Liga NBA season 2016-17 tengah berjalan. Berbagai nama pemain super mulai diprediksi akan meraih gelar Most Valuable Player (MVP), atau pemain terbaik pada liga tahun ini. Apakah pemain favoritmu termasuk calon MVP?

Sambil menunggu siapa kira-kira yang akan memenangkan gelar tersebut, Yuk, kita flashback sedikit melihat 10 pemain NBA yang telah meraih gelar tersebut sepanjang abad ke-21!

1. Allen Iverson, Philadelphia 76ers (2000-01)

allen-iverson

Via PopWrapped

Allen Iverson mendapatkan gelar MVP-nya pada season 2000-2001 bersama tim Philadelphia 76-ers. Ia terkenal sebagai pemain yang sangat produktif mencetak angka dengan style yang rebellious dan sedikit meledak-ledak.

Sepanjang 14 tahun karirnya di liga NBA, Allen berhasil meraih satu gelar MVP dan 11 All-Stars Selection! Meski bermain gemilang, ia kerap dikritik karena permainannya yang dianggap egois. Ia kemudian mengakhiri karir olahraga-nya pada 2013 setelah sebelumnya pernah bermain di luar liga NBA dan menjalani operasi akibat cedera di kakinya.

2. Tim Duncan, San Antonio Spurs (2001-02 ,2002-03)

tim-duncan

Via Gamedays

Memenangkan MVP selama dua tahun berturut-turut yaitu pada season 2001-02 dan 2002-01, Tim Duncan berhasil mengantarkan San Antonio Spurs ke gelar jawara di berbagai liga. Ia bahkan diakui sebagai salah satu pemain terkuat di liga NBA.

Setelah bermain selama 19 season di Liga NBA, Tim memutuskan untuk pensiun pada tahun 2016. Namun sebelum ia mengakhiri karirnya, selain dua gelar MVP ia juga berhasil memenangkan lima liga dan bermain di 15 “All-Star Games”!

3. Kevin Garnett, Minnesota Timberwolves (2003-04)

kevin-garnett

Via Star Tribune

Bergabungnya Kevin Garnett di Minnesota Timberwolves memberikan dampak cukup besar. Hal ini bisa dilihat ketika ia berhasil mengantarkan tim-nya menuju final “Western Conference” pada tahun 2003-04. Pada tahun yang sama ia juga meraih gelar MVP-nya.

Pemain kelahiran tahun 1976 ini telah bermain lebih dari 20 seasons (sejak 1995) di liga NBA. Selain MVP, pada season 2007-08 ia disebut-sebut sebagai “most defensive player of the year”.

Baru-baru ini pada bulan September, pemain berusia 40 tahun ini mengumumkan pensiun-nya dari dunia basket.

4. Steve Nash, Phoenix Suns (2004-05, 2005-06)

steve-nash

Via Flagrantflop

Pemain NBA bernama lengkap Stephen John Nash ini adalah pemain asal Kanada yang berhasil menjadi pemain terbaik pada season 2004-05 dan 2005-06. Pada tahun selanjutnya, ia juga sempat menjadi runner-up pada pemilihan MVP saat bermain bersama Phoenix Suns.

Dengan berbagai prestasinya di dunia basket, Steve terkenal sebagai sosok yang sangat peduli akan hal-hal berbau sosial. Pada tahun 2006 majalah TIME bahkan menobatkannya ke dalam salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia.

Masih di luar dunia basket, pada tahun 2008 Steve juga dianugerahi gelar Doktor Hukum oleh University of Victoria. Hebat sekali, bukan!

5. Dirk Nowitzki, Dallas Mavericks (2006-07)dirk-nowitzki

Via SlamOnline

Pada saat Steve Nash gagal mempertahankan gelar MVP-nya, saat itulah Dirk Nowitzki berhasil merebut gelar tersebut pada season 2006-07 bersama Dallas Mavericks. Pemain asal Jerman ini menjadi pemain asal Eropa pertama yang berhasil bermain di “All-Star Game” dan juga yang pertama meraih MVP!

Pada tahun 2011 ia dinobatkan sebagai “German Sport Personality of the Year”, dan merupakan pemain basket pertama yang mendapatkan gelar tersebut. Pada tahun selanjutnya ia juga ia menjadi orang non-Amerika pertama yang dianugerahi “Naismith Legacy Award”. Keren, ya.

6. Kobe Bryant, Los Angeles Lakers (2007-08)

kobe-bryant

Via The Huffington Post

Kobe Bryant merupakan salah satu pemain NBA terpopuler yang pernah ada. Bersama Los Angeles Lakers, ia memenangkan lima gelar juara NBA dan juga dinobatkan sebagai MVP pada season 2007-08.

Ia juga berhasil melampaui pemain legendaris Michael Jordan dan menempati posisi ketiga dalam daftar “NBA All-Time scoring”. Meski telah memutuskan untuk pensiun pada tahun ini, namanya tentu nggak bisa dilupakan di dunia basket.

7. LeBron James (2008-09 ,2009-10 ,2011-12 ,2012-13)

lebron-jamesVia Huffington Post

LeBron James adalah pemain dengan gelar MVP terbanyak dalam daftar ini. Bagaimana tidak? Ia berhasil mendapatkan empat gelar bergengsi ini pada season 2008-09, 2009-10, bersama Cleveland Cavaliers dan berhasil merebutnya kembali pada 2011-12 hingga 2012-13 ketika ia sudah pindah bermain untuk Miami Heat.

Dengan banyaknya prestasi, LeBron James menjadi sangat populer. Ia bahkan tampil dibeberapa iklan dan acara TV. Nggak heran ia bahkan pernah disebut sebagai salah satu atlet Amerika paling berpengaruh dan populer. Salut!

8. Derrick Rose, Chicago Bulls (2010-11)

derrick-rose


Via Huffington Post

Pada masa transisi LeBron James dari Cleveland Cavaliers ke Miami Heat, saat inilah gelar MVP-nya berhasil direbut pemain Chicago Bulls nomor punggung 1, Derrick Rose pada season 2010-11.

Pada awal kemunculannya di liga NBA pada season 2008-09, Derrick langsung menunjukkan permainan cemerlangnya dan berhasil meraih “Rookie of the Year”. Ngomong-ngomong, pemain kelahiran tahun 1988 ini juga merupakan pemain termuda yang berhasil meraih gelar MVP! Kece abis, kan.

9. Kevin Durant, Oklahoma City Thunder (2013-14)

kevin-durant

Via SportingNews

Lahir di tahun yang sama dengan Derrick, Kevin Durant baru bisa meraih gelar serupa pada season 2013-14 bersama tim-nya, Oklahoma City Thunder.

Seperti Derrick, Kevin juga meraih gelar “Rookie of the Year” di awal karirnya di liga NBA. Selain itu, ia juga merupakan peraih medali emas olimpiade sebanyak dua kali, lho.

Kevin juga merupakan salah satu pemain NBA terpopuler. Buktinya saja, jersey yang ia miliki selalu menjadi “best-selling item” setiap season. Ia bermain sebanyak 6 season bersama Thunder sebelum akhirnya memutuskan pindah ke Golden State Warriors pada tahun 2016.

Di luar dunia basket, Kevin adalah pribadi yang berjiwa sosial tinggi. Pada 2013, ia mendonasikan 1 juta USD ke Palang Merah Amerika untuk korban bencana tornado Moore. Hal ini bahkan menginspirasi Thunder dan Nike untuk mendonasikan uang dengan jumlah serupa.

10. Stephen Curry, Golden State Warriors (2014-15, 2015-16)

stephen-curry


Via The New York Times

Wardell Stephen Curry adalah peraih MVP terbaru yang berhasil menjadi pemain terbaik untuk dua season yaitu 2014-15 dan 2015-16 bersama tim Golden State Warriors. Ia bahkan menjadi pemain pertama yang memenangkan gelar MVP dengan unanimous vote dalam sejarah NBA!

Ia juga merupakan anak dari mantan pemain NBA, Dell Curry. Kakak-nya, Seth Curry, merupakan pemain aktif NBA. Ternyata darah pemain NBA memang sudah mendarah daging di keluarga Curry ya.

Bagaimana? Keren bukan? Tentunya bagi kamu penggemar setia NBA, mengetahui para pemain terbaik NBA abad ini saja nggak cukup. Nggak boleh absen dari kamu tentu adalah pernak-pernik tim favoritmu! Pas banget, kamu bisa cari berbagai macam merchandise NBA di NBA Storenya Blibli.com!

Kamu para fans sejati bisa mendapatkan berbagai merchandise exclusive dari NBA secara online dengan harga yang oke banget! Yuk, buruan klik Blibli.com dan temukan merchandise tim dan pemain favorit kamu!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY