Lumix DC-S1, Kamera Mirrorless Full Frame Terbaru Andalan Videografer Pro

Melihat konten video sudah sangat banyak di internet, menandakan sudah semakin banyak videografer yang berkutat dengan kamera mereka. Uniknya lagi, kamera di zaman sekarang pun sudah semakin canggih dengan segala macam fiturnya. Panasonic pun hadir dengan kamera mirrorless full frame pertama mereka yang menyasar pada videografer, yaitu Lumix DC-S1.

Kamera ini dijadwalkan masuk ke Indonesia pada pertengahan tahun 2019 ini dan kamu sudah bisa melakukan pre-order di Blibli.com. Bisa jadi, kamu sudah tergiur hanya dengan melihat tampilannya dari foto. Namun, buat yang belum yakin ingin membelinya atau tidak, ada baiknya simak beberapa kelebihan yang dibawa oleh kamera Lumix DC-S1 ini.

Fitur Video yang Luar Biasa

Via dpreview.com

Lumix pernah punya dua kamera mirrorless yang punya fokus pada video, yaitu Lumix GH5 dan GH5S. Sedikit-banyak, kamera Lumix DC-S1 ini membawa beberapa fitur yang sama dengan beberapa penyempurnaan. Bedanya, kamera Lumix terbaru ini memiliki lensa full frame yang bisa menangkap image berjalan lebih luas lagi.

Panasonic sepertinya menyasar para videografer dan pembuat film yang sedikit lebih profesional. Pasalnya, kamera Lumix DC-S1 ini bisa merekam video hingga resolusi 4K 50/60p. Ada beberapa fitur pengambilan video yang bisa kamu manfaatkan juga, seperti timelapse dan slow motion hingga 6x.

Bisa dibilang, kamera ini punya bobot yang agak berat hingga lebih dari 1 kg. Bagian ini yang bisa buat kamu akan sedikit kesulitan saat merekam tanpa alat tripod. Untungnya, Panasonic juga menyisipkan in body image stabilization. Lumix DC-S1 punya Dual I.S. 5-axis yang bisa menjaga gambar tidak terlalu goyang saat kamu merekam.

KALAU KAMU MASIH BUTUH TRIPOD, SILAKAN CARI DI SINI

Dipakai Motret Pun Oke Banget

Via futurecdn.net

Pertama, kamu juga harus tahu spesifikasi yang dibawa oleh kamera ini. Lumix DC-S1 punya sensor MOS 24.3 MP. Rentang ISO-nya pun cukup jauh mulai dari 100 – 51200 dengan kemampuan tambahan hingga 50 – 204800. Shutter speed paling cepat yang bisa disetel di kamera ini adalah 1/8000 detik.

Pastinya kamu khawatir dengan ISO terlalu tinggi hingga buat hasil foto jadi noise. Untungnya, Panasonic juga memasukkan Venus Engine Power yang bisa mengurangi gambar noise saat dipakai di ISO tinggi saat pencahayaan kurang.

Buat kamu yang biasa menggunakan kamera DSLR, pastinya akan suka dengan handling yang diberikan oleh kamera ini. Walaupun dibilang banyak tombol pengaturan di bodi, semuanya terbilang tepat posisi dan dapat dijangkau oleh jari-jemari kamu. Jadi, kamu bisa melakukan pengaturan dengan cepat saat memotret.

CARI JUGA TAS KAMERA BUAT MEMBAWA LUMIX DC-S1 DI SINI

Fitur Penunjang Lain yang Sangat Membantu

Via bhphotovideo.com

Ada banyak hal buat kamera ini jadi lebih spesial. Pertama adalah layar sentuh 3,2 inci dengan sensitivitas yang sangat pas. Jadi, kamu pun bisa melakukan pengaturan langsung di layar. Bukan hanya itu, layar monitor kamera Lumix DC-S1 juga bisa ditekuk ke atas dan ke bawah, juga ke kanan, tapi tidak ke kiri. Sayangnya, kamu tidak bisa memutarnya hingga 180 derajat.

Buat kamu yang masih senang memotret dengan melihat view finder, Lumix DC-S1 juga masih dilengkapi dengan fitur yang satu ini. Panasonic memberikan Real View Finder dengan 5.760 titik yang buat kamu bisa melihat objek lebih jelas dan tajam layaknya melihat langsung.

Bagian lain yang juga pantas jadi sorotan adalah dua slot penyimpanan. Memang, beberapa kamera full frame sudah memiliki fitur serupa. Namun, Lumix DC-S1 menyediakan satu slot untuk SD card dan satu slot lainnya XQD card (kartu penyimpanan hasil penyempurnaan dari Compact Flash/CF). Kamu pun bisa melakukan pengaturan back up atau penyimpanan langsung di dua slot memori.

ENGGAK USAH TANGGUNG-TANGGUNG, LANGSUNG BELI SD CARD 128 GB DI SINI

Kamera yang Kuat Diajak Bertualang

Via newsshooter.com

Melihat banyaknya fitur yang ada di kamera ini, mungkin ada ide untuk bikin film di alam terbuka. Ya, lakukan saja semua yang dibayangkan itu dan wujudkan keinganan kamu. Masalah cuaca atau iklim ekstrem, kamera ini bisa mengimbanginya bahkan hingga suhu -100 C.

Kamu tidak perlu takut lagi dengan percikan air saat harus mengambil gambar di tengah guyuran hujan. Lumix DC-S1 punya material bodi magnesium alloy yang kuat untuk melindungi bagian dalamnya. Semua tombol yang ada di bodi kamera pun sudah dilindungi hingga tidak bisa dimasuki air.

LENGKAPI KAMERA LUMIX KAMU DENGAN PILIHAN LENSA YANG CIAMIK INI

Sudah semakin tertarik dengan kamera Lumix terbaru ini? Langsung saja pre-order kamera Lumix DC-S1 di Blibli.com. Kalau sudah dapat kameranya, kamu bisa langsung bikin konten video menarik yang bisa dinikmati banyak orang. Selamat berkarya!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY