pedas, sampai cokelat sekalipun. Meski bisa jadi mengenyangkan, beberapa makanan tersebut hanya akan memicu naiknya asam lambung. Oleh sebab itu, kamu perlu tau makanan untuk penderita asam lambung yang aman untuk dikonsumsi.

Penasaran? Yuk simak daftar berikut ini:

  1. Jahe

jahe untuk asam lambung
image source: pixabay

Kandungan antiinflamasi yang ada di jahe bisa mengatasi berbagai macam permasalahan pencernaan. Nggak heran, jahe juga dianggap sebagai obat alami yang bisa mengatasi penyakit asam lambung. Kamu bisa menjadikan jahe sebagai bahan dasar untuk membuat minuman atau yang biasa disebut dengan wedang jahe. Nggak cuma bisa membuat gejala asam lambung membaik, wedang jahe ini juga akan memberikan sensasi hangat yang nyaman bagi tubuh kamu.

  1. Oatmeal

oatmeal untuk asam lambung
image source: unsplash

Makanan satu ini identik dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan program diet. Banyaknya kandungan serat di dalam oatmeal mampu memberikan efek kenyang lebih lama. Siapa sangka, oatmeal juga bisa menyerap asam lambung di tubuh kamu. Mengonsumsinya secara rutin bisa membuat gejala asam lambung membaik. Bisa dikatakan, bahwa oatmeal menjadi makanan terbaik bagi kamu yang si penderita asam lambung.

  1. Sayuran Hijau

sayur hijau untuk asam lambung
image source: pixabay

Selain oatmeal, makanan kaya serat lainnya yang baik bagi tubuh kamu yakni sayuran hijau. Kandungan serat yang ada di sayuran hijau juga bisa mengatasi asam lambung kamu. Beberapa jenis sayuran hijau yang baik jika kamu konsumsi di antaranya yakni buncis, timun, selada, kembang kol, brokoli, hingga asparagus. Pastikan kamu memiliki persediaan sayuran hijau di rumah agar bisa dikonsumsi setiap hari, ya Blibli Friends.

  1. Daging

image source: unsplash

Daging juga baik dikonsumsi oleh para pemilik penyakit asam lambung, lho. Eits, tapi tunggu dulu. Kamu ngak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi daging. Pastikan bahwa daging yang akan kamu konsumsi memiliki kadar lemak yang rendah. Mengkonsumsi daging dengan kadar lemak tinggi hanya akan membuat asam lambung kamu memburuk. Daging tanpa lemak tersebut juga akan lebih baik jika diolah melalui proses pembakaran, perebusan, pemanggangan, atau pengukusan. Hindari makan daging yang digoreng, ya. Supaya aman, kamu bisa mengonsumsi daging ayam dan ikan.

  1. Pisang

pisang untuk asam lambung
image source: pixabay

Jeruk yang memiliki kandungan asam cukup tinggi sebaiknya kamu hindari. Sebaliknya, buah yang baik untuk kamu makan adalah pisang, kecuali jenis pisang ambon. Kandungan pH yang ada di dalam bisa diklaim bisa membuat asam lambung lebih netral. Kamu pun dianjurkan untuk makan pisang secara rutin agar asam lambung nggak mudah naik. Selain pisang, buah lainnya yang baik bagi lambung seperti apel dan pir.

Daftar makanan untuk penderita asam lambung di atas telah terbukti aman dan baik dikonsumsi. Merasa kesulitan mendapatkannya? Kamu bisa membeli aneka makanan tersebut seperti sayur online di Blibli. Selain lebih mudah, banyaknya promo di Blibli bisa buat kamu belanja lebih hemat, lho Blibli Friends! Apa sih yang nggak buat kamu? Karena kamu nomor 1.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY