Sebagai orang Indonesia, udah menjadi tugas kita melestarikan kebudayaan Indonesia yang beragam supaya tetap bertahan di hadirnya budaya asing. Coba mulai dengan cara yang simple seperti memakai pakaian bermotif kain tradisional buat beraktivitas. Ada lho fashion brand lokal yang menyulap kain tradisional menjadi pakaian fashionable, yaitu Lookout! Penampilanmu dijamin tetap terlihat modis saat menggunakan motif kain tradisional, Friends!

Usaha Ken Garudajati Pertiwi, owner Lookout, dalam melestarikan kain-kain Indonesia ini pun berhasil membawanya menjadi salah satu finalis Top 20 The Big Start Indonesia Season 3! Kegigihannya mengembangkan bisnis sekaligus memberdayakan pengrajin kain Indonesia di usia muda emang patut kita acungi jempol. Penasaran gimana cerita lengkapnya? Simak hasil obrolan sore Blog Blibli Friends dengan perempuan yang akrab disapa Ken berikut ini!

IKUTI KESERUAN THE BIG START INDONESIA SEASON 3 DI SINI!

1. Ternyata kain tradisional keren banget kalau disulap jadi fashion kekinian, lho!

lookout
Via – @lookout.ind

Dasarnya, Ken punya ketertarikan di bidang fashion dan kain tradisional Indonesia, terutama tenun karena motifnya yang unik punya potensi besar untuk dijadikan pakaian modern. Karena emang niat berbisnis, Ken bersama dua temannya memutuskan untuk menjual pakaian berbahan tenun dengan desain modern untuk generasi muda Indonesia.

Saking tertariknya dengan kain, Ken nggak segan-segan buat terjun langsung ke beberapa daerah buat mencari kain berkualitas. Sebut saja Nusa Tenggara Barat, Bali, dan Jepara, ketiganya udah dijelajahi semua sama Ken! Kain-kain tradisional yang ada di pasaran juga ditelusuri sama Ken dan timnya untuk mencari supplier yang tepat.

Semuanya itu dilakukan untuk mendapatkan kain tradisional dengan desain dan kualitas terbaik. Jadi, produk yang dihasilkan pun akan lebih berkualitas. Lebih uniknya lagi, setiap desain pakaian Lookout memiliki filosofinya tersendiri! “Kami memberikan filosofi (di setiap produk) karena setiap warna, garis, dan bentuk pasti mengandung nilai dan makna.”

Seru banget, kan? Jadi, pas lagi lihat-lihat produk Lookout, jangan lupa cari tahu apa sih filosofi di balik pakaian itu. Sehingga, tidak hanya menunjang tampilan, tapi juga kepercayaan dan identitas diri! Otomatis, penampilanmu jadi lebih maksimal karena keren luar dalam!

SIAPA AJA SIH DEWAN JURI YANG BAKAL MENILAI DAN MEMBINA PARA FINALIS? LIHAT PROFILNYA DI SINI!

2. Mau mensejahterakan penenun lokal Indonesia dengan membuka workshop sendiri

lookout
Via – @lookout.ind

Dengan tenun, Lookout berhasil membuat berbagai varian produk lho, mulai dari baju, celana, kimono, sampai jaket, dan semuanya unisex! “Tenun sama desain (bajunya) kami bikin semodern mungkin supaya nggak monoton dan bisa dipakai untuk berbagai style, dari formal sampai semi-formal.”

Ken bukan cuma ingin melestarikan kain aja nih, tapi juga mau memberdayakan para pengrajin tenun di Indonesia! Mimpinya adalah untuk membangun workshop sendiri karena sejauh ini Lookout masih mengandalkan vendor untuk proses produksi. “Tim (Lookout) masih bertiga plus satu desainer. (Buat produksi) masih ada vendor.” Termasuk tim kecil, tapi impian dan potensinya jauh lebih besar!

Saat menceritakan mimpinya, Ken sampai gugup karena merasa excited sekaligus deg-degan, lho. Blibli Friends bisa melihat jelas ambisi di balik matanya walaupun Ken sudah mulai lelah karena jadwal photoshoot yang panjang. “Aku juga mau (berusaha untuk) empowering women dengan jadi penenun di tempat (workshop) aku. Apa ya rasanya (bisa) memberdayakan dan mempekerjakan tenun-tenun daerah? Pikirannya udah luas.”

APA AJA SIH HADIAH YANG BAKAL DIPEROLEH PEMENANG THE BIG START INDONESIA?

3. Sibuk kuliah sambil mengembangkan Lookout

lookout

Di usianya yang masih 21 tahun, Ken punya banyak kesempatan buat merealisasikan mimpi-mimpinya untuk Lookout. Tapi, buat sekarang ini, Ken masih harus membagi fokusnya antara menyelesaikan studi dan mengembangkan Lookout.

Tentu itu bukan hal yang mudah karena banyak banget tantangan yang harus dilalui. Untung aja ada dukungan orang tua dan teman-teman kampus yang menyertai Ken. Ken pun berhasil meyakini dirinya sendiri untuk terus maju dan menjalankan kewajibannya sebaik mungkin.

Sekarang, Ken harus mengeluarkan tenaga ekstra buat berkompetisi di The Big Start. Saat ditanya soal persiapannya untuk karantina, Ken mengaku lebih berfokus pada persiapan mental. “Doa dan restu orang tua yang pasti. Sebenarnya, (persiapan) mental, sih. Karena, ini (persiapan kompetisi TBS) benar-benar cuma mental sama fokus yang paling utama.”

CARI TAU YUK SIAPA AJA FINALIS THE BIG START INDONESIA SEASON 3!

4. Harapan si peserta paling muda di The Big Start Indonesia Season 3

lookout

Bukannya pesimis dengan Lookout, tapi Ken benar-benar nggak nyangka kalau Lookout bisa lolos sampai babak ini. Sejujurnya, dia kagum banget sama brand-brand yang ikut mendaftar di TBS karena semuanya unik dan berkualitas. Makanya, Ken mendaftarkan Lookout tanpa ekspektasi besar karena bisnisnya masih terbilang baru, bahkan belum sampai setahun. “Rasanya nggak mungkin, apalagi kita brand baru. Seneng sih, seneng banget (lolos kurasi). Dikasih kesempatan ini, nggak akan aku sia-siain.”

Nggak tanggung-tanggung, Ken justru maunya dapat kritik dan saran dari para juri walaupun komentarnya menyakitkan. Feedback itulah yang bakal digunakan Ken untuk memperbaiki kualitas Lookout. Supaya nggak sakit hati, Ken menganggap semua orang yang mengkritiknya sebagai pelanggan. Jadi, dia justru akan lebih semangat ketimbang bersedih dan merasa gagal.

Selain itu, wawasan dan network juga menjadi hal yang dicarinya dalam kompetisi ini. Pastinya, dengan adanya kompetisi ini, Lookout juga akan lebih diketahui dan diakui oleh masyarakat. “Menang atau kalah, aku harus bawa sesuatu sih dari sini,” ujarnya dengan optimis.

UDAH TAU SIAPA PEMENANG THE BIG START SEASON 1 DAN 2? KALAU BELUM, LIHAT DI SINI YUK!!


Semoga cerita Ken bisa menginspirasi kita semua untuk lebih berusaha melestarikan kebudayaan Indonesia ya, salah satunya dengan cara menggunakan barang-barang lokal. Sayang banget lho kalau kebudayaan Indonesia nggak kita jaga eksistensinya. Mudah-mudahan, Lookout juga bisa membuka mata masyarakat terhadap kualitas dan potensi kain-kain tradisional Indonesia lewat The Big Start Season 3!

Mau tau gimana perjuangan Ken dalam kompetisi The Big Start Indonesia Season 3? Cek terus berita terbarunya di website TBS dan tonton web series TBS hanya di akun Youtube resmi The Big Start Indonesia Season 3!

AYO TENTUKAN PESERTA THE BIG START INDONESIA SEASON 3 FAVORITMU!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY