me

Macam-macam Dinamo Sepeda Listrik, Simak Rekomendasinya!

Nov 02, 2022.By Rio
Bagikan

image source: dinamomu.blogspot.com

Bentuknya yang ramping dan ringan serta cocok dipakai semua kalangan bikin sepeda jadi menarik untuk dijadikan alat transportasi sehari-hari maupun berolahraga. Dan kini sepeda juga hadir dengan wajah fresh yang menawarkan kepraktisan dan kemudahan yakni sepeda listrik.

Ramah lingkungan, nggak bikin capek, nggak bikin polusi, nggak perlu surat ijin mengemudi jadi alasan orang jatuh hati pada sepeda listrik. Nah, sepeda listrik ini punya ciri khas utama yakni dilengkapi dinamo. Selain itu juga ada komponen-komponen lainnya yang masing-masing punya fungsi tersendiri. Mulai dari handle gas, baterai sampai controller

Baca juga: Jenis-jenis Sepeda Brompton, Apa Saja?


Fungsi Dinamo Sepeda Listrik

Salah satu komponen penting yang ada pada sepeda listrik adalah dinamo atau sering juga disebut motor penggerak. Pada sepeda konvensional dinamo mengubah energi gerak jadi energi listrik yang sumbernya dari perputaran roda sepeda. Punya fungsi untuk menghasilkan gerakan putaran tenaga sehingga mendorong sepeda bergerak dan untuk menyalakan lampu.

Sedangkan pada sepeda listrik, motor penggerak ini bisa mengubah energi listrik jadi energi gerak yang bikin sepeda bisa bergerak seperti motor. Dinamo yang dipakai pada sepeda listrik adalah DC dengan arus searah.

Sepeda listrik bisa dipakai secara opsional yakni dengan cara gowes atau menggunakan dinamo untuk bergerak. Selain untuk menggerakkan sepeda, menstater, dinamo yang ditempatkan pada bodi sepeda ini juga berfungsi untuk menyalakan lampu dan membunyikan bel.

Dinamo akan berputar jika ada aliran listrik dari aki atau baterai yang sebelum digunakan harus diisi penuh. Nah, adanya perputaran dinamo bisa memicu perputaran pada roda belakang sehingga sepeda listrik bisa berjalan. Jika baterai dalam kondisi penuh umumnya sepeda listrik bisa dipakai sampai 60 km jauhnya. Tapi pastikan selalu cek kondisi baterai, ya biar nggak kehabisan baterai waktu di perjalanan.

Macam-macam Dinamo Sepeda

Bukan sepeda listrik namanya kalau nggak punya dinamo. Motor penggerak ini memang jadi salah satu komponen sepeda listrik yang paling utama. Dinamo ini punya fungsi sebagai penghasil tenaga yang menggerakkan sepeda. Secara umum motor penggerak atau dinamo yang ada pada sepeda listrik ada dua macam yaitu brused DC dan BLDC (brushless DC).

Brused DC

Pada dinamo brused DC, unit brush terdapat carbon brush yang terbuat dari arang. Jika ingin harga yang lebih ramah di kantong bisa memilih dinamo brused DC. Dinamo jenis ini sering digunakan di jenis mainan otoped. Tapi, kamu juga bisa kok menggunakannya buat dinamo sepeda listrik. Buat satu set dinamo jenis DC, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 800 ribuan. Kalau Blibli Friends tertarik beli versi second, biasanya tersedia dengan kisaran harga Rp 300 ribuan.

Brushless DC (BLDC)

Sementara jenis dinamo sepeda yang kedua adalah brushless DC yang pakai magnet untuk menghasilkan tenaga. Apabila dinamo sepeda yang dimiliki ingin yang lebih awet brushless DC adalah pilihan tepat walaupun umumnya dipatok dengan harga yang lebih tinggi. Jenis dinamo BLDC yang paling banyak ditemui adalah jenis buat Motor E-Bike Planetary 350 W. harganya saja sudah mencapai 1,8 jutaan, lho. Semakin besar output watt yang dihasilkan, harganya juga bisa lebih mahal. Apalagi, ada yang bisa mencapai sampai 3 jutaan, lho.

Cara agar Dinamo Sepeda Listrik Awet

Dan supaya dinamo sepeda listrik bisa awet dan bekerja dengan maksimal butuh memperhatikan beberapa hal, antara lain:

1. Menghindari benturan keras pada box dinamo

Walaupun dilengkapi cover tetapi bila sepeda sering mengalami benturan bisa bikin bagian cover rusak dan retak, lho. Maka dari itu, sebisa mungkin menghindari benturan pada bagian box tersebut, yaa.

2. Jangan Samapai Tergenang air

Menghindari dinamo tergenang air. Oleh karena sepeda listrik punya komponen penggerak dari energi lsitrik, jadi jika terkena air bisa berkarat dan rusak.

3. Cek dan Bersihkan Secara Berkala

Rutin melakukan pengecekan dan dibersihkan. Dinamo pada sepeda listrik memang dilindungi cover, tapi tetap ada celah yang bikin kotoran dan debu masuk. Jadi pastikan rutin untuk dibersihkan.

Tapi jika mesin dinamo jadi mudah panas saat digunakan, tercium bau gosong atau terdengar bunyi yang kasar saat sepeda di starter itu tandanya kamu sudah waktunya untuk mengganti dinamo. Dan di bawah ini ada beberapa rekomendasi dinamo sepeda yang bisa kamu pilih.

Rekomendasi Dinamo Sepeda

Dinamo Sepeda Listrik 24V 300W 2750RPM MY1016

Dinamo Sepeda Listrik 24V 300W 2750RPM MY1016

Rekomendasi pertama dari produk Yalu MY1016 yang dibanderol dengan harga yang relatif aman di kantong. Walaupun harganya terjangkau tapi tetap punya kualitas oke dan tahan lama karena menggunakan bahan berkualitas tinggi.

Dinamo yang menggunakan sistem fan belt ini selain cocok untuk sepeda listrik juga bisa dipakai untuk skuter listrik. Memiliki voltage 24V dan power sebesar 300W.

Set Sepeda Listrik Dinamo 24V 250W My1016Z

Set Sepeda Listrik Dinamo 24V 250W My1016Z Aksesoris Sepeda E-Bike Sale

Lalu rekomendasi dinamo berikutnya ada 24V 250W My1016Z yang mudah didapat dan dibanderol dengan harga relatif terjangkau. Dinamo ini juga awet karena menggunakan material bermutu tinggi.

Nah, yang menarik dinamo produk ini ada yang dijual paketan. Dan dalam satu paket terdiri dari dinamo 24V 250 W (1 unit) beserta plat dudukan, receiver box 24V (1 unit), lampu (1 unit), rantai (1 unit), asa tengah 18cm (1 unit), soket (I unit), charger 24V output 1.6A – 2.0 A dan handle rem (1 unit).

Dinamo Sepeda Listrik 250W

Dinamo 250W Skuter Listrik Elektrik/Sepeda Listrik/Perlengkapan Sepeda

 Jika dinamo sepeda listrik kamu mulai soak, maka dinamo dengan daya sebesar 250W bisa dijadikan pilihan. Selain mudah didapat, perangkat ini juga dijual dengan harga yang nggak bikin kantong kering.

Menggunakan bahan bermutu sehingga bisa dipakai jangka panjang. Selain itu pemasangannya juga mudah dan perawatannya juga nggak bikin ribet. Dinamo ini bisa juga, lho digunakan pada skuter listrik.


Baca juga: Ternyata, Main Futsal Punya 7 Manfaat Ini!

Blibli Friends, jika butuh dinamo sepeda listrik yang oke punya dengan harga relatif terjangkau, bisa merapat ke toko online Blibli. Selain harganya relatif aman di kantong, kamu juga bisa menikmati aneka keuntungan yang ditawarkan. Mulai gratis ongkos kirim, 15 hari pengembalian (dengan syarat) sampai penawaran promo menarik. Nggak perlu menunda ayo, belanja ke Blibli!

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel