10 Rekomendasi Makanan Kucing Anggora Berkualitas

makanan kucing anggora

Selain kucing persia, kucing Anggora termasuk ke dalam jenis kucing ras murni yang populer banget. Bisa jadi, Blibli Friends adalah salah satu dari sekian banyak orang di Indonesia yang ingin pelihara kucing satu ini. Kucing Anggora memang punya aura yang elegan dan anggun banget. Jadi, nggak heran banyak banget orang yang Ingin memeliharanya.

 Harga kucing Anggora juga termasuk mahal banget. jadi, kamu harus persiapkan budget yang lumayan besar kalau ingin pelihara kucing ini. Perawatan dan makanan kucing Anggora juga nggak boleh sembarangan. Yakin ingin pelihara kucing Anggora? Blibli Friends wajib baca dulu fakta-fakta menarik seputar kucing ras ningrat ini berikut:


Baca juga: 9 Tips Sederhana Merawat Kucing Kesayangan

Sejarah Kucing Anggora

makanan kucing anggoraSebenarnya, dari mana sih kucing Anggora berasal? Kucing Anggora adalah salah satu kucing ras tertua yang ada di dunia. Banyak ahli yang berpendapat kalau asal munculnya kucing Anggora ini adalah dari pegunungan Ankara di Turki. Kucing ini kemudian mengalami proses domestikasi  oleh penduduk sekitar. 

Nggak hanya dipelihara sebagai hewan peliharaan, kucing Anggora juga dijadikan sebagai upeti atau hadiah buat pedagang atau pelancong yang datang ke kota Ankara pada saat itu. Dari situlah, kucing-kucing Anggora tersebut jadi tersebar ke seluruh penjuru dunia. 

Ras Kucing Anggora

Image Source: hewany.com

Setelah tersebar ke seluruh penjuru dunia, kucing Anggora mulai dikawin silangkan dengan ras kucing lainnya. Jenis ras kucing yang paling banyak dikawinkan dengan ras Anggora adalah ras kucing persia dan kucing kampung. Alhasil, jenis-jenis ras kucing Anggora pun berkembang jadi 3 jenis, yaitu:

  1. Ras Anggora Asli

Kucing Anggora asli adalah jenis ras kucing yang paling mahal. Soalnya, kucing jenis ini memang jarang banget ditemui. Ras kucing Anggora jenis ini juga nggak tercampuri dengan genetik ras kucing yang lain. Jadi, masih benar-benar pure. Kucing Anggora asli punya bulu yang putih bersih seperti salju.Selain itu, struktur wajahnya juga sama persis dengan kucing-kucing Anggora yang ada di Turki, yaitu bentuk wajah yang panjang dan hidung yang mancung. 

Buat memiliki kucing ras murni ini, pastikan kamu punya budget yang cukup. Soalnya, buat kucing ras Anggora berusia 3 bulan saja, harganya sudah mencapai 3 – 7 jutaan. Apalagi, kalau kamu beli kucing Anggora dengan usia di atas 6 bulan. Harganya bisa jadi 2 kali lipat. 

2. Ras Anggora x Persia

Dibandingkan ras asli, hasil persilangan antara kucing ras Anggora dan persia memang lebih umum ditemukan. Otomatis, harga ras kucing Anggora satu ini lebih terjangkau. Kucing ras Anggora jenis ini punya berbagai karakteristik unggulan yang dimiliki oleh kucing Anggora maupun persia. Kucing ras campuran ini biasanya punya ciri-ciri fisik berupa bulu yang tebal banget setebal kucing Anggora. 

Tapi, bentuk wajah dan hidung menurun dari kucing persia. Jadilah, Blibli Friends bisa dapatkan kucing ras dengan bentuk wajah yang bulat nan fluffy. Kucing ras campuran Anggora x persia ini lumayan populer, lho. Kamu bisa beli anakan kucing ras Anggora dan persia usia 3 bulan dengan kisaran harga 500 – 700 ribu rupiah. Buat kucing ras ini yang sudah mulai dewasa biasanya punya harga sekitar 1 – 2.5 jutaan rupiah. 

3. Ras Anggora x Kampung

Perkawinan antara kucing ras Anggora dan kucing kampung kebanyakan bukan hal yang disengaja. Ini biasanya terjadi kalau ada kucing kampung liar yang berhasil menyusup masuk ke dalam lingkungan rumah kucing Anggora saat masa birahi. Bisa juga, kucing Anggora tersebut kabur dalam waktu yang sebentar. Tapi, dalam waktu itu dia kawin dengan kucing kampung. 

Tapi, ada juga kok beberapa breeder yang memang sengaja menganak pinakkan kedua jenis kucing ini. Kucing kampung campuran ras Anggora biasanya punya struktur wajah dan panjang bulu yang mirip kucing kampung. Tapi, bentuk tubuh dan wajahnya menurun dari kucing ras Anggora. 

Biarpun kelihatannya biasa-biasa saja, percampuran ras kucing kampung dan Anggora ini termasuk unggul, lho. Kucing ras ini cenderung lebih kuat dan tahan terhadap penyakit. Soalnya, baik Anggora maupun kucing kampung sama-sama punya ketahanan alami yang bagus banget.  

Fakta Unik Kucing Anggora

Selain punya penampilan yang anggun, kucing Anggora ternyata juga punya sisi-sisi unik yang menarik banget buat kamu ketahui. Ini nih beberapa fakta unik tentang kucing Anggora.

  1. Kucing Anggora Punya Sistem Imunitas yang Tangguh

Kucing ras Anggora terbilang salah satu kucing ras yang unggul dari segi kekebalan tubuh. Beda dengan kucing Persia dan kucing ras lainnya yang cenderung gampang sakit-sakitan, kucing Anggora mewarisi ketahanan imunitas dari nenek moyangnya. Zaman dulu, kucing Anggora di Angkara ditempa oleh alam supaya bisa bertahan hidup di tengah-tengah pegunungan salju Ankara. 

Sampai sekarang pun, kucing Anggora murni bisa bertahan hidup antara 14 – 16 tahun. Faktor penentu yang paling dominan adalah gimana pola perawatan dari kamu selaku ownernya. Semakin baik perawatan yang kamu kasih, makin panjang umur pula kucing Anggora yang Blibli Friends punya.

2. Kucing Anggora Jadi Warisan Nasional yang Sangat Dijaga di Turki

Sejak kemunculannya di abad ke-17, kucing Anggora makin banyak dipelihara oleh orang-orang dari seluruh dunia. Biarpun popularitasnya menanjak banget, ternyata jumlah populasi kucing Anggora asli merosot lumayan tajam. Ini dikarenakan banyak orang yang mengawin-silangkan kucing Anggora yang mereka miliki dengan ras kucing lain. Akibatnya, ras kucing Anggora asli pun jadi makin langka ditemukan. 

Nggak heran, pemerintah Turki menetapkan kucing Anggora sebagai warisan nasional negara tersebut. Bahkan, pemerintah setempat sampai mencanangkan program breeding terkontrol buat melestarikan ras kucing kebanggaan mereka ini. Kamu bisa lihat kucing Anggora asli di Kebun Binatang Angkara.

3. Kecerdasan Kucing Anggora

Dari penampilannya, kucing Anggora memang kelihatan anggun dan kalem. Biarpun begitu, ternyata kucing ras ini cerdas dan lincah banget. DIa memang sudah dilatih oleh alam buat menghadapi kerasnya alam liar. 

Jadi, jangan heran kalau dia punya kecerdasan di atas rata-rata. Bentuk kakinya yang panjang dan kokoh juga bikin kucing ini bisa melompat lumayan jauh. Karakternya yang playful bikin kucing Anggora jadi pilihan yang sempurna buat jadi kucing rumahan.

Tips Memilih Makanan untuk Kucing Anggora

Makin berminat buat pelihara kucing Anggora? Kucing jenis ini butuh makanan yang kaya akan nutrisi yang dia butuhkan. Yuk, cari tahu gimana sih tips memilih makanan kucing Anggora?

  1. Pilih Makanan yang Tepat dengan Nutrisi Terbaik

Sama seperti jenis kucing lainnya, kucing Anggora adalah hewan karnivora sejati. Jadi, satu-satunya sumber makanan yang bagus buat dia adalah daging. Kamu bisa beri dia makanan berupa daging ikan, daging ayam, atau bahkan daging sapi kalau Blibli Friends punya cukup budget. Pastikan daging yang kamu berikan ke kucingmu adalah daging pilihan dengan kandungan protein dan vitamin yang cukup. 

Selain kaya akan protein, makanan kucing itu juga harus mengandung asam amino, omega 3 dan 6, serta taurin yang kesemuanya dibutuhkan buat jaga kesehatan si meong. Makanan daging asli atau wetfood jadi pilihan yang tepat. Tapi, kamu juga bisa kok berikan kucingmu makanan kering atau dry food. Hanya saja, kamu harus berikan dia makanan kering berkualitas premium, lho.

2. Pilih Makanan Sesuai Usia

Berapa umur kucing Anggoramu? Tiap umur kucing butuh asupan nutrisi yang berbeda, lho. Misalnya, anak kucing Anggora butuh makanan khusus kitten dengan kalori yang banyak buat menunjang tumbuh kembangnya. Sedangkan, kucing Anggora yang berusia 1 tahun butuh makanan kucing yang kaya akan protein. Apalagi, kucing di usia itu memang lagi aktif-aktifnya. 

Nah, beda lagi kalau kucing Anggoramu sudah mulai masuk usia senja. Lebih baik pilih makanan kucing dengan kandungan serat dan antioksidan yang tinggi buat menunjang sistem imunitas kucingmu. Kamu juga bisa beli produk makanan kucing berlabel Urinary Care buat jaga kesehatan saluran kencing kucing Anggoramu. 

3. Perhatikan Harga

Perawatan kucing Anggora yang tepat bisa bikin kucingmu bisa menemanimu sekeluarga dalam waktu yang lama. Makanya, jangan asal pilih makanan kucing. Kamu harus pastikan makanan kucing yang dibeli benar-benar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi si meong. Biaya buat beli makan kucing berkualitas memang lumayan mahal. 

Tapi, biaya itu worth it banget, apalagi kalau kamu bisa lihat tingkah kucingmu yang sehat dan menggemaskan. Jangan pilih makanan low end, ya. Biarpun murah, makanan kucing yang terlalu banting harga juga bisa bikin kucing Anggoramu terserang penyakit, seperti FLUTD dan gangguan pencernaan. 

Rekomendasi Makanan Kucing Anggora 

Yuk, cari tahu rekomendasi makanan kucing Anggora terbaik buat kucing kesayanganmu berikut ini:

  1. Royal Canin Long Hair Indoor Adult 

Royal Canin Indoor Long Hair Makanan Kucing Dewasa 4 Kg
Royal Canin Indoor Long Hair Makanan Kucing Dewasa 4 Kg

Supaya kucing Anggoramu tetap sehat, dia memang harus jadi kucing indoor. Nah, supaya keseimbangan nutrisinya terjaga, kamu bisa kasih produk Royal Canin satu ini. Makanan kucing ini diformulasikan khusus buat kucing yang berusia 1- 7 tahun. Kandungan kalori yang ada di dalam makanan kucing ini juga sudah dikontrol supaya mencegah kucing Anggoramu terkena obesitas. 

Protein yang terkandung di dalam makanan kucing ini juga gampang banget diserap oleh tubuh si meong. Alhasil, pup yang dikeluarkan kucingmu juga bakal jadi lebih padat dan nggak berbau menyengat. Makanan kucing ini juga kaya akan omega 3 dan 6, DHA, dan EPA yang bikin bulu si meong selalu sehat dan lembut. Produk makanan kucing Royal Canin ini bisa kamu beli di Blibli dengan kisaran harga sekitar 53 ribu (kemasan 400 gram) hingga 455 ribu rupiah (4 kilogram).

2. Purina Fancy Feast

Fancy Feast Gravy Lovers Chicken Feast Makanan Kucing 85 g
Fancy Feast Gravy Lovers Chicken Feast Makanan Kucing 85 g

Sebagai karnivora sejati, kucing Anggora memang lebih disarankan buat makan makanan basah atau wet food. Makanan basah nggak hanya menyajikan daging ikan atau daging ayam yang bernutrisi, kandungan air di dalam makanan ini juga bagus banget buat jaga kesehatan saluran kencing kucingmu. Supaya kucingmu makin berselera makan, coba deh berikan produk Fancy Feast. 

Makanan kucing basah yang diluncurkan Purina ini punya banyak banget varian daging terbaik buat kucing Anggoramu. Kamu bisa sajikan Fancy Feast bentuk gravy, yaitu daging ikan atau daging ayam yang dipotong-potong bentuk kubus dan disajikan dengan kuah kaldu atau gravy yang beraroma lezat. Selain itu, kamu juga bisa pilih varian wet food Fancy Feast lainnya buat memanjakan kucing Anggoramu. Fancy Feast kemasan kaleng atau kemasan pouch yang dijual dengan kisaran harga 12 ribuan di Blibli.

3. Royal Canin Hair and Skin

Royal Canin Hair and Skin Care Makanan Kucing 400 g
Royal Canin Hair and Skin Care Makanan Kucing 400 g

Kucing Anggora punya bulu yang lumayan panjang. Jadi, kamu harus pilih makanan kucing yang tepat buat jaga kesehatan bulunya. Blibli Friends bisa beli produk makanan kucing Royal Canin ini. Selain protein, makanan kucing premium ini juga kaya akan kandungan asam amino dan omega kompleks. 

Baik asam amino dan omega kompleks memang dibutuhkan banget supaya bulu kucingmu tetap halus dan lebat. Makanan kucing ini juga ideal banget buat mengatasi masalah bulu rontok pada kucing Anggora. Hasil perawatanmu dengan Royal Canin ini bisa langsung terlihat dalam waktu 21 hari, lho. Tertarik mencoba? Kamu bisa beli produk Royal Canin Hair and Skin di Blibli mulai harga 60 ribu (400 gram) hingga 400 ribuan (kemasan 4 kilogram). 

4. Maxi

Makanan kucing Maxi 3kg Maxi cat 3kg
Makanan kucing Maxi 3kg Maxi cat 3kg

Buat kamu yang butuh makanan kucing terbaik buat kucing Anggora tanpa bikin kantong jebol bisa beli produk dry food Maxi. Makanan kucing berkualitas premium ini dibekali dengan kandungan L-Lysine yang bagus banget buat menambah nafsu makan kucing. 

Apalagi, ditambah dengan aroma daging ayam dan daging ikan tuna yang bikin kucingmu makin bersemangat makan. Selain itu, makanan kucing ini juga mengandung ekstrak tanaman yucca yang bagus banget buat mengurangi bau nggak sedap dari pup kucing. 

Kesehatan bulu kucing Anggoramu juga jadi makin terjaga berkat kandungan omega 3 dan 6 yang ada di dalamnya. Kandungan antioksidan seperti vitamin A dan vitamin C di dalam makanan kucing ini bisa bantu tingkatkan kekebalan tubuh si meong. 

Blibli Friends bisa beli makanan kucing Maxi kemasan freshpack dengan harga mulai dari 80 ribuan (kemasan 3 kilogram) hingga 500 ribuan buat kemasan 20 kilogram. Ingin yang lebih murah? Blibli juga sediakan kemasan repack 1 kilogram seharga 20 ribuan saja.

5. Equilibrio

Equilibrio Cat Food Persian 1 5 kg
Equilibrio Cat Food Persian 1 5 kg

Equilibrio juga termasuk ke dalam jenis makanan kucing Anggora terbaik yang hadir dengan harga ramah kantong. Makanan kucing ini mengandung omega 3 dan 6 yang bagus banget buat menjaga kesehatan kulit dan bulu kucingmu. Selain itu, makanan kucing ini juga kaya akan ekstrak yucca schidigera. Ekstrak tanaman ini bisa bantu mengurangi aroma yang nggak sedap dari pup kucingmu. 

Jadi, kamu nggak akan terganggu deh dengan bau kotoran kucingmu. Ekstrak yucca juga bantu jaga supaya sistem pencernaan kucing Anggoramu tetap lancar. Kandungan formula hairball control di dalam makanan kucing Equilibrio ini juga bantu mencegah gangguan pencernaan gara-gara penumpukan bulu yang tertelan saat kucing Anggora grooming. Blibli Friends bisa beli produk Equilibrio kemasan repack atau eceran dengan kisaran harga 50 ribuan di Blibli.

6. Me-O 

Me O Dry Cat Food Tuna Flavor 1 2 kg
Me O Dry Cat Food Tuna Flavor 1 2 kg

Me-O termasuk ke dalam jenis makanan kucing ramah budget yang bisa kamu coba buat kucing Anggoramu. Makanan kucing ini terdiri dari 3 macam varian, yaitu Me-O Persian, Me-O Adult, dan Me-O Kitten. Buat kamu yang punya anak kucing Anggora, sebaiknya, berikan dia makanan kucing Me-O buat kitten. Sedangkan, kucing Anggora dewasa sebaiknya dikasih makan Me-O Adult. 

Makanan kucing ini punya kandungan formula Hairball Control yang bisa bantu cegah penumpukan gumpalan bulu yang ada di dalam pencernaannya. Selain itu, makanan kucing Me-O juga kaya akan asam amino dan omega kompleks yang dibutuhkan buat jaga kesehatan kulit dan bulu. Kamu bisa beli produk Me-O kemasan freshpack 1.5 kilogram dengan harga 50 ribuan saja lho di Blibli.

7. Catsrang 

Catsrang Adult Dry Food Makanan Kucing 1 5 kg
Catsrang Adult Dry Food Makanan Kucing 1 5 kg

Merek Catsrang memang terbilang masih baru banget. Tapi, dari segi kualitas, makanan kucing ini bisa diandalkan. Merek makanan kucing asal Korsel ini cocok banget buat kamu yang punya kucing Anggora usia kitten maupun dewasa. Kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan kucing ini cocok banget buat memenuhi kebutuhan gizinya sehari-hari. Ekstrak yucca yang ada di dalam makanan kucing ini juga bantu melancarkan sistem pencernaan kucing. 

Bau pup si meong juga jadi nggak menyengat. Selain itu, Catsrang juga dibekali dengan ekstrak propolis yang manjur banget buat jaga kekebalan tubuhnya. Kandungan taurin di dalam makanan kucing ini bisa mencapai 2.000 mg. Organ mata kucingmu pun jadi lebih terawat. Makanan kucing Catsrang terbagi jadi 2 varian, yaitu varian All Stages dan Kitten. Harga makanan kucing ini berkisar mulai dari 33 ribuan (kemasan repack 500 gram) hingga 500 ribuan buat kemasan fresh pack 8 kilo.

8. Pro Plan Adult Derma Plus with Opti Derma

Proplan ADULT DERMA PLUS SALMON IN GRAVY WET POUCH 85gr
Proplan ADULT DERMA PLUS SALMON IN GRAVY WET POUCH 85gr

Beda dengan kucing persia, kucing Anggora memang nggak terlalu sering mengalami shedding. Tapi, kalau mendadak bulu kucingmu banyak yang rontok, Blibli Friends wajib waspada. Soalnya, itu bisa jadi pertanda dia nggak cocok dengan makanannya. Nah, buat mencegah kerontokan bulu yang lebih parah lagi, coba deh ganti pakannya dengan makanan dari Purina ini. 

Pro Plan Adult Derma Plus ini punya kandungan formula Opti Derma Plus yang bermanfaat buat mencegah kerontokan bulu kucing. Formula itu juga berfungsi jadi hairball control yang bantu mencegah pembentukan gumpalan bulu di dalam usus kucing. Selain itu, makanan kucing ini juga kaya akan omega kompleks yang dibutuhkan supaya bulu kucingmu makin sehat. Produk makanan kucing ini bisa kamu beli dengan harga 200 – 300 ribuan saja.

9. Orijen Cat and Kitten

ORIJEN Cat Kitten Makanan Kucing 5 4 kg
ORIJEN Cat Kitten Makanan Kucing 5 4 kg

Punya budget yang lebih? Sekalian saja manjakan kucing Anggora barumu dengan produk makanan kucing Orijen. Makanan kucing premium ini terbuat dari bahan utama daging ayam asli, lho. Jadi, jangan heran kalau makanan kucing satu ini kaya akan protein hewani yang dibutuhkan kucing. 

Selain itu, makanan kucing Orijen ini juga mengandung daging ayam kalkun, hati ayam, ikan flounder, dan telur ayam utuh yang diolah secara seksama. Karena makanan ini kaya akan protein, bikin kucing jadi lebih awet kenyang. Alhasi, berat badannya pun jadi lebih stabil. Cocok banget nih buat kamu yang ingin kucingmu terkena obesitas. Buat beli makanan kucing ini, kamu harus rela rogoh kocek hingga mencapai 1 juta buat produk kemasan fresh pack seberat 5 kilogram.

10. Indigo Moon

Indigo Moon termasuk ke dalam jenis makanan kucing premium yang cocok buat kucing Anggora. Makanan kucing yang diproduksi oleh Solid Gold asal Amerika Serikat ini mengusung konsep makanan kucing grain free, alias tanpa biji-bijian. Jadi, aman banget deh buat kucingmu yang punya pencernaan sensitif. 

Makanan ini juga kaya serat, lho. Kandungan ekstrak yucca di dalamnya bikin bau pup kucingmu nggak akan mengganggumu. Jangan kaget ya, buat beli makanan kucing ini, kamu harus siap-siap budget mulai dari 800 ribuan. 


Baca juga: 5 Cara Agar Foto Kucingmu Instagrammable

Itulah ulasan rekomendasi makanan kucing Anggora dan informasi menarik seputar kucing ini. Daripada ribet ke luar rumah, beli produk makanan kucing kesayanganmu di Blibli saja, yuk. Ada banyak banget promo diskon dan voucher belanja yang sayang banget buat dilewatkan. Blibli Friends juga bisa manfaatkan promo free ongkir buat harga belanja yang lebih murah lagi.  

Rasakan Kemudahan Belanja Makanan Kucing Terlengkap Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY