Sebagai orang tua, moms tentu mengharapkan si kecil tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas. Namun, seringkali moms berpikir kalau si kecil hanya bisa menjadi pintar bila dilengkapi dengan fasilitas yang harganya cukup berat di kantong.

Padahal, pemikiran seperti itu nggak benar lho moms! Cara paling efektif untuk membimbing si kecil menjadi anak yang pintar itu adalah dengan mengajaknya bermain. Tentunya bukan permainan sembarangan, namun mainan yang tepat guna untuk mengembangkan kemampuan motorik serta berpikirnya.

Kira-kira mainan si kecil yang seperti apa ya yang efektif, namun tetap memiliki harga terjangkau? Yuk, moms langsung simak!

1. Mainan alur kawat untuk melatih otak dan motorik halus si kecil

Mainan alur kawat mungkin nampak sederhana bila dibandingkan dengan mainan canggih lain. Akan tetapi, mainan si kecil ini nggak boleh diremehkan! Mainan alur kawat sudah terbukti dapat membantu meningkatkan kemampuan koordinasi tangan dan mata, kemampuan berpikir, serta daya imajinasi si kecil, lho!

Nggak hanya itu, mainan ini juga dapat moms gunakan untuk melatih tingkat konsentrasinya serta membantunya mengenal bentuk dan warna dengan lebih mudah. Manfaatnya yang banyak itu pun bisa moms dapatkan hanya dengan harga Rp57,800! Sangat ramah di kantong bukan?

2. Pandai berhitung dengan sempoa

Ingin si kecil menjadi anak yang pintar dan juga menyukai pelajaran matematika? Ajak saja ia bermain sempoa sejak usianya 3 tahun. Bermain sempoa mampu melatih konsentrasi, memori fotografis, dan ketajaman otak si kecil. Hal ini disebabkan karena ia harus membayangkan biji sempoa sebagai lambang dari angka perhitungan.

Untuk memainkannya, moms hanya perlu menggeser-geser biji sempoa ke atas dan ke bawah. Sebelum bermain, moms juga harus belajar cara mengoperasikannya dulu ya! Mainan si kecil ini dapat moms peroleh dengan harga Rp93,500.

3. Melatih problem solving dengan shape sorter

Agar dapat menjadi anak yang pintar logika dan skill pemecahan masalah, si kecil haruslah moms latih sejak usianya masih dini. Untuk itu, moms bisa menggunakan mainan menara kunci shape sorter ini saat ia berusia 3 tahun.

Mengeluarkan dan memasukkan potongan kayu warna warni dari tiang beraneka bentuk itu membutuhkan daya imajinasi serta skill pemecahan masalah yang baik. Cara bermain yang cukup kompleks ini akan merangsang otak si kecil untuk mencari solusi yang tepat. Mainan yang cukup menantang ini bisa moms dapatkan dengan harga Rp92,400.

4. Familiar bermain musik dengan xylophone

Menurut hasil studi, si kecil yang familiar dengan suara musik cenderung memiliki kemampuan bahasa dan membaca yang baik. Akan tetapi, studi lain menunjukkan bahwa si kecil yang langsung terlibat dalam menciptakan suara musik tersebut akan memiliki IQ dan skill sosio-emosional yang lebih baik.

Jadi, agar si kecil tumbuh menjadi anak yang pintar, moms harus mengajarinya memainkan alat musik sejak usianya masih dini. Ajarilah ia memukul xylophone sambil mengajaknya bernyanyi. Dengan begitu si kecil akan lebih tertarik lagi untuk memainkan mainan ini. Xylohphone ini bisa moms dapatkan dengan harga Rp80,000 di Blibli.com.

5. Mengenal bentuk melalui menara balok

Mengenal bentuk dan warna tentunya harus dilakukan secara menyenangkan! Untuk itu, moms bisa memberikan si kecil menara balok beragam warna ini. Sambil menyusun balok sesuai dengan bentuknya, jangan lupa untuk terus menyebutkan warna balok tersebut agar si kecil dapat mengingat warnanya.

Ajarilah dia untuk menyusun balok kayu yang ada berdasarkan ukurannya — dari yang terbesar hingga yang terkecil — secara perlahan. Sambil menyusun, motorik halus si kecil pun akan turut terlatih. Mainan si kecil yang fungsional ini dibanderol dengan harga sebesar Rp92,400. Cukup terjangkau bukan?

6. Balok tetris untuk melatih kreativitas si kecil

Permainan balok tetris memang mainan sepanjang masa! Nggak hanya seru untuk dimainkan, balok tetris juga dapat membantu si kecil untuk mengasah daya ingat, kreativitas, serta kemampuan pemecahan masalahnya selagi ia merangkai tiap balok yang berbeda bentuk itu.

Sambil seru bermain dengan moms, usaha si kecil menaruh balok kayu ke dalam kotak juga akan melatih sistem motoriknya. Satu permainan, bermacam kemampuan pun dipelajari! Balok tetris ini bisa moms dapatkan untuk si kecil di Blibli.com hanya dengan harga Rp58,888, lho!

7. Mengenal campuran warna yang unik

Percampuran warna itu sungguh menakjubkan! Moms harus memperlihatkan pada si kecil bahwa percampuran warna itu dapat menghasilkan warna yang lain. Si kecil pasti akan takjub melihat warna hijau yang muncul dari campuran warna biru dan kuning!

Ayo moms ajak si kecil melatih kreativitasnya dengan mencampur warna untuk mewarnai kaos yang akan dipakainya! Si kecil pasti merasa senang dapat mengenakan baju hasil karyanya sendiri. Yuk, moms segera dapatkan kaos mewarnai ini. Harganya cuma Rp85,000 lho!

Ketujuh mainan si kecil yang harganya terjangkau ini memiliki banyak manfaat, bukan? Sudah terbukti deh kalau si kecil yang pintar itu nggak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi.

Ingat moms, si kecil itu bisa tumbuh jadi anak yang pintar hanya bila moms tetap berusaha dan terus hadir menemaninya mengeksplor banyak hal baru. Tentunya juga dilengkapi dengan pilihan mainan si kecil yang tepat guna serta nutrisi yang terbaik untuknya.

Yuk, moms cari mainan si kecil yang lain untuk membantunya menjadi anak yang pintar di Blibli.com!

8. Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY