Setiap orangtua pasti ingin melindungi anaknya selama 24 jam, termasuk Moms tentunya. Tapi faktanya hal tersebut sulit dilakukan, atau bahkan bisa dibilang mustahil. Kesibukan saat orangtua bekerja dan anak ke sekolah, membuat orangtua hanya memiliki waktu efektif beberapa jam untuk memantau anak, yaitu saat berada di rumah. Atau, kalaupun didampingi, kadang si kecil malah yang tiba-tiba menghilang lepas dari perhatian. Namanya juga anak-anak. Ada kejadian atau barang yang menarik perhatian, bisa jadi ia langsung mengejarnya. Misalnya kupu-kupu cantik yang sedang terbang. Bisa jadi ia langsung mengejar untuk menangkapnya.

Wah… jadi susah juga ya menjaga anak 24 jam? Hmm… tak perlu khawatir Moms. Saat si kecil berada jauh dari jangkauan, ada cara-cara tertentu yang bisa digunakan untuk memantau dan juga melindungi mereka kok. Apalagi, zaman sudah serba canggih. Ada berbagai teknologi yang bisa dimanfaatkan. Apa saja cara tersebut? Cek langsung di bawah ini:

1. Berikan jam tangan GPS untuk memantau anak sepanjang harijam tangan anak

Via child-angel.com

Suatu saat Moms mungkin pernah mengalami ketika si kecil tidak kunjung pulang. Padahal jam pulang sekolah sudah 1-2 jam lalu. Moms pasti cemas dan segera menghubungi orangtua murid yang lain. Ternyata si kecil main ke rumah teman dan tidak omong sebelumnya. Untuk menghindari rasa cemas seperti ini, Moms bisa membelikan jam tangan canggih yang dilengkapi dengan GPS.jam bipbip

Jam ini bisa memantau posisi anak di mana pun dia berada dengan menggunakan teknologi GPS, yakni teknologi pelacak jejak yang ditanamkan pada gadget anak. Alat ini biasanya terhubung dengan wifi atau menara pemancar terdekat. Jadi selama anak menggunakan jam tangan tersebut, Moms bisamemantaunya di mana keberadaan si kecil.memantaunya di mana keberadaan si kecil.

2. Handie Talkie untuk berkomunikasi dengan anakwalkie talkie

 

Alat lain yang bisa digunakan untuk memantau dan berkomunikasi dengan anak adalah handie talkie. Jenis handie talkie dibedakan berdasar jangkauan. Ada yang bisa berkomunikasi hingga jarak 20 kilometer, tapi ada juga yang hanya bisa digunakan dalam jarak ratusan meter saja.

Moms bisa memantau anak dengan alat ini saat dia melakukan aktivitas luar ruang atau saat ditinggal ke toilet sebentar di mal. Lewat handie talkie Moms bisa bertanya apa yang sedang dilakukannya dan dia pun bisa memberikan laporan yang akurat. Moms bisa membelikan handie talkie mini untuk si kecil. Bentuknya yang lucu imut juga bisa menarik perhatian si kecil. Jadi saat ia memainkannya, Moms bisa memastikan bahwa si kecil sedang berada di dekat alat kecil itu.


BACA JUGA Ini 4 Cara Melindungi Agar Anak Terhindar Masuk Angin


3. Kamera pemantau CCTVbaby monitor

 Via cdn.skim.gs

Saat ini berbagai teknologi bisa dimanfaatkan untuk melindungi anak. Salah satu yang makin sering dipakai adalah kamera CCTV untuk memantau keberadaan anak di rumah. Mom atau Dad yang sedang berada di luar rumah bisa dengan mudah mengecek keberadaan si kecil dengan memanfaatkan kamera CCTV yang dihubungkan dengan smartphone. Cukup sekali klik, kamera CCTV tersembunyi yang ditempatkan pada sudut strategis di rumah bisa memperlihatkan aktivitas si kecil bersama orang-orang yang menjaganya. Kalau ada apa-apa, ada alarm yang langsung bisa terhubung ke orang terdekat di lokasi sehingga bisa langsung dilakukan tindakan.

Dengan bantuan beberapa teknologi tersebut, semoga Mom dan Dad bisa selalu mengawasi si kecil. Selalu berikan waktu yang berkualitas juga padanya, sehingga ia akan tetap aman dan nyaman karena merasa Anda selalu dekat dengan mereka.

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY