Macam-Macam Sepeda Sesuai Fungsinya

Dec 03, 2020.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Masih ingat, nggak, waktu kecil kamu pertama kali belajar bersepeda? Meski sering jatuh, tapi akhirnya kamu bisa mengayuh sepeda roda duamu sendiri. Bahkan, kamu jadi hobi bersepeda sampai sekarang. Akan tetapi, apa kamu sudah tahu macam-macam sepeda? Sebab, jenis sepeda nggak hanya satu macam saja, lho. Ada banyak macamnya dengan fiturnya masing-masing.

Bagi Blibli Friends yang suka banget bersepeda, mungkin kamu senang mengoleksinya di rumah. Atau setidaknya, kamu perlu tahu lebih detail tentang variasi sepeda ini. Sebab, kalau dilihat sekilas, sepertinya rata-rata sepeda, ya, seperti itu. Nggak ada perbedaan yang signifikan antara satu sepeda dan lainnya. Namun, sebenarnya sepeda yang satu berbeda dari yang lain. Yuk, kenali aneka macam sepeda secara singkat.

BACA JUGA: Spesifikasi Sepeda Listrik Xiaomi Himo Z20

_________________________

1. Sepeda Gunung

Sepeda gunung juga dikenal dengan istilah All Terrain Bike (ATB) atau Mountain Bike (MTB). Sepeda jenis ini digunakan untuk melalui medan yang berat. Ciri khas sepeda gunung adalah ringan, kerangkanya terbuat dari baja, aluminium dan kini juga ada yang memakai bahan komposit serat karbon, dan shock breaker atau peredam guncangan.

Selain itu, bannya mampu dengan kuat mencengkeram tanah. Sepeda gunung dilengkapi 18-30 gear pindah untuk mengatur kecepatan serta kenyamanan saat kamu mengayuh pedalnya.

BELI SEPEDA GUNUNG BERKUALITAS DI SINI

2. Sepeda Lipat

Makin banyak orang yang menggunakan sepeda lipat. Jenis sepeda lipat terbagi atas ukuran diameter ban. Ada dua ukuran sepeda lipat. Pertama, ukuran standar 16 dan 20 inci. Kedua, ukuran besar 24 inci. Nah, seperti namanya, ini adalah jenis sepeda yang bisa dilipat sehingga ukurannya fleksibel dan sifatnya lebih portabel.

Kemudian, ingat bahwa sepeda lipat cuma untuk digunakan di jalan rata beraspal. Jangan pernah menggunakannya untuk medan berat offroad atau dibuat freestyle. Pada sepeda lipat juga umumnya nggak ada shock depan, jadi hindari jalan yang nggak rata seperti polisi tidur atau jalanan berlubang. Lalu, hal paling penting untuk diperhatikan sebelum beli sepeda lipat adalah ukuran roda dan dimensinya setelah dilipat. Kalau kamu bakal sering membawanya bepergian, pilih yang dimensi lipatannya kecil.

BELI SEPEDA LIPAT BERKUALITAS DI SINI

3. Road Bike

Road bike adalah sepeda balap yang sangat populer. Ini sebenarnya adalah jenis sepeda yang paling umum. Jadi, banyak yang menggunakan sepeda ini. Namun, road bike juga masih dibedakan lagi berdasarkan penggunaannya. Secara umum yang paling sering kita jumpai ada tiga macam road bike.

Pertama, road bike tipe versatile yang bisa digunakan di kawasan perkotaan atau pun off-road, sepeda ini nyaman di jalan beraspal maupun berbatu atau tidak rata, karena bannya tebal. Kedua, ada road bike tipe endurance untuk bersepeda jarak jauh seperti long touring 50 km atau 100 km atau bahkan lebih. Ketiga, sepeda road bike tipe competitive yang didesain untuk balap sepeda, dengan ciri bobot ringan dan kontrol yang tinggi.

BELI SEPEDA ROAD BIKE BERKUALITAS DI SINI

4. Sepeda Listrik

Istilah lainnya adalah e-bike atau powerbike. Ini merupakan jenis sepeda yang menggunakan motor listrik untuk alat bantu gerak. Umumnya, sepeda listrik memiliki pedal seperti biasa untuk mengayuh dan menggerakkannya.  Sementara, sepeda motor listrik tidak menggunakan pedal untuk penggeraknya. Sebagai sumber daya, sepeda listrik memakai baterai isi ulang. Salah satu sepeda listrik yang mulai dicari adalah Vintage Bike Electric.

CEK DAFTAR HARGA SEPEDA LISTRIK DI SINI

_________________________

BACA JUGA: Ini Tips Membeli Sepeda untuk Dukung Aktivitasmu

Nah, itu tadi macam-macam sepeda yang bisa kamu pelajari. Ini sangat bermanfaat terutama buat kamu yang sedang ingin membeli sepeda. Kamu jadi lebih paham tentang jenis sepedanya dan fungsinya, mana yang paling pas untuk kebutuhanmu. Semua sepeda ini bisa kamu beli di Blibli, lho. Lengkap pilihannya dan lagi ada promo spesial buat kamu. Buruan, yuk, beli sekarang!

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel