Makanan Khas Jawa yang Rasanya Nagih dan Harganya Murah

Sumber: food.detik.com

Jika kamu punya rencana liburan ke Pulau Jawa, akan jauh lebih baik jika tahu daftar makanan khas Jawa. Kamu tentunya tak ingin melewatkan bagaimana cita rasa makanan-makanan yang berasal asli dari Jawa bukan? Mengetahui cita rasa apa yang paling ditonjolkan, bagaimana wujudnya, dan apa keunikannya, pasti jadi apa yang bikin kamu penasaran.

BACA JUGA: Mencoba Makanan Unik Khas Nusantara

______________________

Beberapa makanan yang asli dari Pulau Jawa ini kemungkinan besar tak ada di kota asalmu. Makanya, jangan sampai lupa buat cobain!

1. Nasi Liwet

Sumber: Topwisata.info

Kuliner Jawa, terutama Jawa Tengah dan Jawa Barat memang identik dengan nasi yang rasanya gurih. Penyajiannya di setiap kota bisa jadi berbeda, namun istimewanya terletak pada nasi yang diolah dengan santan sehingga terasa sangat gurih.

Tidak akan cepat kenyang karena mengandung santan, kebanyakkan kota menyajikan makanan khas Jawa ini dengan sayur labu siam sehingga terasa juicy. Masih ditambah dengan suwiran daging ayam sebagai lauknya sehingga bikin kamu cukup kenyang.

Nasi liwet biasa dijadikan menu makan pagi atau sarapan, namun kamu bisa menjadikannya menu makan kapan saja karena tidak sedikit yang menawarkan menu ini.

2. Gudeg

Makanan khas Indonesia
sumber: bisnisukm.com

Berasal dari Yogyakarta, harus kamu tahu karena mungkin saja tujuan berlibur ke Pulau Jawa adalah ke Jogja. Gudeg asli dari Jogja akan memiliki cita rasa yang lebih istimewa daripada gudeg di luar Jogja.

Identik dengan cita rasa manis dan warna coklat, kamu bisa pilih gudeg basah atau gudeg kering nantinya. Bahan utamanya adalah nangka muda, namun saat beli nanti akan disajikan juga ayam (biasanya cakar ayam), telur rebus, krecek, dan topping pelengkap lainnya yang bisa kamu pilih sendiri.

3. Oseng Mercon

Cari yang pedas-pedas namun kesulitan? Mungkin kamu belum kenal saja dengan oseng mercon. Makanan yang pedas-pedas memang kebanyakan ada di Sumatera, namun di Pulau Jawa tetap ada menunya.

Asalnya masih sama dengan makanan sebelumnya, oseng yang satu ini juga berasal dari Jogja. Otot sapi dan tetelan daging sapi lah yang digunakan dalam resep original makanan ini. Namun di luar Jogja, kamu mungkin akan menemukan bagian sapi yang lain untuk pengolahannya.

Tidak hanya memberikan rasa pedas saja, tetap ditambahkan beragam rempah-rempah sehingga hasil akhirnya adalah rasa pedas yang bercampur dengan gurih.

4. Gethuk

Sejarah Gethuk Magelang yang legendaris
Image Source: sejarahunik.net

Setelah cobain yang pedas-pedas, kamu bisa langsung cus cari yang manis-manis, gethuk misalnya. Snack pasar seperti gethuk bisa kamu temukan di sekitar Jawa Tengah, Jawa Barat, juga Jawa Timur. Yang paling sering dijumpai adalah gethuk lindri, singkong yang diolah dengan pewarna makanan hijau, dibentuk balok, dan ditaburi parutan kelapa.

Mungkin nantinya kamu akan menemukan gethuk dengan warna lain. Tak perlu diragukan, di beberapa kota memang gethuk ini dibuat dengan berbagai warna. Bahkan ada yang satu kali saji diberikan gethuk dengan beberapa warna sekaligus sehingga tampak colorful.

5. Jadah Tempe

Image Source: Facebook/Jadah Tempe Mbah Carik

Berasal dari Jogja bagian atas, tepatnya di Kaliurang Jogja, kamu akan menemukan makanan yang sangat sederhana dan identik dengan pedesaan. Saking sederhananya, hana ada dua warna saja yang kamu lihat dari penyajiannya, yakni warna putih dan coklat. Juga sama seperti namanya, makanan ini hanya berupa tempe bacem dengan beras ketan saja.

______________________

BACA JUGA: Oleh-Oleh Makanan Khas Daerah yang Bisa Kamu Beli Online

Ternyata pilihan makanan khas Jawa di atas cukup menantang untuk dicoba. Bukan karena pedasnya saja, namun terkesan unik sehingga jangan sampai tidak pernah mencicipinya. Kini kamu bisa dapatkan info lebih banyak makanan-makanan di Blibli. Semua makanan di atas juga bisa kamu dapatkan dengan mudah di sini.

Temukan Kuliner Terbaik Khas Indonesia di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY