Madu Alami dari Gunung Muria

Potensi Desa Glagah Kulon, Kabupaten Kudus ada pada madu alami. Itu sebabnya desa di kawasan Gunung Muria itu menyebut diri sebagai Desa Wisata Madu.

Madu juga yang menjadi salah satu komoditas andalan Badan Usaha Desa (BUMDes) Maju Jaya berwirausaha. Sebagai salah satu UMKM binaan Djarum Foundation, Maju Jaya berkesempatan mendapatkan pelatihan dan pendampingan tentang cara memanfaatkan pemanfaatan e-Commerce sebagai salah satu saluran pemasaran produk madu desa tersebut. Pelatihan itu dilaksanakan di Kantor Kelurahan Desa Glagah Kulon, Kabupaten selama 3 hari, dari 17-19 September 2019, dengan dipandu langsung oleh tim Galeri Indonesia, Blibli.com.

Pelatihan itu bukan hanya melulu di ruangan, tapi juga merambah ke praktik, mulai dari proses pembuatan toko online, mengunggah produk hingga merespons order. Bukan hanya itu, tim Galeri Indonesia, Blibli.com juga memberikan tips dan trik bagaimana memperlebar saluran digital, dengan membuat pemasaran konten melalui Instagram dan Facebook.

Melalui Novi, salah satu pengurus BUMDes Maju Jaya, pelatihan 3 hari itu juga mencakup strategi pemasaran hingga membuat foto atau konten menarik sebagai bagian tak terpisahkan dari sebuah proses pemasaran digital.

Sari Bunga Madu Asli Gunung Muria
Sari Bunga Madu Asli Gunung Muria

“Terima kasih kepada Djarum Foundation dan Blibli.com, kami sudah mendapatkan pelatihan selama 3 hari, bagaimana memasarkan produk secara online,” sebut Novi kepada Galeri Indonesia, seusai pelatihan.

Rasa terima kasih juga diucapkan H Sukarwi, Kepada Desa Glagah Kulon, Kabupaten Kudus.

“Ragam kegiatan seperti pengetahuan tentang eCommerce sampai dengan cara mengemas produk menjadi bekal kami agar dapat memasarkan potensi Glagah Kulon menuju pasar yang lebih luas lagi,” lanjut Sukarwi kemudian.

Salah satu cara agar desa lebih sejahtera, maju, dan profesional adalah dengan mengoptimalkan peran BUMDes. Guna mewujudkan BUMDes yang berkompeten dan sanggup melayani kebutuhan warganya, Djarum Foundation dan Blibli.com membantu melebarkan sayap pemasaran produk madu BUMDes Maju Jaya di ranah digital. Nikmati madu alami dari Gunung Muria beserta dengan khasiatnya, llangsung diproduksi oleh UMKM BUMDes Maju Jaya di Galeri Indonesia, Blibli.com, melalui tautan ini.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY