Makanan Khas Cirebon yang Bikin Ngiler Selain Empal Gentong

Photo via primarasa.co.id

Cirebon jadi salah satu tujuan wisata yang wajib banget nyicipin kulinernya. Kuliner khas kota pelabuhan ini gak kalah sama daerah lain. Cocok banget deh buat yang suka wisata kuliner.

Empal gentong jadi salah satu kuliner Khas Cirebon yang paling terkenal. Kuahnya yang khas dan enak bikin makanan ini selalu jadi favorit banyak orang. Gak cuma empal gentong, ada kuliner Cirebon yang gak kalah enak dari empal gentong. Gak percaya? Nih saya kasih tau makanan khas Cirebon yang bisa diicip dan pastinya bikin ngiler.

  1. Nasi Jamblang

Kalau lagi di Cirebon dan kebeneran butuh banget ngisi perut pas sarapan, nasi jamblang bisa jadi pilihan yang pas. Makanan khas Cirebon yang isinya nasi dibungkus sama daun jati. Jangan lupa tambahin semur tahu, sontong, tempe goreng, sampe krecek.

2. Empal Asem

Makanan ini hampir mirip sama empal gentong, isinya ada daging sapi tapi yang bikin beda kuahnya. Kalo empal gentong kuahnya kental, nah empal asem ini kuahnya bening dari asam sama potongan tomat. Cocok banget makan empal asem siang-siang ditambah nasi sama emping ditambah es teh manis. Seger banget.

3. Mi Koclok

Buat yang sering banget ke Bandung, pasti udah gak asing sama mi koclok. Eits, gak cuma di Bandung aja, di Cirebon juga ada mi koclok. Bedanya, di Cirebon gak pake kikil. Kamu bakal ngerasain mi koclok yang dibuat dari santan kental, irisan daging ayam, kacang, potongan telur.

4. Nasi Lengko

Makanan yang satu ini gak kalah nikmat sama nasi jamblang. Nasi putih yang ditambah topping tempe dan tahu goreng, tauge, telur dadar, sama irisan timun. Yang paling penting, nasi lengko ini disiram pake bumbu kacang bikin nafsu makan nambah.

Wajib deh cobain semua rekomendasi kuliner yang gak kalah enak dari empal gentong. Jadi, jangan cuma kenalnya empal gentong doang ya. Liburan ke Cirebon makin maknyus nyobain kuliner khas yang pastinya bikin ngiler.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY