4 Makanan untuk Anemia yang Kaya Akan Kandungan Zat Besi

makanan untuk anemia

Kondisi tubuh yang sering merasa pusing dan kelelahan menjadi tanda-tanda dari anemia. Hal ini tentu akan membuat kamu tidak leluasa beraktivitas jika dibiarkan begitu saja. Mencegah gejala anemia bisa kamu lakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi. Pasalnya, zat besi berperan dalam membentuk hemoglobin yang baik bagi penderita anemia. Langsung saja, berikut ini beberapa makanan untuk anemia yang kaya akan kandungan zat besi di dalamnya:

BACA JUGA: 7 PENYAKIT AKIBAT STRES BERLEBIHAN

  1. Daging Merah

makanan untuk anemia

Daging merah dilengkapi dengan kandungan vitamin B12 di dalamnya. Kandungan tersebut berperan sebagai pembentuk hemoglobin. Namun, sebaiknya daging merah yang kamu konsumsi gak mengandung lemak atau hanya memiliki kadar lemak yang sedikit saja. Mengkonsumsi daging merah dengan kadar lemak yang tinggi tentu gak baik bagi kesehatan. Terlebih jika dimakan secara berlebihan.

Agar kandungan gizi dan nutrisi yang ada di daging merah dapat tetap sehat, daging merah gak boleh diolah secara sembarangan. Pastikan kamu terlebih dahulu membersihkan daging merah hingga bersih sebelum mulai memasaknya. Hindari juga memasak daging merah dalam kondisi kurang atau setengah matang. Daging merah akan baik jika kamu masak dalam kondisi benar-benar matang.

US Premium Black Angus Sirloin Striploin Beef Steak
US Premium Black Angus Sirloin Striploin Beef Steak

  1. Bayam

bayam

Sayuran hijau juga baik jika dikonsumsi oleh tubuh kamu. Diantara banyaknya jenis sayuran hijau yang bisa dikonsumsi, bayam menjadi salah satu yang paling menyehatkan. Bayam dilengkapi dengan berbagai macam kandungan vitamin yang menyehatkan bagi tubuh, mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B19. Di dalam bayam juga terdapat kandungan kalsium yang baik bagi kesehatan.

Berbagai macam kandungan gizi dan nutrisi yang ada di bayam tersebut akan baik jika dikonsumsi oleh kamu yang memiliki anemia. Namun, perlu diketahui bahwa sayuran bayam gak boleh dimasak terlalu lama jika ingin menjaga kadar nutrisi dan gizi yang ada di dalamnya. Memasak bayam terlalu lama akan membuat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya mudah hilang.

  1. Telur

telur

Kandungan zat besi yang ada di dalam telur juga bisa mengurangi gejala anemia, lho Blibli Friends. Untuk itu, kamu sebaiknya secara rutin mengkonsumsi makanan yang satu ini. Telur sendiri di dalamnya dilengkapi dengan kandungan antioksidan dan juga protein kadar tinggi yang baik bagi kesehatan kamu.

Gak cuma mudah temukan, mengolah telur juga menjadi hal yang sangat mudah. Mengingat telur bisa diolah dengan berbagai macam jenis makanan. Agar nutrisi dan gizi yang ada di dalam telur bisa kamu konsumsi secara maksimal, sebaiknya kamu mengolah telur dengan cara direbus. Meski memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, jangan konsumsi telur dalam jumlah yang berlebihan, ya.

  1. Tomat

tomat

Selain bayam, sayuran yang juga kaya akan nutrisi yang baik bagi penderita anemia yakni tomat. Bahkan, tomat juga memiliki peran yang sangat baik dalam membantu proses penyerapan zat besi di tubuh, lho. Hal itu disebabkan karena tomat kaya akan kandungan zat besi, vitamin C, dan juga likopen. Likopen tersebutlah yang secara efektif bekerja dalam proses penyerapan zat besi. Tomat juga bisa kamu konsumsi dengan berbagai macam cara. Baik dikonsumsi secara langsung, mencampurnya dengan sayuran, hingga mengubahnya menjadi jus yang bergizi. Agar lebih sehat, jangan tambahkan gula berlebihan saat membuat jus tomat, ya.

BACA JUGA: 5 CARA MENGATASI INSOMNIA YANG MUDAH DILAKUKAN

Keempat makanan makanan untuk anemia di atas juga bisa dengan mudah kamu temukan di Blibli. Hanya dengan melakukan pemesanan melalui smartphone, makanan tersebut bisa langsung tiba di rumah kamu!

Yunita Dwi

Loves to run, sing, eat, and joget Korea.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY