Luangkan Waktu menjadi Bubu yang Cerdas dalam Memilah Informasi

Photo via pexels.com

Serba online! Sepertinya kehidupan kita saat ini dikelilingi dengan beragam  kegiatan yang dilakukannya berbasis online. Siapa sih Bubu di sini suka foto hasil masakan atau makanan dan dikirimkan via pesan virtual ke teman-teman? Selama Bubu lebih sering di rumah aja, kegiatan yang berbasis online pun semakin bertambah seperti olahraga bersama teman secara virtual, belanja online, hingga belajar parenting pun online.

Melihat kayanya informasi dan kegiatan yang berbasis online ini, membuat Bubu perlu mencari dan memilah sumber informasi mana yang dapat dipercaya. Namun,  dalam memilah informasi ini menjadi sebuah tantangan. Apalagi dengan kesibukan di rumah, Bubu perlu meluangkan waktu untuk menjadi cerdas dalam memilah informasi. Ketika Bubu tidak memiliki kemampuan untuk membedakan informasi maka dapat berujung pada pengambilan keputusan yang salah.

Ada beberapa hal yang dapat Bubu lakukan supaya dapat memilih infomasi yang dapat dipercaya:

  1. Cari tahu latar belakang sumber infomasi

Bubu dapat mencoba membuat list pertanyaan untuk menjawab kredibilitas sumber informasi, seperti: Siapa sih yang menuliskan artikel? Atau siapa yang membawakan kegiatan parenting online? Sebelumnya, kegiatan apa saja yang sudah dilakukan? Dengan mencari tahu latar belakang sumber informasi maka Bubu akan melihat apakah dapat dipercaya atau tidak.

  1. Evaluasi terhadap respon yang diberikan orang lain

Bubu dapat melihat komen dan respon yang diberikan oleh orang lain terhadap informasi yang disampaikan. Lihat juga bagaimana sumber informasi ini menanggapi respon yang ada. Hal ini akan membantu Bubu menilai kemampuan sumber informasi dalam menguasai topic yang diberikan.

  1. Luangkan waktu untuk membaca

Buatlah agenda untuk melakukan pengecekan terhadap informasi yang dicari atau kegiatan online yang akan dilakukan. Misalnya meluangkan satu hari khusus untuk mencari tahu latar belakang sumber-sumber informasi yang biasa Bubu lihat atau kegiatan online yang Bubu akan lakukan. Setelah semua pengecekan sudah dilakukan, Bubu akan lebih tenang dan nyaman dalam menerima informasi.

Semoga waktu yang Bubu luangkan untuk memilah informasi menjadi manfaat bagi aktivitas Bubu selanjutnya.

Oleh : Carmelia Riyadhni, S.Psi – Expert Partner Sahabat Ibu Pintar
Sumber: Simmarmata, Jenner et. al. 2019. Hoaks dan Media Sosial : Saring Sebelum Sharing. Jakarta : Yayasan Kita Menulis
Riddle, Rick. 2016. How to Find Reliable Information on the Internet.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY