Rekomendasi Makanan Khas Cirebon yang Layak Dicoba

makanan khas cirebon
Sumber: food.detik.com

Cirebon adalah salah satu kota di Indonesia yang terletak di daerah Jawa Barat. Kota Cirebon ini terletak di jalur Pantura. Cirebon cukup terkenal bagi orang yang berada di luar daerah karena kekayaan budayanya. Tidak hanya itu, Cirebon memiliki berbagai jenis jajanan dan makanan khas yang perlu dicoba. Makanan khas Cirebon apa saja yang layak dicoba? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

BACA JUGA: Makanan Khas Indonesia yang Mudah Dijumpai di Berbagai Kota

_______________

  1. Empal Gentong

Sumber: sajianlezat.com

Kalau membicarakan tentang kuliner khas dari Cirebon, hal pertama yang perlu disebutkan adalah empal gentong. Makanan yang satu ini cukup populer di luar daerah karena cara pembuatannya yang termasuk cukup unik. Makanan yang satu ini terbilang unik karena untuk memasaknya perlu memakai kuali tanah liat serta kayu bakar. Hasil akhir dari makanan ini adalah cita rasa gurih yang khas karena aroma dari api yang terbuat dari kayu. Makan ini di pagi hari atau ketika musim hujan akan sangat menggugah selera.

  1. Docang

Sumber:.goodnewsfromindonesia.id

Hidangan berkuah lain yang patut untuk dicoba adalah docang. Makanan yang satu ini juga sangat sayang untuk dilewatkan terutama kalau kamu termasuk penggemar makanan dari lontong. Docang ini terdiri atas lontong, tauge, singkong, kerupuk, parutan kelapa, serta sambal docang yang khas dari kacang. Semua komponen itu kemudian disiram dengan kuah panas yang diolah dari bumbu rempah paling mendasar di Indonesia, yakni oncom atau tempe bungkil.

  1. Nasi Lengko

Sumber: arsyafinproduction.co.id

Nasi lengko seringkali disebut juga dengan sego lengko. Sama halnya dengan namanya, komponen utama dari makanan ini adalah nasi. Kemudian, nasi tersebut ditaburi dengan berbagai macam lauk mulai dari potongan tempe, tahu goreng, tauge rebus, dan potongan mentimun.

Tidak hanya itu, nasi dan berbagai lauk itu kemudian disiram dengan bumbu kacang dan kecap manis lengkap. Untuk membuat rasa yang semakin kuat, ditambahkan taburan bawang goreng serta potongan daun kucai di bagian akhir. Biasanya, nasi lengko ini tersedia juga di gerai empal gentong.

  1. Empal Asam

Sumber: semangat45.co

Dari namanya, mungkin kamu mengira kalau makanan ini berkaitan dengan empal gentong, ya. Padahal, kedua makanan ini memiliki kuah yang benar-benar berbeda. Empal gentong memiliki kuah yang memiliki kandungan santan dan rempah. Hal itu berbeda dengan empal asam yang kuahnya cenderung bening karena bahan utamanya berupa kaldu dan belimbing wuluh.

Kamu yang menyukai kuah segar dan asam, sangat disarankan untuk mencoba empal asam ini. Wortel dan irisan daun bawang yang terkandung dalam makanan ini bisa mempersegar rasanya. Konsumsi ketika hangat, ya.

  1. Nasi Jamblang

Sumber: digstraksi.com

Makanan yang tak kalah populer lainnya adalah nasi jamblang. Sangking populernya, makanan ini hadir di menu pinggir jalan hingga hotel berbintang yang ada di Cirebon. Makanan ini memiliki rasa yang unik karena terbuat dari bahan dasar nasi yang dimasak dengan dibungkus daun jati. Nasi yang sudah dimasak tersebut kemudian disajikan dengan beberapa campuran lauk lainnya mulai dari ikan asin, tahu bacem, hingga jengkol.

_______________

BACA JUGA: Oleh-Oleh Makanan Khas Daerah yang Bisa Kamu Beli Online

Nah, itulah beberapa makanan khas Cirebon yang wajib dicoba ketika kamu ke sana atau sedang mampir melewatinya. Akan tetapi, sekarang kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mendapatkan bumbu dasar maupun bahan dasar dari makanan khas Cirebon di atas di Blibli. Toko online terlengkap di Indonesia ini menyajikan beragam bahan mentah atau bumbu dari nasi jamblang, empal asam, nasi lengko, docang, dan empal gentong yang bisa Blibli Friends beli, lho.

MAMPIR DI SUPERMARKET ONLINE NO.1 YUK!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY