Apa kamu punya teman yang akun media sosialnya dibajak atau kartu kreditnya digunakan oleh pihak yang tidak dikenal? Di era teknologi ini, kejahatan cybercrime semakin merajalela.

Jangan dianggap remeh, loh. Dengan akun media sosial, akun belanja (akun e-commerce), kartu kredit, dan penyimpanan uang yang semakin terintegrasi, semakin tinggi kesempatan bagi para cracker untuk membobol informasi dan mengambil aset pribadimu secara bersamaan.

Sudah banyak korbannya, guys! Biar kamu tetap bisa berbelanja dan melakukan transaksi online dengan aman, kamu perlu mengikuti 7 tips anti-bobol berikut.

1. Gunakan password yang orisinil dan sulit ditebakpasswoard

Password merupakan perlindungan utama kamu dalam menghadapi para cracker. Kalau kata sandimu masih ‘123456’, ‘password’, ‘abc123’, ‘qwertyuiop’, ataupun suatu tanggal perayaan, sebaiknya kamu ganti sekarang juga.

Gunakan ‘password’ yang unik, mengandung huruf besar, kecil, simbol, dan juga angka. Jangan seperti Mark Zuckerberg yang akunnya diretas karena password “dadada”.

Selalu bedakan juga kata sandi satu akun dengan akun lainnya. Kalau ketahuan satu, maka pembobol akan mencobanya di akun lain. Metode trial and error saja sudah cukup untuk nge-crack akun-akunmu.

2. Selalu ingat untuk log outlog-out

Sekarang ini akun media sosial seperti Facebook juga dapat digunakan sebagai akun situs berbelanja, contohnya Blibli.com.

Kalau orang yang tidak bertanggung jawab (teman iseng atau orang di toko hape) bisa mengakses akun facebook atau twitter-mu, ia juga bisa mengakses akun Blibli.com kamu dan menggunakan poin-poin yang kamu kumpulkan susah payah!

Maka dari itu, hindari penggunaan akun media sosial di komputer publik. Bila kamu menggunakan media sosial di perangkat yang juga digunakan orang lain, selalu ingat untuk log out dan jangan pernah menyimpan password.

3. Hapus email yang mencurigakanhapus-email

Mendapat email dari orang yang nggak dikenal? Tampak mencurigakan dan nggak lazim?  Nggak usah repot-repot dibuka, langsung hapus saja.

Kalau email tersebut dari kerabat atau teman kantor jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan soal hal tersebut.

Ada email dari suatu perusahaan dengan attachment dan link? Biasanya perusahaan besar tidak akan mengirimkan link ataupun attachment kecuali kamu tengah meminta sesuatu ataupun baru mendaftarkan akun.

Hati-hati ya, karena pesan mencurigakan itu bisa berupa email pishing yang akan membuatmu membeberkan kata sandi sendiri.

4. Gunakan antivirusgunakan-aktivasi

Sekarang ini serangan cracker tidak hanya terjadi kalau kamu mengakses situs mencurigakan saja. Bahkan bila kamu hanya mengakses situs media sosial yang umum, kamu tetap bisa jadi korban para cracker bandel.

Oleh karena itu, para ahli keamanan cyber menyarankan orang-orang untuk melakukan scan virus secara rutin. Kalau kamu merasa terganggu dengan proses scan-virus, kamu bisa melakukannya selagi makan, menonton, atau selagi kamu melakukan kegiatan harian lainnya.

Aman lebih penting daripada malas , guys!

5. Hati-hati ketika berseluncur di internethati2-di-internet

Ada banyak jalan bagi para cracker untuk menyerangmu ketika kamu tengah browsing di internet. Beberapa tips umum untuk memastikan keamanan adalah untuk tidak mengakses situs yang namanya mencurigakan, jangan mengklik iklan, dan jangan melakukan download dari situs yang tidak dikenal. Apalagi kalau banyak pop-up bermunculan. Ad-blocker merupakan teman yang baik untuk hal ini.


BACA JUGA Gimana Sih Caranya Biar Aman Belanja di Blibli.com?


6. Gunakan two-factor authentication bila memungkinkantwo-factor

Sekarang ini, sejumlah situs sudah menawarkan two-factor authentication untuk keamanan akunmu. Dengan two-factor authentication, kamu tidak hanya bergantung pada password saja untuk keamanan.

Biasanya, kamu juga akan mendapatkan kode yang dikirim langsung ke nomor handphone-mu sebagai lapisan keamanan kedua. Tentunya ini akan menyulitkan para cracker bila mereka ingin menyerangmu.

7. Enkripsi dan VPNenkripsi

Bahkan bila para cracker berhasil memonitor dirimu, kamu masih bisa mencegah serangan mereka melalui program enkripsi. Dengan program VPN (Virtual Private Network) kamu mengacak alamat IP (Internet Prtocol), sehingga hampir mustahil untuk melacak aktivitas akunmu.

Sekarang, program VPN sudah tersedia secara luas sebagai extension dari aplikasi browser! Kamu pun bisa berselancar dengan lebih aman.

Jangan sampai kesenangan aktivitas berselancarmu dirusak oleh serangan para cracker. Tidak hanya membuat akunmu nggak bisa digunakan lagi, uang virtual dan poin yang bisa ditukar dengan barang pun bisa direbut.

Maka dari itu, pastikan kamu mengikuti tips-tips di atas agar harimu tidak dirusak oleh cracker. Keamanan online itu serius, loh!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY