5 Makanan Khas Sumatera Selatan yang Lezat dan Unik

makanan khas sumatera selatan
Sumber: money.id

Makanan Khas Sumatera Selatan — Mendengar kata Sumatera Selatan, tentu yang terlintas di benakmu adalah Jembatan Ampera, bukan? Jembatan ini memang menjadi salah satu ikon Sumatera Selatan yang begitu populer. Bahkan, Ampera pernah menjadi jembatan terpanjang se-Asia Tenggara pada masanya, lho. Keren, kan?

Di sisi lain, Kota Palembang yang menjadi ibukota Sumatera Selatan merupakan kota tertua di Indonesia? Tak heran, jika kota ini menyimpan banyak peninggalan sejarah dan budaya. Terlepas dari itu semua, ada banyak makanan khas Sumatera Selatan yang juga wajib kamu cicipi. Apa saja? Baca ulasan berikut ini sampai habis!

BACA JUGA: Makanan Khas Indonesia yang Mudah Dijumpai di Berbagai Kota

______________________________________

1. Pindang

Sumber: apasih.web.id

Penggemar makanan dengan bahan dasar ikan? Pindang khas Sumatera Selatan ini nggak boleh kamu lewatkan begitu aja. Cara memasak pindang terbilang cukup unik dan bisa menggunakan berbagai macam jenis ikan. Sebelum ikan diasapi atau direbus hingga kering, ikan terlebih dahulu diberi garam dan dibumbui agar lezat. Ada banyak jenis pindang yang bisa kamu temui, yang paling populer adalah pindang udang, pindang ikan, dan pindang tulang.

2. Mie Celor

Sumber: sahabatufs.com

Masih Berbicara mengenai makanan khas Sumatera Selatan dengan bahan dasar udang. Uniknya, sebelum seluruh bahan pelengkap dimasukkan dalam kuah santan, bahan-bahan tersebut disiram dengan air panas terlebih dahulu. Selain udang, bahan pelengkap mie celor lainnya sangat beragam. Ada telur, daun seledri, tauge, hingga perasan jeruk nipis. Makanan berkuah yang hangat ini akan sangat lezat jika kamu nikmati di pagi hari sebelum beraktivitas atau di malam hari.

3. Tempoyak

Sumber: federaloil.co.id

Pernahkah kamu menikmati buah durian yang difermentasi? Jika belum, pastikan Blibli Friends tak lupa menikmati tempoyak saat berkunjung ke Sumatera Selatan. Cita rasa asam serta aroma yang khas, membuat makanan ini sangat populer. Bahkan, tempoyak umumnya dijadikan sebagai lauk pendamping dengan sepiring nasi hangat. Mencampurkan tempoyak dengan olahan sambal juga tak kalah lezatnya. Kira-kira bagaimana rasa dari makanan khas ini ya?

4. Tekwan

Sumber: sangpelancong.com

Pernah makan tekwan? Tahukah kamu jika makanan ini merupakan makanan khas dari Sumatera Selatan? Makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan dan sagu ini bisa dibilang sangat populer. Bahkan, beberapa kota lain di Indonesia juga dilengkapi dengan para penjual Tekwan. Namun, tetap saja, tekwan akan lebih spesial jika kamu nikmati langsung di daerah asalnya. Umumnya, tekwan akan disajikan dengan beragam makanan pendamping, seperti jamur, mie bihun, bengkoang, dan masih banyak lagi.

5. Pempek

Sumber: nusadaily.com

Rasanya nggak lengkap jika membahas makanan khas Sumatera Selatan tanpa menyebut makanan paling populer satu ini. Makanan yang berbahan dasar daging ikan dan campuran tepung kanji ini memiliki cita rasa yang begitu lezat. Menikmatinya di sore atau siang hari akan meningkatkan mood kamu sepanjang hari. Terlebih jika kamu menikmatinya dalam kondisi hangat dengan campuran saus cuko. Saking populernya, untuk bisa menikmati Pempek, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Sumatera Selatan dulu.

BELI PEMPEK DENGAN HARGA TERBAIK DI SINI

______________________________________

BACA JUGA: 9 Olahan Nasi Nusantara untuk Manjakan Lidahmu!

Bagi kamu yang berencana liburan ke Sumatera Selatan dan ingin menikmati makanan khasnya, pastikan kamu nggak lupa untuk mencicipi pindang, mie celor, tempoyak, tekwan, dan pempek, ya.

Merasa sudah semakin tak sabar untuk mencicipinya? Blibli Friends bisa lho membeli kelima makanan khas tersebut di laman Blibli. Selain mudah, harganya pun bisa dibilang terjangkau dan ramah kantong. Buktikan sendiri dan segera cicipi makanan khas Sumatera Selatan favorit kamu, Friends!

TEMUKAN MAKANAN KHAS SUMATERA SELATAN FAVORITMU DI SINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY