Makanan Khas Jawa Tengah yang Enak dan Nagih

Makanan khas Jawa Tengah cenderung gurih dan bikin kangen. Untuk kamu yang berasal dari luar Jawa Tengah, sekalinya nyobain salah satu makanan khas yang berasal dari sini, pasti suatu saat nanti akan kangen.

Bagaimana cita rasanya, wujudnya, waktu terbaik untuk menikmatinya, semuanya akan kamu butuhkan. Namun, apakah kamu yakin sudah tahu banyak jenis makanan kuliner dari provinsi ini? Ayo, kamu harus tahu dulu beberapa jenis makanan khas Jawa Tengah. Mengetahuinya akan memudahkan kamu saat wisata kuliner di sana nantinya.

BACA JUGA: Oleh-Oleh Makanan Khas Daerah yang Bisa Kamu Beli Online

_____________________

1. Soto Kudus

Diawali dengan soto kudus yang biasa dipilih wisatawan luar Jawa Tengah untuk dijadikan saat berlibur di sini. Soto Kudus tentu berbeda dengan soto pada umumnya. Wajib hukumnya menikmati makanan ini ketika sedang hangat-hangatnya, bahkan saat masih sangat panas pun tetap ada peminatnya.

Sangat gurih dan nagih! Kamu yang belum pernah coba makanan ini harus sesekali jajan ketika di Kudus. Meskipun berasal dari Jawa Tengah, bukan berarti penjual soto Kudus ini menyebar ke semua kota di provinsi ini. Tetap ada, namun akan jarang di luar Kota Kudus. Karenanya, jika tertarik coba langsung saja menuju ke Kudus.

2. Jenang Kudus

Resep Cara Membuat Jenang Kudus Mantap
Image Source: mesinparutkelapa.id

Masih di Kudus, kali ini wujudnya adalah jenang. Kalau makanan ini wujudnya bukan makanan berat sehingga bisa dijadikan sarapan atau makan siang. Wujudnya adalah snack, yang bisa djadikan camilan ketika perjalanan, bersantai, maupun untuk oleh-oleh.

Dengan harganya yang sangat terjangkau meskipun lezat, jenang Kudus memang seringkali dijadikan makanan oleh-oleh. Jenang berwarna coklat ini dibalut dengan kemasan plastik lipat tebal yang transparan.Kondisi terlezat nya adalah jenang padat yang kenyal.

3. Lumpia Semarang

Resep Lumpia Semarang
Image Source: resepkoki.id

Jangan sampai tidak coba lumpia jika kamu sampai di Semarang nanti! Pokoknya jangan sampai karena kamu pasti akan ketagihan dengan makanan khas yang wujudnya snack. Meskipun wujudnya snack, kurang oke bila dijadikan oleh-oleh.

Sebab, supaya kamu bisa menikmati makanan ini, kamu harus memakannya selagi masih panas. Dengan asap yang masih berkebul, hati-hati gigit kulitnya sampai terasa isiannya yang super lezat. Tidak sulit untuk menemukan jajanan ini di Semarang. Namun akan sulit menemukan yang otentik di luar Kota Semarang.

4. Gethuk

Sejarah Gethuk Magelang yang legendaris
Image Source: sejarahunik.net

Manis, unik, tampilannya cantik, tidak perlu harus selagi panas untuk bisa menikmatinya. Gethuk jadi makanan yang sangat populer di Jawa Tengah. Bisa dijadikan oleh-oleh, bisa juga dinikmati ketika bersantai di hotel. Di sebagian tempat wisata mungkin kamu akan menemukan penjualnya. Namun id toko oleh-oleh, pasti bisa menemukannya.

Terbuat dari singkong yang diberi pewarna dan dilembutkan, karenanya saat beli nanti kamu bisa pilih-pilih warna. Dibentuk sedemikian rupa dan diberi taburan parutan kelapa sehingga membuatnya lebih gurih. Meskipun dari singkong, nantinya kamu bisa menemukan alasan mengapa makanan ini begitu istimewa.

5. Tempe Mendoan

5 Resep dan cara membuat tempe mendoan, enak dan gurih
Image Source: brilicious.brilio.net

Makanan sederhana yang satu ini juga jadi makanan yang khas di Jawa Tengah. Bisa-bisa saja dinikmati saat sudah dingin, namun tetap saja paling maksimal lezatnya ketika masih panas.

Tempe mendoan bisa dijadikan lauk puak maupun camilan yang nikmat. Apa lagi jika dimakan dengan cabai hijau dan petis khas jawa tengah. Wah dijamin bikin kamu ketagihan.

_____________________

BACA JUGA: Makanan Khas Indonesia yang Mudah Dijumpai di Berbagai Kota

Adakah salah satu makanan khas Jawa Tengah di atas yang bikin ngiler? Temukan saja makanan-makanan di atas ketika berlibur di Jawa Tengah. Tak perlu lagi eksplor sana-sini untuk menemukannya karena di Blibli kamu bisa langsung pesan.

Dapatkan Kuliner Hemat dan Lezat Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY