Makanan Khas Manado Ini Dijamin Akan Menggoyang Lidahmu

Makanan Khas Manado
Sumber: Indonesia.go.id

Indonesia adalah negara yang memiliki berjuta daya tarik. Salah satu daya tarik Indonesia yang membuat banyak turis asing ingin mengunjungi negara kita adalah banyaknya makanan lezat yang pastinya menggoyang lidah. Banyak tempat di Indonesia yang memiliki makanan yang khas. Salah satu kota yang memiliki beberapa jenis makanan khas yang terkenal adalah Manado. Makanan khas Manado adalah makanan yang memiliki cita rasa khas Manado, yakni cita rasa pedas, hangat, dan segar. Penasaran dengan makanan yang wajib dicicipi di sana? Simak ulasan lengkapnya ini ya Blibli Friends!

BACA JUGA: Pizza Keliling Indonesia Menu Andalan Untuk Lidah Nusantara 

_______________________

  1. Tinutuan

Sumber: idntimes.com

Berbeda dengan daerah Jawa, Manado adalah tempat yang sebagian besar penduduknya bukan muslim. Untuk itu, kaum Muslim di sana perlu memilah makanan yang dikonsumsinya. Salah satu makanan halal yang wajib dikonsumsi di sana adalah tinutuan.

Makanan ini termasuk sudah sangat terkenal karena memang memiliki cita rasa Manado. Tinutuan ini adalah makanan yang terbuat dari beragam sayuran hijau dan labu kuning yang dimasak dengan bubur beras. Teksturnya yang mirip dengan campuran bubur dan sup menjadikannya sangat cocok dimakan ketika sarapan, lho!

  1. Dabu-Dabu

selerasa.com

Nah, kalau makanan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai cita rasa pedas. Dabu-dabu adalah salah satu sambal khas Manado yang lezat dijadikan cocolan untuk olahan makanan laut. Biasanya, kamu bisa menemukan dabu-dabu di rumah makan yang menyajikan ikan bakar. Dabu-dabu ini terbagi menjad beberapa jenis mulai dari dabu-dabu iris, bakar, lemog, dan lilang. Pilih saja sesuai dengan selera, ya.

  1. Cakalang Fufu

Sumber: resepkoki.id

Belum afdal kalau ke Manado tetapi belum mencoba masakan lautnya. Salah satunya adalah cakalang fufu. Olahan yang satu ini sebenarnya adalah ikan cakalang segar yang dimasak dengan diasapi (fufu). Eits, tidak hanya sekedar diasapi, ya. Ikan yang masih segar dan diasapi tersebut biasanya diolah lagi menjadi berbagai jenis menu lain. Beberapa olahan makanan ini adalah cakalang fufu saus atau cakalang fufu santan. Uniknya, kamu bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk diolah sendiri di rumah, lho

  1. Paniki

Sumber: sisidunia.com

Kamu termasuk penggemar olahan ayam? Kalau iya, wajib nih mencicipi olahan ayam khas Manado, yakni Paniki. Uniknya, Paniki dalam bahasa Manado itu adalah daging kelelawar. Tapi, kamu tidak perlu ngeri, ya. Seiring dengan perkembangan zaman makanan yang terlalu ekstrim tersebut kemudian dimodifikasi dengan daging-daging biasa dan yang paling umum dipakai adalah daging ayam. Ayam paniki ini memiliki cita rasa pedas serta gurih yang sangat cocok untuk dijadikan lauk nasi putih yang hangat. Bumbu paniki ini bisa kamu dapatkan juga secara online, lho!

  1. Sambal Roa

Sumber: masakapahariini.com

Olahan khas Manado berikutnya yang wajib untuk dicicipi adalah sambal roa. Di antara makanan lainnya, sambal roa termasuk sangat terkenal karena sambal ini bisa dimakan dengan beragam jenis makanan. Sambal ini memiliki rasa khas karena terbuat dari ikan roa yang ditumbuk halus dengan beberapa bahan lain, yakni cabe, bawang merah dan putih, tomat, garam, gula. Setelah itu, sambal ditumis. Biasanya, sambal ini menjadi pendamping utama dari tinutuan.

TEMUKAN SAMBAL ROA DENGAN HARGA TERBAIK DI SINI

_______________________

BACA JUGA: Mencoba Makanan Unik Khas Nusantara

Nah, itulah beberapa olahan khas dari Manado yang rasanya tidak boleh untuk dilewatkan ketika ke Manado. Tapi, kamu yang tidak ke Manado pun sekarang bisa incip-incip olahan khas Manado, lho! Sekarang, semua bumbu olahan mendasar dari sana atau pun makanan bekunya sudah tersedia secara online di Blibli.

TEMUKAN MAKANAN KHAS MANADO FAVORITMU DI GALERI INDONESIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY