Mainan Anak yang Cocok Dibawa Liburan ke Luar Kota

Melakukan perjalanan jauh bersama anak –dalam rangka mudik atau liburan- bisa jadi tantangan tersendiri untuk orangtua. Bayangkan saja, si kecil yang biasanya aktif bergerak, diharuskan duduk selama berjam-jam di kendaraan. Pasti ia merasa bosan, dan bahkan cranky.

Sebenarnya, Moms sudah punya “senjata” untuk menenangkan anak yang bosan saat perjalanan: gadget. Alat itu memang menjadi cara praktis yang bisa membuat anak diam berjam-jam. Tapi, apa iya Moms mau melihat anak tertunduk terus melihat layar sepanjang perjalanan?

Sebagai alternatif gadget, Moms bisa membawa mainan anak yang cocok dibawa liburan ke luar kota. Berikut beberapa mainan yang bisa dipilih.

Papan Gambar Magnetik

null

Untuk mengasah kreativitas anak, Moms bisa mengajak si kecil menggambar saat di perjalanan. Ia bisa melukiskan benda dan hewan yang dilihat di luar jendela kendaraan atau sesuatu berdasarkan imajinasinya sendiri. Kegiatan menggambar ini bisa mengatasi rasa bosan anak selama di kendaraan.

Biar praktis, Moms bisa membawa papan tulis magnetik sebagai media gambar. Ia bisa melukiskan banyak hal di atas papan yang mudah dihapus, tanpa harus boros kertas. Agar pensil gambar tidak sering jatuh, Moms bisa mengikatkannya pada papan gambar.

CEK EMCO 8128 COLOUR MAGNET DOODLE YANG DIRANCANG KHUSUS UNTUK DIBAWA BEPERGIAN

Puzzle

null

Mainan puzzle bisa memberikan banyak manfaat buat anak. Puzzle bisa meningkatkan kemampuan spasial, mengembangkan pola pikir, mengasah kemampuan motorik, hingga melatih koordinasi mata dan tangan. Saat si kecil mengerjakan puzzle, ia akan fokus menyelesaikan masalah dan melupakan rasa bosan di perjalanan.

Mungkin, Moms tidak pernah terpikir untuk membawa puzzle sebagai mainan yang cocok dibawa untuk menemani perjalanan anak. Pasalnya, puzzle terdiri dari beberapa bagian kecil yang bisa saja jatuh dan berserakan di kendaraan yang bergerak. Tapi, Moms bisa memilih puzzle yang dilengkapi kotak penyimpan dan magnet untuk menghindari kemungkinan kejadian tersebut. Kalau bisa, Moms juga mendampingi si kecil saat ia mencoba menyelesaikan puzzle.

ELC MY MAGNETIC PATTERN BOARD, PUZZLE DENGAN KOTAK PENYIMPANAN AGAR MAINAN TIDAK TERCECER

Buku

null

Jika Moms sudah kehabisan ide permainan, coba bacakan cerita untuk si kecil. Dongeng dan kisah-kisah pilihan Moms bisa membuat anak fokus memperhatikan ibunya. Ia tak lagi terpaku pada rasa kesal karena harus duduk diam dalam waktu lama.

Kalau merasa kerepotan membawa buku bacaan biasa yang memberatkan, Moms bisa memilih soft book untuk bahan bacaan anak. Soft book cocok buat bayi dan anak balita. Memang sih, soft book biasanya tidak mengandung cerita panjang, hanya beberapa gambar dan tulisan singkat sederhana di setiap lembarnya. Tetapi, Moms bisa mendeskripsikan gambar tersebut dengan panjang lebar kepada anak sehingga ia mau mendengarkan.

PILIH WHAT CAN YOU SEE 1 2 3 SOFT BOOK YANG DILENGKAPI KLIP C SEHINGGA BISA DILEKATKAN KE KURSI MOBIL

Boneka

null

Selain buku, Moms juga bisa membawa boneka sebagai media untuk mendongeng. Boneka tangan berbentuk karakter unik akan membuat cerita Moms semakin hidup. Saat bercerita, Moms bisa membuat suara lucu sehingga si kecil merasa bahwa boneka yang sedang berbicara.

Jika tidak ada boneka tangan, Moms juga bisa membawa boneka kesayangan anak yang tidak terlalu besar untuk menemaninya tidur selama perjalanan. Si kecil akan merasa senang karena “sahabat” baiknya diajak liburan juga. Selain itu, bila anak bertemu saudara atau teman sebaya di tempat tujuan liburan, ia bisa memainkan bonekanya bersama.

GUND FILMORE HAND PUPPET INI DIDESAIN FUN DAN PLAYFUL

Crocodile Dentist

Permainan seru yang satu ini ukurannya tidak terlalu besar dan praktis untuk dibawa liburan ke luar kota. Saat menekan salah satu gigi buaya dan menanti reaksinya, si kecil akan merasakan ketegangan dan kegembiraan pada saat yang bersamaan. Jadi, kalau anak sudah hampir cranky, permainan ini akan mengubah mood seketika.

Crocodile dentist memang cocok untuk dimainkan bersama keluarga. Jadi, Moms bisa mengajak si kecil, sang kakak, dan ayah untuk bermain bersama di tempat tujuan traveling. Kalau tujuan liburan kali ini adalah ke rumah kakek-nenek atau saudara lainnya, maka si kecil bisa mengajak sepupu-sepupunya untuk bermain crocodle dentist. Permainan ini akan mendekatkan hubungan persaudaraan di antara mereka.

MOMS BISA TEMUKAN MAINAN CROCODILE DENTIST DI SINI

Intinya, mainan yang cocok dibawa untuk liburan ke luar kota adalah benda-benda yang praktis, bisa membuat si kecil fokus, dan tentu saja seru. Semoga ide-ide permainan di atas bisa “menyelamatkan” si kecil dari perasaan bosan selama perjalanan menuju tempat liburan. Permainan tersebut juga bisa mendekatkan hubungan anak dengan keluarga.

Eh, kalau baru membaca artikel ini setelah sampai di tempat tujuan liburan, Moms bisa memesan mainan-mainan tersebut di Blibli.com sekarang. Blibli.com menyediakan layanan fast delivery buat Moms yang membutuhkan mainan anak dengan segera. Jadi, Moms dan si kecil bisa memainkannya saat perjalanan pulang nanti.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY