me

Mengenal Macam Macam Minyak Herbal dan Khasiatnya

Jun 11, 2024.By Nadine
Bagikan

freepik.com/author/freepik
Ini dia macam macam minyak herbal dan khasiat yang perlu kamu tahu!

Minyak herbal memang menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan khasiat pasti dan aman banget untuk tubuh tanpa ada efek samping apapun yang didapatkan. Apalagi di Indonesia sendiri bahan bakunya sangat melimpah nggak heran kalau produksi minyak herbal ini memang nggak ada matinya. Ada minyak herbal apa saja sih? Cek macam-macam minyak herbal dan khasiat lengkapnya di sini!

Baca juga:


Minyak But But

Minyak But But - Macam Macam Minyak Herbal
blibli.com

Minyak but but merupakan salah satu minyak herbal yang punya banyak khasiat untuk tubuh. Bahan yang digunakan hanyalah perpaduan bahan alami tanpa ada campuran kimiawi di dalamnya sehingga membuatnya sangat aman digunakan. Ada tiga bahan utama yang menjadi kunci penting dari minyak ini yakni kencur, cengkeh dan brotowali. 

Cengkeh mengandung anti inflamasi dan senyawa aktif eugenol untuk meredakan peradangan. Kemudian kencur bagus banget untuk kebutuhan antioksidan dan menghentikan peradangan. Terakhir brotowali punya kandungan alkaloid dan flavonoid yang bagus banget untuk analgesik. Sangat aman dipakai untuk mengobati banyak hal yang berkaitan dengan peradangan. 

Manfaat pertama yang diberikan oleh minyak but but ini adalah meredakan nyeri perut. Kamu bisa mengoleskan minyak but but secukupnya di permukaan perut dan punggung. Sangat cocok untuk meredakan nyeri dalam bentuk apapun termasuk nyeri haid. Manfaat keduanya adalah mengurangi nyeri punggung akibat beban olahraga atau lelah.

Nggak hanya itu saja minyak but but juga bagus banget digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Kamu bisa langsung mengoleskannya ke permukaan kulit untuk mendapatkan elastisitas, kelenturan dan juga kelembaban yang maksimal. Sangat aman dipakai untuk pemilik kulit apa saja termasuk yang sensitif sekalipun. Jadi, kamu nggak perlu khawatir untuk mencobanya. 

Minyak Zaitun 

Minyak Zaitun
freepik.com/author/chandlervid85

Minyak herbal kedua yang perlu kamu tahu adalah minyak zaitun. Minyak alami ini berasal dari ekstrak buah asli zaitun. Di dalamnya banyak mengandung asam oleat dengan banyak manfaat menarik di dalamnya. Minyak ini dibedakan menjadi tiga varian menarik seperti pure, virgin dan extra virgin sesuai dengan kebutuhanmu. 

Bagusnya minyak zaitun ini bisa dimanfaatkan untuk konsumsi dalam tubuh dan juga untuk kebutuhan obat luar tubuh biasanya untuk merawat kulit. Hal ini dibedakan sesuai dengan jenis atau tipe minyak zaitun yang kamu beli, jangan sampai salah memilih. Minyak zaitun untuk kebutuhan memasak dan tambahan bahan makanan biasanya adalah minyak yang murni tanpa tambahan. 

Manfaat pertama yang diberikan oleh minyak zaitun ini adalah membantu menjaga kelembaban kulit lebih maksimal. Sangat cocok untukmu yang punya masalah dengan kulit sangat kering bisa banget mengoleskan minyak ini ke semua area kulit tubuhmu. Cocok juga digunakan untuk campuran lotion maupun masker wajah biar hasilnya maksimal. 

Manfaat selanjutnya adalah untuk kesehatan tubuh seperti halnya mampu menjaga kadar kolesteriol, mengontrol tekanan darah, mengurangi resiko serangan jantung dan aman banget untuk mengurangi lemak jahat dalam tubuh. Banyak orang yang sedang diet penurunan berat badan menggunakan minyak zaitun untuk pengganti minyak goreng biasa. 

Minyak Adas 

Minyak Adas - Macam Macam Minyak Herbal
draxe.com

Minyak adas menjadi minyak ketiga yang bisa kamu pertimbangkan penggunaannya. Minyak ini terbuat dari biji tanaman yang hampir sama dengan yang ada pada minyak telon. Adas sendiri berasal dari daerah Laut Tengah Timur terlebih di bagian Italia ke Timur sampai dengan Suriah. Minyak ini memang bukan asli Indonesia namun penggunaannya sudah sangat umum. 

Minyak adas memang diperuntukkan sebagai penggunaan obat luar umumnya sebagai olesan untuk bayi maupun anak-anak yang rewel akibat ada yang nggak beres pada tubuhnya. Minyak ini memiliki sifat karminatif untuk membantu meredakan perut bayi yang kembung dan juga melancarkan pencernaan mereka biar tetap sehat. 

Nggak hanya itu saja minyak adas juga mengandung senyawa aktif yang bagus banget untuk meningkatkan nafsu makan anak, menyegarkan nafas dan juga membantu menyembuhkan peradangan lebih cepat. Bakalan jadi obat yang ampuh banget digunakan untuk menyembuhkan hal-hal yang biasanya membuat anak kecil suka rewel. 

Minyak ini juga memiliki manfaat yang bagus banget untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kualitas tidur maupun membantu tidur lebih puas bagi yang kesulitan tidur, menyeimbangkan hormon dan bisa untuk mengobati rasa sakit akibat nyeri maupun tekanan. Caranya cukup digunakan sebagai minyak pijat di bagian-bagian yang membutuhkan. 

Minyak Habbatussauda

Minyak Habbatussauda
freepik.com/author/jcomp

Minyak keempat yang perlu kamu tahu adalah habbatussauda. Minyak ini berasal dari salah satu jenis tanaman yang tumbuh di wilayah subtropis (Asia Selatan dan Asia Barat). Sebutan lain dari habbatussauda adalah jintan hitam yang punya banyak manfaat untuk kesehatan termasuk sebagai bumbu penyedap makanan yang khas banget. 

Ada banyak kandungan bagus di dalam minyak habbatussauda ini untuk digunakan yakni thymoquinone, carvacrol. Flavonoid, antioksidan, vitamin, fosfor, zat besi, zinc, kalsium, protein dan serat. Penting dipahami kalau habbatussauda juga sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu (dalam kepercayaan Islam) untuk menyembuhkan penyakit. 

Manfaat yang diberikan oleh minyak habbatussauda ini ini adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan menjadi lebih baik. Di dalamnya banyak mengandung minyak atsiri yang bagus banget meredakan kembung dan sakit perut yang mengganggu. Manfaat keduanya adalah untuk melawan bakteri dalam tubuh biar menghambat pertumbuhan bakteri yang membahayakan tubuh. 

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dari habbatussauda ini adalah sebagai penawar racun, menjaga kadar gula darah, membantu menurunkan kadar kolesterol, melawan bakteri dalam tubuh dan juga menjaga kesehatan tubuh menjadi lebih baik. 

Minyak Bunga Telang 

Minyak Bunga Telang - Macam Macam Minyak Herbal
freepik.com/author/jcomp

Bunga telang memang banyak banget manfaatnya untuk tubuh. Sampai akhirnya untuk memudahkan proses penggunaannya pada tubuh bunga telang diubah menjadi ekstrak minyak sehingga bisa lebih praktis saat digunakan. Kandungan penting di dalamnya adalah antioksidan, flavonoid, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C sampai dengan delphinidin yang dibutuhkan tubuh. 

Setelah diekstrak menjadi minyak bunga telang jadi lebih banyak manfaatnya untuk tubuh. Pertama, minyak ini cocok untuk membantu menurunkan demam. Kamu bisa menggunakannya untuk bahan olesan pada tubuh anak atau bayi yang demam untuk membantu penurunan suhunya. Kemudian minyak ini juga membantu meringankan gejala alergi yang mungkin terjadi. 

Manfaat berikutnya adalah minyak bunga telang ini bagus banget mengatasi rambut rontok. Kamu bisa banget menggunakan minyak bunga telang untuk olesan kulit kepala dan rambut biar kesehatannya menjadi lebih baik. Minyak bunga telang juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit seperti halnya mengurangi kerutan dan juga menjaganya tetap lembab. 

Minyak bunga telang ini aromanya sangat ringan dan nyaman cocok juga digunakan untuk kebutuhan relaksasi untukmu. 


Baca juga

Bagaimana Blibli Friends? Kamu tertarik untuk membeli semua rekomendasi minyak herbal di atas? Jangan khawatir karena semuanya sudah tersedia lengkap hanya di Blibli saja. Ada banyak diskon, harga terjangkau dan jaminan produk asli hanya untukmu. Langsung cek dan beli semuanya sekarang juga!