You are what you eat.” Pepatah tersebut seakan mengingatkan kita jika ingin hidup sehat, maka konsumsilah makanan sehat. Persoalan memilih atau memasak makanan memang masih banyak disepelekan oleh banyak orang. Padahal, asupan makanan setiap hari harus lebih diperhatikan nilai gizi dan nutrisinya.

Untuk itu, kali ini Blog Blibli Friends bersama co-founder dan Executive Chef dari restoran Burgreens, chef Max Mandias akan membahas tentang apa itu makanan sehat dan cara membuatnya untuk melengkapi keseharian kamu! Yuk, disimak!

Apa sih makanan sehat itu?

chef-max
Via – Almost Vegan

Tentang makanan sehat, Chef Max menjelaskan bahwa it has to be plant-based. Dirinya juga menambahkan bahwa dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah, kita akan merasakan banyak manfaatnya.

Mulai dari terhindar dari berbagai macam penyakit, penyembuhan yang lebih cepat hingga bisa membuat usia hidup menjadi lebih lama. Mengapa? Karena sistem pencernaan kamu nyaman dan sehat!

Selain itu sebaiknya konsumsi animal product sebisa mungkin dikurangi. Mengingat sekarang ini, produk-produk hewani semakin dipertanyakan tentang kualitas dan higienitasnya.

Vegetarian atau vegan?

chef-max
Via – Burgreens

Bagi seorang vegetarian, selain mengonsumsi sayuran dan buah, namun masih menikmati produk hasil hewan seperti susu, keju, yoghurt, dan madu. Sementara seorang vegan adalah orang yang murni mengonsumsi plant-based dan menghindari segala jenis produk yang hasil hewan.

Lebih lanjut, Chef Max menjelaskan bahwa tren hidup sehat menjadi seorang vegetarian dan vegan sedikti banyak dipengaruhi oleh high profile figure di Hollywood sana yang sudah terlebih dahulu sadar akan pentingnya melakukan gaya hidup sehat.

Selain itu, menurut pria berusia 27 tahun ini, nggak banyak orang tahu bahwa ”what we eat impact the environment directly”. Jadi kalau kamu mengaku cinta lingkungan, maka cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah mengganti dan mengatur pola makan kamu menjadi lebih sehat.

Apa itu raw food?

chef-max
Via – PATA

Apa itu raw food? Menurut Chef Max, raw food adalah makanan yang paling natural sumber dan pengolahannya. Kalau pun harus diproses, biasanya dilakukan dibawah suhu 45 derajat celcius.

Hal tersebut menurutnya untuk menghindari hilangnya kandungan enzim pada bahan-bahan nabati yang dimasak. Cara memasak raw food sendiri terbilang unik. Biasanya kamu memerlukan dehydrator dengan suhu yang dapat diatur.

Raw food sendiri menurut Chef Max termasuk dalam kategori alkaline diet yang terdiri dari makanan yang bersifat basa. Selain bisa bikin kamu sehat, makanan bersifat basa bisa bikin kulit menjadi lebih bercahaya karena dapat memperlambat proses penuaan! Jadi makin muda deh!

Kata Chef Max, makanan vegetarian dan vegan belum tentu sehat

chef-max
Via – Reader’s Digest

Pria yang pernah menuntut ilmu di Hogeschool van Arnhem en Nijmegen, Belanda ini mengatakan bahwa menu makanan plant-based itu belum tentu menjamin bahwa makanan tersebut sehat untuk tubuh.

Ambil contoh gorengan seperti bakwan atau pisang goreng. Meski menggunakan bahan-bahan berupa sayuran dan vegan, makanan tersebut menjadi nggak sehat ketika digoreng dengan minyak jelantah.

Jadi yang menjamin makanan sehat atau tidak adalah pada cara memasaknya sendiri.

Lalu seperti apa cara memasak makanan sehat yang benar?

chef-max
Via – maxmandias

Dalam kesempatan ini, Chef Max yang juga saat ini disibukkan dengan kegiatan weight training memberikan tipsnya. Menurutnya, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah keep it simple and convenience, atau sederhana dan praktis.

Janganlah mencari bahan makanan yang susah dicari. Akan lebih baik jika kamu mencari bahan-bahan makanan yang berasal dari pasar lokal. Selain mudah didapat, bahan-bahan tersebut juga murah.

Selanjutnya Chef Max mengatakan bahwa pada dasarnya makanan sehat itu simple dan nggak ribet. Menurutnya makanan sehat itu perlu banyak warna. Semakin banyak warna dalam makanan yang kita makan, maka semakin baik.

Misalnya untuk salad, selain sayuran hijau, kamu bisa menambahkan tomat, paprika, kol ungu, atau daun bayam merah.

Selain itu, jangan lupa untuk nggak memasak bahan makanan terlalu lama. “As quick as possible. Don’t over cook it!”, lanjut Chef Max.

Meal plan super sehat yang akan menjadi tren

chef-max
Via – 9coach

Bagi pria yang bercita-cita membuat healing clinic melalui makanan sehat ini, Ketogenic Diet atau pola makan yang mengonsumsi sedikit karbohidrat, kemungkinan bisa menjadi dan diikuti banyak orang.

Alasannya, semakin banyak orang yang sadar akan bahayanya gula dan karbohidrat kompleks. Protein, serat, dan vitaminlah yang lebih dipentingkan. Namun apapun program dan konsepnya, eat more natural food and less processed food diyakini chef Max adalah satu-satunya cara untuk bisa hidup lebih sehat!

Menjadi seorang plant-based chef di Indonesia bukanlah hal yang mudah bagi Max. Ada banyak tantangan yang harus dilewatinya untuk bisa membuat makanan yang asing di lidah orang Indonesia menjadi sesuatu yang enak juga bergizi.

“Saya ingin membuktikan kalau makanan sehat itu juga bisa dibikin enak. Pengen aja mengubah pandangan kalau sayuran itu nggak enak”, kata si koki.

Lewat Burgreens yang dikelola bersama sang istri, Helga Angelina, Chef Max juga juga ingin membuktikan bahwa makanan plant-based bisa bersaing dengan makanan konvensional lain dari segi rasa.

Anyway, bagi kamu yang ingin coba-coba memasak makanan sehat, Blibli.com punya banyak segudang pilihan bahan makanan yang sehat-sehat. Kamu bisa temukan perlengkapan memasak dan kuliner mulai dari makanan organik, bumbu dan bahan masak, hingga cemilan dan makanan kering. Yuk sehat sekarang juga bersama Blibli.com!

Oh ya, jangan lupa check out Chef Max di Instagramnya @maxmandias untuk lebih tahu kegiatan serta tips-tips memasak sehat lainnya!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY