Makanan Khas Aceh yang Lezat dan Tak Terlupakan, Jangan Sampai Tidak Jajan!

Sumber: pergikuliner.com

Banyak makanan khas Aceh yang terkenal sampai ke daerah-daerah lain. Menjadi makanan yang istimewa, wajar jika ada banyak dijumpai restoran-restoran di luar Aceh yang menghidangkan khusus makanan khas dari daerah ini. Bahkan mungkin di kota mu pun ada.

BACA JUGA: Makanan Khas Indonesia yang Mudah Dijumpai di Berbagai Kota

____________________

Daripada penasaran, yuk simak aneka sajian kuliner Aceh mulai mie hingga sate berikut.

1. Mie Aceh

Makanan khas Indonesia

Jangan samakan dengan mie pada umumnya. Tidak sama dengan olahan mie keriting, mie telor, bakmi, atau sejenisnya, mie aceh ini dibuat dengan resep khusus yang akan kamu rasakan sendiri keistimewaannya nanti. Mau tahu bahan apa saja yang dipakai?

Mie basah, udang kupas, daging sapi, daging ayam, tomat, kol, tauge, hingga susu sapi, semua ini dicampur lho. Pernah membayangkan makanan yang dibuat dengan semua bahan ini? Meski ada beberapa bahan ‘berat’ sekaligus yang digunakan, penyajiannya hanya butuh sekitar 15 menit saja.

Tidak lama untuk membuatnya, sehingga ketika kamu kulineran di Aceh dengan sisa waktu sedikit, kamu tahu kuliner apa yang harus dicoba.

2. Mie Jalak Sabang

Mie Jalak Sabang
Image Source: www.sumber.com

Masih dengan makanan khas Aceh olahan mie, kali ini namanya mie jalak sabang. Juga biasa disebut dengan mie aceh sabang, bagi yang tidak detail mengamatinya akan mengira mie ini serupa dengan mie aceh yang sebelumnya dibahas.

Disajikan dengan emping dan acar yang banyak, rasanya adalah campuran gurih dan juiy secara bersamaan, namun juga crunchy karena empingnya. Kamu yang belum pernah makan emping, harus cobain keripik khas yang satu ini.

3. Sate Matang

Jika hanya dilihat saja, wujudnya seperti sate ayam pada umumnya. Dengan tusuk, daging, dan warnanya yang coklat, nuansa di sekitar kamu akan berbeda setelah mencobanya.

Daging yang akan disajikan adalah daging kambing, perbedaan dengan sate pada umumnya adalah jumlah jenis rempah. Untuk membuat sate matang dibutuhkan banyak jenis rempah supaya bisa benar-benar istimewa cita rasanya nanti. Beberapa diantaranya adalah kunyit, serai, lengkuas, kemiri, ketumbar, dan bawang-bawangan. Itupun masih ditambah daun pepaya sehingga rasanya semakin unik saja.

4. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap khas Aceh #JagoMasakMinggu10Periode2
Image Source: yummy.co.id

Dalam satu piring yang akan disajikan nanti, kamu hanya akan melihat warna hijau dan coklat. Untuk membuatnya harus digunakan satu ekor ayam kampung yang masih muda. bukannya tanpa alasan, ayam tangkap tanpa ayam yang masih muda bukan lagi ayam tangkap.

Bahan yang membuat cita rasanya sangat gurih dan bikin kangen adalah serai, jahe, dan lengkuas sekaligus. Mungkin juga akan menjadi ayam pertama yang kamu makan yang diolah dengan daun pandan. Ya, daun pandan juga harus digunakan dalam pengolahan ayam tangkap.

5. Eungkot Keumamah

Keumamah, si Ikan Kayu Warisan para Pejuang Aceh
Image Source: merahputih.com

Jika makanan sebelumnya akan membuatmu hanya melihat warna hijau dan coklat yang segar, makanan kali ini memiliki dua warna itu namun lebih layu atau gelap. Bahkan mungkin yang kamu temui nanti berwarna coklat keseluruhan.

Terlepas dari warnanya, yang harus kamu tahu dari eungkot keumamah adalah bahan utamanya yang berupa ikan tuna. Ikan tuna yang nantinya diolah dengan daun kari, daun salam, dan cabai hijau. Sebenarnya masih banyak lagi bahannya, namun makanan khas ini identik dengan tiga bahan tersebut.

____________________

BACA JUGA: Daftar Kopi Indonesia yang Paling Enak dan Mendunia

Tahu apa saja pilihan makanan khas Aceh tentu saja kurang. Kamu juga harus tahu di mana penjual makanan-makanan ini berada sehingga bisa cobain langsung. Blibli akan membantu kamu menemukannya. Semua makanan khas di atas bisa kamu cobain dengan info detail serta harganya.

Temukan Kuliner Terbaik Khas Indonesia di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY