Rekomendasi Makanan Kucing Persia

makanan kucing persia

Kucing Persia adalah jenis kucing yang paling populer di Indonesia. Bulunya yang panjang dan penampilan wajahnya yang unik bikin kucing ini jadi salah satu kucing peliharaan yang banyak dicari. Ditambah lagi, karakter kucing Persia yang tenang dan friendly bikin Blibli Friends jadi makin mudah jatuh cinta dengan kucing ini. Tertarik memiliki kucing ini? Blibli Friends wajib tahu terlebih dulu informasi unik, cara merawat, dan memilih makanan kucing Persia yang tepat.


Baca juga: 7 Kado Istimewa untuk Kucing Peliharaanmu

Sejarah Kucing Persia

Sebelum Blibli Friends tahu merek makanan kucing Persia yang bagus, kamu harus tahu terlebih dulu sejarah dan asal-muasal datangnya kucing ini. Blibli Friends tahu nggak? Ternyata, leluhur kucing Persia berasal dari daratan Mesopotamia, atau lebih dikenal dengan sebutan negara Iran. Kucing berbulu panjang ini ternyata merupakan jenis kucing native, atau kucing asli dari dataran tersebut. Bulu panjang yang jadi ciri khasnya ternyata adalah hasil mutasi genetik alamiah. 

Jadi, nggak ada intervensi dari manusia sama sekali, ya. Dari kampung halamannya, kucing Persia dibawa berlayar oleh saudagar Eropa bernama Pietro Della Valle ke benua Eropa. Lebih tepatnya, pada tahun 1626. Kedatangan Pietro yang bawa kucing berbulu panjang ini disambut hangat oleh masyarakat Eropa. Apalagi, kucing Persia punya penampilan yang cantik dengan karakter yang tenang dan elegan. Di benua inilah, kucing Persia dikembangbiakkan mulai tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Ras Kucing Persia

Merebaknya popularitas kucing Persia bikin kucing ini dikawinkan dengan berbagai ras kucing lainnya dari penjuru dunia. Makanya, nggak heran sekarang ini ras kucing Persia jadi makin bermacam-macam. Apa saja?

  1. Persian Himalayan

makanan kucing persiaKucing Persian Himalayan punya ciri khas yang bisa kamu lihat dari corak bulunya. Kucing Persia ini didapatkan dengan mengawinkan kucing Persia dengan ras kucing Himalaya. Hasilnya, kamu bakal dapat kucing dengan bulu panjang seperti ras Persia dan corak bulu sealpoint khas kucing ras Himalaya. Ras kucing ini mirip banget deh dengan kucing siam. Cuma, bulu kucing Persian Himalayan memang lebih panjang dan tebal. Ekornya juga dipenuhi dengan bulu yang mengembang dan panjang. 

Ciri khas lainnya dari kucing ras ini adalah bentuk hidung yang sedikit mancung dengan ukuran badan yang lebih besar dibandingkan ras kucing Persia lainnya. Sedangkan, bentuk kaki kucing ras ini lebih pendek dibandingkan ras kucing lainnya. Kucing Persian Himalayan ini juga punya bobot yang lebih berat dari ras kucing Persia rata-rata. Kucing Persian Himalayan dewasa berbobot paling nggak sekitar 4 – 6 kilogram. Kucing Persia ini punya karakter yang tenang dan ramah pada manusia.

2. Persian Flatnose

Image Source: kucingpedia.com

Kucing Persian Flatnose termasuk ras kucing Persia yang paling banyak disukai orang Indonesia. Kucing ini punya ciri khas berupa hidung yang kecil dan pendek, alias pesek. Biarpun pesek, kucing ini malah populer banget. Apalagi, dengan bentuk kepalanya yang bundar dan pipinya yang chubby bikin si meong satu ini kelihatan menggemaskan. Beda dari jenis kucing Himalaya, kucing Persian Flatnose punya kepribadian yang playful, alias suka banget bermain-main. Biarpun kakinya pendek, kucing ini lincahnya bukan main, lho. Blibli Friends dijamin jadi makin terhibur melihat tingkahnya yang lucu.

3. Persian Medium

Image Source: hemany.com

Beda dari si Flatnose, Persian Medium punya hidung yang nggak terlalu pesek, tapi juga nggak mancung. Jadi, wajah kucing satu ini juga kelihatan lebih proporsional dan elegan. Biarpun dinamai medium, kucing Persia ini justru punya bulu yang paling tebal dari semua ras kucing Persia, lho. Bentuk kakinya juga lebih panjang dengan karakter yang tenang. 

Walaupun, ada juga ras kucing Persia medium yang hobi banget bermain. Kucing Persian Medium ini terbagi lagi jadi 2 jenis, Blibli Friends. Yang pertama adalah jenis kucing shorthair, alias berbulu pendek. Ada juga jenis long hair dengan bulu yang panjang. Kalau kamu ingin pelihara kucing Medium Longhair, harus telaten banget lho. 

4. Persian Peaknose

Selain flatnose, kucing Persian Peaknose adalah ras kucing Persia dengan hidung yang paling pesek. Kucing Persian Peaknose punya hidung yang lebih datar kalau dibandingkan dengan si Flatnose. Percaya nggak percaya, kucing ini ternyata justru punya harga yang mahal banget. Buat dapatkan Persian Peaknose dewasa, siap-siap saja harus rogoh kocek hingga 12 juta rupiah. 

Si Persian Flatnose ini juga sering banget diikutsertakan di berbagai kontes kucing. Tapi, karena hidungnya yang pesek banget, Persian Peaknose jadi lebih rentan kena penyakit gangguan pernapasan. Mata kucing Persia ini juga jadi lebih gampang berair. Jadi, kamu harus rutin membersihkannya.

Fakta Unik Kucing Persia

Image Source: qomaruna.com

Ngaku penggemar kucing Persia? Ada berapa banyak fakta menarik seputar kucing Persia berikut ini yang kamu tahu?

  1. Kucing Persia Termasuk Ras Kucing Tertua di Dunia

Blibli Friends tahu nggak fakta menarik satu ini? Yup, kucing Persia ternyata sudah lama banget menemani peradaban manusia. Kucing Persia memang adalah ras kucing asli dari dataran Mesopotamia atau Iran. Tapi, ada beberapa artefak yang tunjukkan kalau kemungkinan kucing ini juga populer di era Mesir Kuno. 

Banyak yang berpendapat kalau leluhur kucing Persia di Mesir dinamakan Mufdet. Mufdet dianggap sebagai titisan dewa yang dimuliakan. Dia dianggap sebagai pelindung Fir’aun dan melindungi majikannya dengan membunuh hewan berbisa seperti ular atau kalajengking. Lewat ukiran hieroglyphics, Mufdet digambarkan sebagai kucing dengan bulu yang lebat. Dari situlah, banyak yang berasumsi kalau kucing Persia sebenarnya sudah dianggap sebagai kucing bangsawan sejak zaman dulu. Keren banget, kan?

2. Kucing Persia Punya Karakter yang Ideal Sebagai Kucing Peliharaan

Popularitas kucing Persia sebenarnya nggak cuma berasal dari penampilannya yang kelihatan elegan. Karakter kucing Persia yang tenang dan nggak agresif juga bikin banyak orang jatuh cinta dengannya. Kucing Persia dianggap punya karakter yang ideal sebagai jenis house cat, alias kucing peliharaan. 

Selain nggak terlalu suka pecicilan, kucing ras ini juga terkenal manja banget ke ownernya. Dia juga bisa banget akur dengan kucing-kucing lainnya yang ada di rumah itu. Jadi, kucing Persia memang cocok buat kamu yang ingin punya kucing lebih dari satu ekor.

3. Kucing Persia Jadi Peliharaan Orang-orang Berpengaruh

Ini nih yang bikin memelihara kucing Persia bisa menaikkan gengsimu. Soalnya, kucing berbulu panjang ini banyak banget dipelihara oleh para selebritis dan tokoh-tokoh berpengaruh dunia. 

Perawat Florence Nightingale dan aktris Marilyn Monroe adalah beberapa tokoh bersejarah dunia yang pernah pelihara kucing Persia. Bahkan, ratu Inggris Ratu Victoria juga suka banget lho dengan kucing ras satu ini.

Tips Memilih Makanan Kucing Persia

Makin tertarik buat pelihara kucing Persia? Eits, supaya bulu kucingmu tetap lebat dan sehat, Blibli Friends harus pintar-pintar memilih makanan kucing Persia. Nggak boleh sembarangan kasih kucingmu makanan manusia, ya. Kamu harus tahu tips pilih makanan yang tepat buat kucing Persia berikut ini.

  1. Pilih Makanan dengan Kandungan Nutrisi yang Tepat

Supaya kulit dan bulunya tetap sehat dan halus, kucing Persia butuh asupan makanan yang kaya akan Omega 3 dan Omega 6. Kamu bisa temukan kandungan nutrisi itu dengan memberikannya makanan kucing yang diformulasikan khusus buat kucing Persia. 

Selain itu, kucing Persiamu juga butuh kandungan vitamin A, vitamin B12, Thiaminm dan Niacin. Kamu juga perlu pilih makanan kucing berkadar magnesium rendah. Supaya, sistem saluran kencingnya juga tetap sehat. Pastikan kamu pilih makanan kucing yang kaya akan taurin. Taurin dibutuhkan supaya penglihatan si meong tetap tajam. Hindari kasih makanan dengan kandungan garam yang tinggi, ya. 

Misalnya, seperti ikan pindang dan ikan asin. Soalnya, itu bisa bikin bulu kucingmu jadi gampang banget rontok. Blibli Friends juga nggak disarankan kasih makanan nasi. Ingat, kucing Persiamu adalah karnivora sejati, lho!

2. Pilih Makanan Kucing Berdasarkan Usia

Next, kamu harus pilih makanan kucing Persia yang tepat sesuai dengan usianya. Kalau kamu punya baby kitten, biasanya mereka bakal sepenuhnya bergantung pada air susu induk kucing. Lebih baik, kamu pastikan saja induk kucing Persiamu dapat asupan nutrisi yang cukup buat dia dan anak-anak kucingnya. 

Buat anak kucing Persia yang mulai tumbuh taring, kamu bisa mulai kenalkan makanan kucing khusus buat kitten. Makanan kucing khusus kitten  punya formula yang dibutuhkan banget buat tumbuh kembang si kucing. Buat anak kucing yang sudah punya set taring lengkap, baru deh bisa kamu kenalkan dengan dry food. Buat kucing dewasa, kamu bisa bebas pilih mau memberinya makanan kering (dry food) atau makanan basah (wet food). Tapi, pastikan makanan kucing itu rendah kalori, ya. Supaya, kucingmu nggak kena obesitas alias jadi terlalu gendut. 

Rekomendasi Merek Makanan Kucing Terbaik

Pastinya Blibli Friends ingin berikan yang terbaik buat kucing Persiamu, kan? Yuk, simak rekomendasi 10 makanan kucing Persia terbaik berikut ini.

  1. Royal Canin Persian Adult

Royal Canin Adult Persian 2 kg Royal Canin Adult Persian 2 kg
Royal Canin Adult Persian 2 kg Royal Canin Adult Persian 2 kg

Royal Canin Persian Adult adalah makanan kucing premium terbaik buat kucing Persiamu. Makanan kucing Royal Canin ini punya formula anti hairball yang bisa bantu jaga pencernaan kucing. Selain itu, makanan kucing ini juga kaya akan kandungan Omega 3 dan Omega 6 yang dibutuhkan buat kesehatan bulu si meong. 

Royal Canin ini pakai daging ikan asli lho di dalam kepingan kibblesnya. Aromanya yang kuat bikin kucingmu jadi makin selera makan. Kalorinya yang seimbang juga bikin kucingmu terbebas dari resiko obesitas. Royal Canin Persian Adult terdiri dari 2 varian, yaitu varian dry food dan wet food. Kamu bisa pilih manapun sesuai dengan selera kucingmu. Buat produk Royal Canin Adult Persian kemasan 2 kilogram bisa kamu beli dengan harga 320 ribuan rupiah. 

2. Royal Canin Persian Kitten

Royal Canin Kitten Persian 32 Makanan Kucing 400 g
Royal Canin Kitten Persian 32 Makanan Kucing 400 g

Punya anak kucing Persia? Dia butuh asupan makanan yang tepat. Yuk, pilih Royal Canin Persian Kitten. Varian makanan kucing Persia dari Royal Canin ini diformulasikan khusus buat anak kucing ras Persia. Kandungan proteinnya yang melimpah bisa bantu tunjang pertumbuhan anak-anak kucing Persia kesayanganmu. 

Selain itu, makanan kucing ini juga kaya banget akan omega kompleks yang bagus buat bulu anak-anak kucingmu. Untuk makanan kucing Royal Canin Persian ini bisa kamu beli di kisaran harga 60 ribu (kemasan 400 gram) hingga sekitar 200 ribuan (buat kemasan 2 kilogram).

3. Royal Canin Hair and Skin Care

Royal Canin Hair Skin Care Makanan Kucing 400 g
Royal Canin Hair Skin Care Makanan Kucing 400 g

Produk Royal Canin lainnya yang bagus buat kucing Persia adalah Hair and Skin Care. Makanan kucing ini punya kandungan protein yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi kucingmu. Selain itu, makanan kucing ini juga diperkaya dengan asam amino yang bagus banget buat merawat kulit kucing Persia. 

Kandungan omega 3 dan 6 dan minyak ikan yang ada di dalam makanan kucing Royal Canin ini juga bikin bulu kucing Persiamu kelihatan makin sehat dan lembut. Makanan kucing satu ini juga direkomendasikan buat kucing Persiamu yang lagi dalam tahap masa pemulihan setelah kena penyakit jamur atau penyakit kulit lainnya. 

Kamu bisa beli produk Royal Canin Hair and Skin Care ini di Blibli. Produk ini dijual dalam kemasan 400 kilogram – 10 kilogram, dengan kisaran harga mulai dari 250 ribu hingga 1 jutaan. 

4. Pro Plan Adult Derma Plus with Optiderma

Proplan ADULT DERMA PLUS SALMON IN GRAVY WET POUCH 85gr
Proplan ADULT DERMA PLUS SALMON IN GRAVY WET POUCH 85gr

Ingin beli produk Royal Canin tapi terasa berat di ongkos? Sebagai alternatif, Blibli Friends bisa beli Pro Plan Adult Derma Plus with Optiderma. Makanan kucing yang diproduksi Purina ini memang diformulasikan khusus buat menjaga kesehatan kulit dan bulu pada kucing berbulu panjang. 

Kandungan formula Derma Plus yang ada di dalam produk Pro Plan ini diperuntukkan buat mencegah pembentukan gumpalan bulu atau hairball di dalam saluran pencernaan kucing. Sehingga, saluran pencernaan si meong juga jadi lebih terjaga. Bulu kucingmu juga jadi nggak gampang rontok, lho. Kandungan asam lemak Omega 3 dan 6 bikin bulu kucingmu kelihatan sehat mengkilap. 

Makanan kucing Pro Plan ini punya varian daging salmon dan tuna yang pastinya bikin kucingmu makin lahap makan. Kamu bisa pilih varian wetfood kemasan 85 gram seharga 29 ribu rupiah. Atau, bisa juga pilih varian dry food kemasan 2.5 kilogram dengan kisaran harga 200 – 300 ribuan rupiah.

5. Iskhan Persian Grain Free

ISKHAN Cat Grain Free Persian Makanan Kucing 2 5 kg
ISKHAN Cat Grain Free Persian Makanan Kucing 2 5 kg

Brand makanan kucing satu ini memang masih sedikit asing. Soalnya, memang merek makanan kucing satu ini tergolong lumayan baru. Tapi, dari segi kualitas, Iskhan nggak kalah dari merek makanan kucing lainnya. Diproduksi di Korea Selatan, Iskhan Persian Grain Free adalah makanan kucing premium yang diformulasikan khusus buat kucing Persia. Makanan kucing ini terbuat dari daging ayam asli, lho. Selain itu, kamu juga nggak menemukan kandungan biji-bijian atau grains di dalamnya. 

Jadi, makanan ini aman banget buat pencernaan kucing Persiamu. Bentuk kibbles yang kecil-kecil juga memudahkan kucing Persiamu buat menikmati makanan kucing ini. Selain kaya akan kandungan omega 3 dan omega 6, makanan kucing Ishkhan ini juga bagus banget buat merawat sistem kandung kemih si meong. 

Jadi, cocok banget kucingmu yang terkena masalah infeksi saluran kencing atau FLUTD. Buat kemasan 2.5 kilogram, makanan kucing Persia ini bisa dibeli di harga 300 ribuan di Blibli. 

6. Equilibrio Pelos Longos Hairball

Equilibrio Cat Long Hair Hairball Makanan Kucing 1 5 Kg
Equilibrio Cat Long Hair Hairball Makanan Kucing 1 5 Kg

Bulu kucing Persia yang panjang memang bikin kucing satu ini rentan banget terkena hairball. Hairball atau gumpalan bulu sering banget terbawa masuk ke dalam pencernaan kucing saat dia sedang grooming. Nah, hairball ini bisa bikin kucingmu muntah-muntah, atau bahkan mengalami gangguan pencernaan serius. 

Makanya, pemilik kucing Persia disarankan buat kasih makan kucing mereka dengan merek makanan kucing dari Equilibrio ini. Terbuat dari daging ayam asli, Equilibrio ini dibekali dengan formula anti hairball. Formula ini bikin menghambat pembentukan hairball di dalam usus kucing. Alhasil, sistem pencernaan kucingmu makin terjaga. 

Selain itu, formula di dalam makanan kucing ini juga dikhususkan buat bantu mengontrol kadar pH urine kucing. Makanan kucing satu ini tergolong terjangkau banget, lho. Buat kemasan 7.5 kilogram misalnya, bisa kamu beli di harga 500 ribuan saja. 

7. Me-O Persian 

Toko Semar Makanan Kucing MeO Persian REPACK 1 Kg MeO Persian
Toko Semar Makanan Kucing MeO Persian REPACK 1 Kg MeO Persian

Varian produk makanan kucing dari Me-O ini jadi alternatif yang bagus banget buat kamu yang berbudget minim. Untuk kemasan 1.5 kilogram, makanan kucing ini bisa kamu beli di kisaran harga 50 ribu hingga 60 ribu saja. Makanan kucing ini punya ukuran kibbles yang kecil-kecil dan gampang dicerna oleh kucing Persiamu. 

Kandungan formula hairball control  dan serat bantu mencegah pembentukan hairball di dalam usus pencernaan si meong. Selain itu, kandungan omega kompleks di dalam dry food ini juga bikin bulu kucingmu kelihatan mengkilap, sehat, dan lembut banget saat disentuh. Makanan kucing ini juga kaya akan taurin yang bagus banget buat menjaga penglihatannya.

8. Universal World Pet Persian

Makanan Kucing Universal World Pet Tuna 1 kg
Makanan Kucing Universal World Pet Tuna 1 kg

Universal adalah merek makanan kucing yang lumayan populer di kalangan cat owners berbudget rendah. Brand ini luncurkan produk Universal World Pet Persian yang bagus banget buat kucing dan dompetmu. Makanan kucing ini lumayan kaya akan kandungan protein hewani, yang didapatkan dari daging udang dan ikan tuna. 

Tapi, kebanyakan kandungan protein di dalam makanan kucing ini justru berasal dari biji-bijian (protein nabati). Kalau kucing Persiamu punya sistem pencernaan yang kuat, nggak masalah sih buat kasih makanan kucing ini. Tapi, ada baiknya buat mencampurkannya dengan merek makanan kucing Persia dengan harga yang lebih mahal. 

Supaya, mereka nggak kena gangguan infeksi saluran kencing (FLUTD) atau sakit pencernaan lainnya. Buat kemasan 1 kilogram, produk makanan kucing Universal ini bisa kamu beli di harga sekitar 25 ribuan rupiah saja. 

9. Healthy Cat Persian Adult

Healthy Pet Persian Adult Cat Food 1 5kg Makanan Kucing
Healthy Pet Persian Adult Cat Food 1 5kg Makanan Kucing

Produk makanan kucing Healthy Cat satu ini juga dipercaya jadi salah satu makanan kucing Persia yang terbaik. Makanan kucing ini kaya banget akan kandungan Omega 3 dan 6 yang dibutuhkan buat merawat kesehatan bulu kucing. Jadi, bulu kucing Persiamu bisa tetap terlihat lembut dan sehat. 

Selain itu, tekstur kibbles yang sedikit padat bagus banget buat menjaga kucingmu dari resiko terkena karang gigi. Makanan kucing ini juga diperkuat dengan kandungan vitamin dan mineral yang bagus banget buat menjaga daya kekebalan tubuh si meong. Blibli Friends bisa beli makanan kucing ini dengan harga sekitar 110 ribuan buat kemasan seberat 1.5 kilogram.

10. Happy Cat Minkas Hair Ball Control

Kebutuhan Kucing Cat Food Makanan Kucing Kering Happy Cat Sensitive Grainfree Sea Fish 300gr Catfood
Kebutuhan Kucing Cat Food Makanan Kucing Kering Happy Cat Sensitive Grainfree Sea Fish 300gr Catfood

Ini nih merek makanan kucing Persia dengan harga terjangkau yang bisa kamu beli. Produk dry food Minkas dari Happy Cat ini dibekali dengan formula hairball control yang bantu cegah pembentukan hairball yang bikin kucing jadi gampang muntah. Produk makanan kucing ini juga kaya banget akan serat, omega 3, dan omega 6. Biarpun murah, makanan kucing Minkas ini grain free, lho! Happy Cat Minkas Hair Ball Control hadir dengan harga 65 ribuan – 600 ribuan.


Baca juga: Yuk, Jaga Kesehatan Kucingmu dengan 9 Vitamin Pilihan

Itulah beberapa rekomendasi makanan kucing Persia yang bisa kamu beli buat si meong. Buat dapatkan makanan kucing di atas, kamu bisa beli sekarang juga di Blibli. Selain bisa manfaatkan diskon, Blibli Friends juga bisa banget manfaatkan layanan free ongkir dari Blibli buat aktivitas belanja yang lebih hemat. Kamu jadi bisa sekaligus beli peralatan perawatan kucing Persia lainnya deh. 

Temukan Berbagai Makanan Kucing Terlengakap Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY