Makanan Khas Jawa Timur dengan Rasa Maknyus 

Sumber: infokuliner.com

Wajib tahu apa saja makanan khas Jawa Timur jika kamu sudah mengagendakan wisata kuliner. Menjadikan Jawa Timur sebagai destinasi wisata kuliner sudah sangat oke, semakin oke lagi jika kamu sudah tahu apa saja pilihannya. Banyak lho makanan asli dari Jawa Timur yang lezat, namun beberapa yang akan disebutkan ini adalah yang paling populer dan paling wajib coba.

Ada yang berwujud makanan berat juga ada yang bisa untuk camilan, berikut makanan khas Jawa Timur yang jangan sampai terlewat sampai pulang.

BACA JUGA: 4 Makanan Khas Indonesia yang Paling Disukai Turis

_____________________

1. Rawon

Rawon daging sapi

Wujud makanan rawon di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah bagian timur adalah sup daging dengan kuah warna coklat. Jika kamu menemukan yang kuahnya sampai berwarna hitam atau coklat tua, wajib parkirkan kendaraan langsung karena itulah rawon yang enak.

Mengapa kuahnya bisa segelap itu karena telah dicampur dengan banyak rempah-rempah, dan salah satunya adalah kluwek. Ada yang cenderung manis, juga ada yang cenderung pedas. Untuk bisa menikmati rawon versi lezat, bisa ditambahkan topping telur rebus atau kecambah.

2. Rujak Cingur

Resep Rujak Cingur Special Asli Surabaya Jawa Timur
Image Source: doyanresep.com

Makanan yang satu ini berasal dari Surabaya, rasanya beda dengan rujak pada umumnya. Salah satu alasannya adalah karena rujak dari Surabaya ini dibuat dengan banyak jenis sayur dan bahan lainnya. Di antaranya adalah kangkung, timun, tauge, cingur sapi, ketumbar, dan masih banyak lainnya.

Semua dimasak terlebih dahulu sehingga kamu pemilik perut sensitif tidak akan takut sakit. Semakin nikmat bila disajikan dengan kerupuk, akan ada perpaduan renyah dan gurih. Juga ditambahkan lontong dalam penyajiannya sehingga bisa dijadikan camilan juga bisa sebagai makan berat.

3. Pecel Madiun

resepmasakanpedia.com
Image Source: resepmasakanpedia.com

Masih makanan khas yang wujudnya sayur-sayuran sehingga menyehatkan. Pecel Madiun sangat populer sehingga kamu tidak hanya akan menemukannya di Madiun saja. di kota-kota lain di luar Madiun, kamu bisa menemukan penjualnya atau restoran yang menyediakan menunya.

Beberapa sayuran yang ditambahkan saat bikin pecel Madiun antara lain bayam, kenikir, daun kacang panjang, kecambah, daun singkong, dan daun pepaya. Jika rawon nikmati disajikan dengan telur rebus, pecel Madiun paling nikmat disajikan dengan rempeyek teri.

Bumbu halus yang nantinya digunakan saat penyajian juga dibuat dari kencur sehingga terasa hangat.

4. Lontong Kupang

Lontong Kupang, Makanan Tradisional Pasuruan Bergizi Tinggi
Image Source: kabartravel.id

Ada lontong kupang dari Surabaya juga ada lontong kupang dari Sidoarjo. Keduanya memiliki cita rasa sama, hanya saja di dua kota ini kamu tak akan kesulitan menemukan penjualnya.

Alasan mengapa namanya demikian mungkin sudah kamu tahu, yaitu menjadikan kupang sebagai bahan utamanya. Bumbu ulekan terbuat dari cabai rawit sekaligus bawang merah dan bawang putih, rasanya akan pedas gurih sehingga mantap dijadikan menu makan siang.

5. Nasi Krawu

Cara untuk Membuat Nasi Krawu
Image Source: masakanbunda.co

Kali ini asli berasal dari Gresik, makanan berat yang penyajiannya dengan nasi dibentuk kerucut dan lauk yang terpisah-pisah. Terbayang?

Krawu sendiri adalah nama yang diberikan khusus untuk lauknya, sedangkan secara keseluruhan nasi yang ada di dalam sajian akan disertai krawu kuning, krawu merah, sambal terasi dan osik daging. Osik daging ini terbuat dari olahan daging sapi, salam dan serai, sehingga rasa yang dihasilkan akan sangat nikmat dan menghangatkan bagi tubuh.

_____________________

BACA JUGA: Mencoba Makanan Unik Khas Nusantara

Menyimak deskripsinya sudah bikin pengen cus coba, inikah yang kamu rasakan? Jika iya, langsung saja cek Blibli supaya kamu tahu pilihan makanan khas Jawa Timur yang tersedia. Daripada harus cari-cari dulu dan belum tentu dapatkan yang recommended, mending di awal kamu sudah punya dulu vouchernya di restoran pilihan.

Dapatkan Kuliner Terbaik Khas Indonesia di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY