Makanan Khas Betawi yang Jangan Sampai Terabaikan Untuk Dicoba

Sumber: kompas.com

Liburan ke Jakarta membuat kamu wajib catat apa saja makanan khas Betawi. Supaya tidak lupa, namun memang siapa saja yang datang ke Jakarta dan sekitarnya harus merasakan nuansa asli di sana dengan cara merasakan makanan khasnya. Setuju untuk wisata kuliner ketika di Jakarta nanti?

Penasaran dengan menu paling enak ala Jakarta? Simak beberapa pilihan makanan khas Betawi berikut!

BACA JUGA: Mudah Dibuat! Intip Resep Soto Betawi

_____________________

1. Semur Jengkol

Aneka Masakan Semur Jengkol yang Khas Indonesia Banget, Moms Pilih Mana?
Image Source: mommyasia.id

Agaknya tidak ada pecinta jengkol yang belum pernah coba makanan jengkol. Namun jika kamu salah satunya, meski sudah pernah coba, tetap saja harus jajan semur jengkol ketika di Jakarta nanti.

Lezat dan bikin ketagihan, namun harus membatasinya supaya tidak ada masalah perut. Akan ada banyak penjual semur jengkol yang akan kamu temui nantinya. Makanan yang asli dari Betawi, dibuat dari jengkol yang direbus dan dimemarkan, serta ditambahkan beberapa rempah sekaligus sehingga rasanya gurih.

Rempah seperti lengkuas, pala, dan serai yang sengaja ditambahkan akan membuat rasa jengkol yang tadinya biasa menjadi spesial. Sangat identik dengan Betawi, dapatkan nuansa menjadi warga lokal dengan cicipi makanan ini!

2. Soto Betawi

resep soto betawi
Image Source: shutterstock

Sop yang dibuat dengan kaldu daging dan sayuran bisa disebut sebagai soto Betawi. Bedanya dengan soto lainnya yang sama-sama terbuat dari kaldu daging adalah kaldu di soto ini jauh lebih kental. Karenanya, bisa kamu simpulkan bahwa cita rasanya akan sangat gurih. Kamu mungkin butuh es teh atau es jeruk supaya bisa tetap menikmatinya.

Tipsnya adalah saat menemukan penjual soto Betawi nanti tanyakan disajikannya dengan daging apa. Mayoritas soto Betawi memang disajikan dengan daging ayam dan sapi, namun sebagian ada yang disajikan dengan daging babi dan daging kambing. Memastikannya bisa bantu kamu tetap sehat apabila kamu punya alergi.

3. Gado-Gado Betawi

sumber: kumparan.com

Menyegarkan, mengenyangkan, dan juga identik dengan Betawi, jadikan makanan ini sebagai menu makan siang di sana. Paling nikmat jika soto Betawi disajikan dengan tauge, labu siam, sekaligus timun, kemudian dituangkan sambal di atasnya yang tidak terlalu pedas.

Lebih nikmat lagi jika ada kerupuk udang dan telur rebus. Wah, bikin ngiler, ya? Karena khas dari Betawi, banyak spot di Kota Jakarta nanti yang ada penjual makanan ini.

4. Ketoprak

Resep Ketoprak, Jadikan Sarapan di Rumah Lebih Menyenangkan
Image Source: www.masakapahariini.com

Sudah tahukah kamu bahwa ketoprak juga merupakan makanan khas dari Betawi? Mungkin sudah mungkin belum, namun intinya kamu juga jangan sampai tidak mampir ke penjual ketoprak ketika di Jakarta.

Ada yang disajikan dengan pedas, juga ada yang standar, kamu bisa pilih sesuai selera. Spesialnya ketoprak di lidah wisatawan dan warga lokal adalah terbuat dari lontong yang diiris-iris dan dilengkapi dengan berbagai sayuran sederhana dan saus kacang.

5. Nasi Uduk

Boleh jadi kamu beberapa makanan di atas tidak menggugah selera makanmu, namun jangan sampai nasi uduk gagal membuatmu ngiler. Nasi uduk di Jakarta cukup istimewa sehingga jangan sampai terabaikan hingga pulang ke kota asal.

_____________________

BACA JUGA: 6 Aneka Nasi Nusantara yang Sangat Populer

Tidak mungkin salah satu atau beberapa makanan khas Betawi di atas tidak ada yang membuatmu tertarik. Tambahkan cerita liburan selama di Jakarta dengan cerita bagaimana cita rasa makanan asli dari sana. Tapi jika kamu berada di luar kota ini dan ingin tetap menikmati lezatnya makanan khas Betawi ini, kamu bisa kok hanya memesannya lewat online di Blibli. Selain toko online serba ada, Blibli juga menjadi pusat makanan nikmat dan lezat lho.

Temukan Kuliner Terbaik Khas Indonesia di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY