Makanan Khas Sunda yang Kamu Butuhkan Untuk Agenda Wisata Kuliner

Sumber: Topwisata.info

Makanan Khas Sunda – Memilih Jawa Barat atau salah satu kota di dalamnya untuk wisata kuliner adalah ide bagus. Apalagi jika kamu sudah tahu apa saja pilihan makanan khas Sunda. Makanan yang berasal dari Bandung dan sekitarnya ini identik dengan rasa gurih dan pedas sehingga mungkin jadi hal baru bagi kamu.

Jangan sampai kamu menyesal jika tidak mencicipi berbagai makanan sedap ini ketika berkunjung ke sini. Jika kamu penasaran yuk segera kepoin apa saja sih makanan yang paling banyak digemari di Kota Bunga ini.

BACA JUGA: Resep Nasi Timbel, Enak dan Sederhana

____________________

1. Nasi Liwet

Sumber: kompasiana.com

Makanan khas Sunda yang paling wajib coba adalah nasi liwet. Nasi yang terasa gurih dan disertai dengan lauk labu siam untuk menambah kegurihannya. Dijamin nagih karena rasanya yang mungkin baru pertama kali rasakan.

Paket nasi liwet yang lengkap akan disertai dengan ayam suwir, telur rebus coklat, dan bumbu halus yang menyempurnakan rasanya. Banyak yang jual nasi liwet di Bandung dan sekitarnya, kamu tak akan kesulitan cari.

2. Lotek

Image Source: jejakpiknik.com

Boleh jadi ada penjual lotek di tempat kamu berasal, namun tetap ada salahnya jika kamu menambahkan menu makanan ini dalam wisata kuliner nanti. Pas bila disantap siang hari dengan minuman yang segar-segar.

Bisa jadi selingan setelah atau di antara makan makanan berat, tetap juga oke dijadikan pencuci mulut. Untuk kamu yang belum tahu, apa yang ada di dalam lotek antara lain kangkung, kacang panjang, tauge, labu siam, kol, dan bumbu-bumbu dari rempah. Jangan samakan lotek di Jawa Barat dengan lotek di kota lain, rasanya pasti beda.

3. Kupat Tahu

CARA MEMBUAT KETUPAT SAYUR KHAS LEBARAN
Image Source: resephariini.com

Opsi lainnya untuk kulineran di Jawa Barat nanti adalah kupat tahu. Ketupat yang dilengkapi dengan topping-topping lokal, santa pas dinikmati di siang hari dengan es teh. Satu porsi saja mungkin akan kurang bagi kamu.

Terasa segar dan menyehatkan, sebab juga ada kol, tauge, dan seledri dalam satu porsinya. Apalagi ditambahkan dengan daun salam yang membuat rasanya semakin menggoda di lidah. Bisa dibuat pedas, bisa juga tidak, sesuaikan saja dengan kesukaan.

4. Surabi

Surabi
Image Source: humas.bandung.go.id

Dari tadi sudah dibahas yang gurih-gurih, saatnya untuk membahas yang manis-manis. Besar kemungkinannya kamu sudah tahu makanan jajan pasar seperti surabi. Kue yang terasa kenyal dengan beragam pilihan topping, seperti meses, parutan keju, parutan coklat batang, susu kental manis, dan masih banyak lagi pilihan topping nya tergantung penjualnya.

Bisa dijadikan snack saat keliling Jawa Barat dalam rangka berliburan, bisa juga dijadikan oleh-oleh. Wujudnya tidak sama seperti makanan berat yang tak bisa bertahan lama, kali ini wujudnya adalah snack yang bisa bertahan hingga dua hari an.

5. Empal Gentong

Empal Gentong, Makanan Timur Tengah yang diadaptasi Suku Sunda
Image Source: nusadaily.com

Saat cuaca dingin, paling mantap pilih empal gentong untuk disajikan. Namun juga tak harus dengan kondisi ini saja bisa menikmati empal gentong. Pasti kecewa mampir ke Jawa Barat namun belum coba makanan ini.

Empal Gentong asli berasal dari Cirebon, berwujud makanan dengan kuah yang disertai daging dan jeroan sapi. Dua jeroan sapi yang identik dengan makanan khas ini adalah babat dan paru.Kamu yang memang tadinya suka makan jeroan pasti akan suka dengan berbagai jenis makanan ini. Penyajiannya dengan kuah warna kuning yang dibuat dari beragam rempah.

____________________

BACA JUGA: Menu Nasi Bakar Sederhana dengan Bahan Western dan Indonesia Ala Willgoz Kitchen

Tapi jika kamu tidak sempat berkunjung ke sini, bisa lho merasakan kenikmatannya dengan membeli makanan khas Bandung di toko online Blibli. Blibli menyediakan berbagai jenis makanan dari berbagai penjuru dunia.

Temukan Kuliner Terbaik Khas Indonesia di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY