Rekomendasi Makanan Kucing Kampung

makanan kucing kampung

Kucing sudah menjadi hewan peliharaan sejak berabad-abad yang lalu, setidaknya sejak tahun 6.000 SM. Dulunya kucing dipelihara dengan tujuan untuk mengusir tikus dan binatang pengerat lainnya dari rumah atau lumbung tempat menyimpan bahan makanan. Saat ini kucing telah terbagi menjadi berbagai jenis trah atau pure breed. Jenis kucing seperti Sphinx, Maine Coon, Persia, Siam, dan lainnya dikembangbiakkan secara khusus untuk dijadikan peliharaan. 

Lalu bagaimana dengan kucing kampung yang biasa kamu temukan di jalanan? Dari ras manakah sebenarnya kucing-kucing ini? Yuk langsung simak ulasan berikut.


Baca juga: Jangan Panik Dulu, Cek Penyebab Kucing Muntah

Sejarah Kucing Kampung

makanan kucing kampungKamu pasti sering melihat kucing kampung berkeliaran di daerah sekitar rumah, pertokoan, pasar bahkan kantor. Ada yang bulunya berwarna kuning atau oranye, hitam, putih, abu-abu tua, atau campuran dari beberapa warna tersebut. Sedihnya, nin, jika dibandingkan dengan kucing ras yang harganya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta Rupiah, kucing kampung sering kali nggak terlalu dipedulikan. 

Padahal kucing-kucing ini juga punya karakteristik yang sama menggemaskannya dengan jenis kucing mahal lainnya. Sebenarnya dari mana asal-usul kucing kampung di Indonesia? Kucing kampung di Indonesia punya silsilah hidup yang panjang, lho. Tapi pada dasarnya nggak benar-benar diketahui dari mana asal mereka. 

Para ahli percaya, dilihat dari karakteristik dan bentuk tubuhnya, kucing kampung masih memiliki darah dari Felis Silvestris Lybica, jenis kucing liar asal benua Afrika. Jenis kucing ini tidak hanya banyak di Indonesia aja, nih, Blibli Friends, tapi juga di dunia. Kucing kampung sering dijuluki sebagai Moggy, bahasa Inggris slang yang artinya kucing non ras. Karena asalnya merupakan kucing liar, kucing kampung memang cenderung punya daya tahan lebih kuat. Tanpa perlu perawatan khusus seperti kucing ras, kucing kampung bisa hidup sendiri hingga setidaknya 9 tahun, bahkan banyak yang hidup hingga belasan tahun. 

Kucing kampung nggak punya ciri-ciri khusus seperti kucing ras. Cuma aja, secara umum mereka terbagi menjadi 2 jenis, yaitu yang berbulu pendek (Domestik Shorthair) dan yang berbulu panjang (Domestik Longhair). Corak kucing kampung sangat beragam, tetapi yang sering ditemukan adalah corak berbentuk huruf M di dahinya. Kucing yang memiliki corak M ini biasa disebut dengan kucing Tabby. Sama cantik dan menggemaskannya, kucing kampung juga kerap dijadikan hewan peliharaan oleh banyak orang. Karena sifat alaminya yang mandiri dan suka menjelajah, disarankan memelihara kucing kampung sejak bayi, agar mereka nggak mudah kabur dan punya ikatan dengan pemiliknya.

Ras Kucing Kampung

ciri-ciri kucing hamilMenurut para ahli, kucing kampung kemungkinan besar masih merupakan keturunan kucing liar Afrika, Felis Silvestris Lybica. Kucing kampung yang banyak ditemukan di Indonesia adalah jenis Domestik Shorthair, yaitu yang bulunya pendek. Tetapi kucing kampung ada juga yang berbulu panjang. Biasanya kucing kampung berbulu panjang ini adalah hasil persilangan antara kucing Domestik Shorthair dengan kucing ras yang bulunya panjang. Misalnya Maine Coon, Persia, Ragdoll, dan jenis lainnya. Karena bulunya yang panjang, kucing kampung Domestic Longhair kadang dikira sebagai kucing ras.
Tapi para ahli kucing biasanya akan langsung tahu kalau itu adalah kucing kampung, karena ada perbedaan pada bentuk wajah, ukuran kepala, kaki, dan lain sebagainya.  

Tips Memilih Makanan untuk Kucing Kampung

makanan kucing kampungKucing kampung sering kali dianggap sebagai jenis kucing yang paling sehat. Ini karena mereka bisa makan apa saja, bahkan makanan yang tidak higienis sekalipun, yang mereka dapatkan dari jalanan dan sudah terkontaminasi dengan debu dan kotoran. Tapi ingatlah, ini adalah kucing kampung yang sedari kecil sudah hidup liar, bukan kucing peliharaan. 

Meskipun punya daya tahan kuat, kucing kampung juga bisa sakit, apalagi yang merupakan kucing peliharaan yang sudah terbiasa dirawat di rumah. Karena itu, penting juga untuk memperhatikan makanan kucing kampung. Meskipun merawat dan memilih makanan bagi kucing kampung cenderung lebih mudah dibandingkan kucing ras, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya. 

Bagaimana cara memilih makanan kucing kampung yang baik? Kucing kampung cenderung aktif, karena itu mereka butuh makanan yang kaya protein. Untuk makanan olahan, mereka bisa juga mengonsumsi dry food atau makanan kering khusus kucing. Dry food bisa disajikan 3 kali sehari, pastikan memilih dry food yang sesuai dengan umur kucing. Ada dry food untuk kucing di bawah 1 tahun (kitten), dan dry food untuk kucing dewasa di atas 1 tahun. Dry food dijual dalam rasa dan komposisi yang beragam. Ada rasa ikan dan ayam sebagai sumber protein. Bisa juga pilih yang ada kandungan sayurannya agar kucing mendapatkan gizi yang lebih lengkap. Selanjutnya pilih rasa yang lebih mereka sukai. 

Ingin menyiapkan makanan kucing sendiri? Bisa juga, lho, Blibli Friends. Pada dasarnya kucing adalah hewan karnivora, jadi mereka membutuhkan asupan daging sebagai protein. Pemilik kucing bisa menyiapkan daging ayam atau sapi yang direbus terlebih dahulu, tujuannya agar lebih higienis dan membunuh bakteri yang mungkin ada pada daging. Sangat tidak disarankan untuk menggoreng daging, karena minyak tidak baik bagi kesehatan kucing. 

Jadikan daging sebagai camilan mereka, jadi berikan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Makanan kedua yang bisa disiapkan sendiri adalah ikan. Ini adalah makanan kesukaan kucing yang kaya nutrisi berupa Omega 3. Sama dengan mengolah daging, sebaiknya daging ikan direbus terlebih dahulu dan dihilangkan durinya. Bisa juga membeli makanan kemasan dengan rasa ikan. Sangat tidak dianjurkan memberikan ikan mentah pada kucing. 

Walaupun kucing tidak akan menolak, tapi ikan mentah mengandung enzim tiaminase, yang justru bisa menghilangkan selera makan kucing. Bahkan kucing bisa mengalami kejang-kejang, dan yang paling parah adalah kerusakan saraf otak. Untuk daging ikan, disarankan untuk memberikannya seminggu sekali saja. Kenapa? Karena kucing sangat suka dengan ikan, ini bisa membuat mereka ketagihan. Dikhawatirkan kucing akan menolak jenis makanan lainnya kalau terlalu sering mengonsumsi ikan.

Rekomendasi Merek Makanan Kucing Kampung Terbaik

Semua pemilik kucing pasti ingin hewan peliharaan mereka tumbuh sehat dan lincah. Karena itu selalu berikan mereka asupan yang berkualitas dan bernutrisi baik. Untuk makanan kucing kemasan, ada beberapa rekomendasi merek makanan kucing kampung terbaik. Ini dia 10 mereknya:

  1. Cat Choize Tuna with Milk for Kitten

Makanan Kucing CAT CHOIZE 1kg KITTEN
Makanan Kucing CAT CHOIZE 1kg KITTEN

Ini adalah makanan untuk kucing usia di bawah 1 tahun. Terbuat dari bahan ikan tuna pilihan yang kaya akan protein berkualitas tinggi, sangat baik untuk meningkatkan energi dan daya tahan tubuh yang sehat. Selain itu, terdapat campuran susu untuk memperkuat struktur tulang dan gigi kucing. Kandungannya sangat baik untuk pertumbuhan kucing. Campuran bahannya membuat kucing bisa beraktivitas dengan baik. Tersedia dalam kemasan kantong ukuran 1 kg, makanan kucing ini dijual dengan kisaran harga di bawah Rp 25 ribu. 

2. Oricat Cat Kitten Makanan Kucing

Oricat Cat Kitten Makan Kucing 500gr
Oricat Cat Kitten Makan Kucing 500gr

Masih untuk kitten atau anak kucing, Oricat menyediakan makanan dengan bahan ikan laut yang sangat disukai kucing. Tak hanya itu, terdapat juga kandungan daging ayam, daging sapi, susu, san sayuran yang sangat baik bagi perkembangan anak kucing. Anak kucing dapat tumbuh dengan baik, terhindar dari bakteri berbahaya, dan memperkuat daya tahan tubuh mereka. Tersedia dalam kemasan kantong ukuran 500 gram, Oricat dijual dengan kisaran harga Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu.

  1. Excel Makanan Kucing

Excel Makanan Kucing 500 g Freshpack
Excel Makanan Kucing 500 g Freshpack

Excel tersedia dalam rasa ikan tuna dan campuran daging ikan tuna dan daging ayam. Makanan kucing ini mengandung protein yang baik untuk meningkatkan energi dan daya tahan tubuh kucing, Omega 3 yang baik untuk kesehatan mata mereka. Kandungan lain di dalamnya juga sangat baik untuk memperkuat tulang, serta menyehatkan kulit dan bulu. Excel makanan Kucing tersedia dalam kemasan kantong ukuran 500 gram yang dijual dengan kisaran harga Rp 12 ribuan.

  1. Pro Plan Chicken Adult 

Proplan Adult Cat Chicken 3kg
Proplan Adult Cat Chicken 3kg

Pro Plan adalah makanan kering untuk kucing dewasa yang terbuat dari campuran daging ayam pilihan. Kucing sangat rentan terkena gangguan ginjal, baik sejak masih bayi atau setelah memasuki usia dewasa. Daging ayam yang berkualitas sangat baik untuk mencegah gangguan ginjal pada kucing. Kandungan daging ayam berkualitas ini bisa didapatkan dari Pro Plan. Tersedia dalam kemasan kantong ukuran 1 kg, Pro Plan dipasarkan dengan harga Rp 80 ribuan. 

  1. Felibite Nice Seafood Makanan Kucing

Felibite Nice Seafood Makanan Kucing 1 Kg
Felibite Nice Seafood Makanan Kucing 1 Kg

Felibite Nice adalah makanan untuk kucing dewasa. Tersedia dalam varian rasa ikan tuna dan seafood, Felibite Nice adalah makanan kering kibble berbentuk ikan. Diperkaya kandungan lemak yang 11% lebih baik dibandingkan merek selevel, makanan kucing ini juga kaya akan Omega 3 dan protein. Sangat baik untuk kesehatan kulit dan pertumbuhan bulu serta menjaga daya tahan tubuh kucing. Tersedia dalam kemasan kantong ukuran 1 kg, Felibite Nice  dijual dengan kisaran harga Rp 19 ribuan.

  1. Royal Canin Fit 32 Makanan Kucing

Royal Canin Fit 32 Makanan Kucing Dewasa 2 kg
Royal Canin Fit 32 Makanan Kucing Dewasa 2 kg

Tidak ingin kucing di rumah kelebihan berat badan? Pilih makanan kucing dengan nutrisi seimbang yang tidak akan membuat kucing kelebihan berat badan. Royal Canin Fit 32 mengandung nutrisi yang baik bagi kucing seperti protein dan Omega 3. Tersedia dalam kemasan kantong ukuran 400 gram, makanan kering ini dijual dengan kisaran harga Rp 60 ribuan.

  1. Me-O Cat Food Kucing Dewasa 

Me O Cat Food Kucing Dewasa Rasa Tuna 7 kg
Me O Cat Food Kucing Dewasa Rasa Tuna 7 kg

Me-O mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan kucing. Ada kandungan kalsium, fosfor, vitamin D, Omega 3, dan Omega 6. Kucing peliharaan akan terjaga kesehatan matanya, dan terhindar dari risiko penyakit pada saluran kencing serta batu kandung kemih. Me-O juga dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, ginjal dan jantung. Tersedia dalam kemasan ukuran 7 kg, Me-O dipasarkan seharga Rp 290 ribuan.

  1. Beauty Makanan Kucing Adult and Kitten

Beauty cat food adult kitten 1kg Makanan kucing beauty adult dan kitten 1kg
Beauty cat food adult kitten 1kg Makanan kucing beauty adult dan kitten 1kg

Butuh makanan kucing yang bisa dikonsumsi kucing dewasa dan anak-anak? Beauty yang merupakan dry food berbentuk bulat mengandung protein dan Omega 3 yang baik untuk kesehatan kucing. Tersedia dalam kemasan kantong ukuran 1 kg, harganya ada di kisaran Rp 25 ribuan.

  1. Moggy Freshpack

Makanan kucing MOGGY freshpack 800gram MOGGY cat food freshpack 800gr
Makanan kucing MOGGY freshpack 800gram MOGGY cat food freshpack 800gr

Moggy tersedia dalam rasa daging ayam dan ikan yang jadi favorit kucing. Tak hanya enak, kandungan Omega 3 dan 6 serta protein di dalamnya juga sangat menyehatkan. Dapatkan Moggy kemasan 800 gram dengan kisaran harga Rp 18 ribuan.

  1. Profelin

Profelin Cat Wet Food 400 Gram Tuna Red Meat In Jelly Makanan Kaleng Basah Kucing
Profelin Cat Wet Food 400 Gram Tuna Red Meat In Jelly Makanan Kaleng Basah Kucing

Jika butuh makanan basah, Profelin menyediakan makanan kucing rasa ikan tuna merah yang dikemas dalam jeli. Sangat praktis dan bernutrisi, karena kaya protein. Profelin kemasan kaleng 400 gram dijual seharga Rp 13 ribuan.


Baca juga: Tips Memilih Makanan yang Tepat Untuk Kucing

Pastikan kucing peliharaan di rumah tetap sehat dan bisa beraktivitas dengan lincah. Dapatkan makanan kucing yang berkualitas dengan harga terjangkau hanya di Blibli. Kamu bisa menemukan berbagai macam pilihan merek dan ukuran, sesuaikan dengan selera kucing kamu!

Makanan Kucing Berkualitas Harga Terjangkau

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY