Merasa selama ini kamu sudah berkeramas dengan baik dan benar? Ups, belum tentu, nih! Simak kesalahan-kesalahan umum yang mungkin saja Kamu lakukan ketika berkeramas.

Terdengar sepele? Mungkin saja, tapi ketika dilakukan berkali-kali dalam jangka waktu lama, dapat berpotensi merusak rambut dan kulit kepala atau bahkan membuatnya rontok. Simak lima kesalahan umum dalam berkeramas berikut ini.

1. Berkeramas terlalu sering

keramas telalu seringvia rd.com

Walau kamu merasa kulit kepalamu mudah sekali berminyak, namun berkeramas terlalu sering akan merangsang minyak untuk semakin cepat keluar.
Hal ini disebabkan karena rambut dan kulit kepala yang dikeramas terlalu sering akan menjadi kering dalam waktu yang cepat, hal ini akan memicu minyak alami rambut untuk keluar demi ‘melembabkan’ keadaan kepala dan rambut secara alamiah. Berkeramaslah setidaknya dua kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

2. Kamu menggunakan shampo yang sama 7 hari dalam seminggu, 365 hari dalam setahun

soap-in-handvia survivallife.com

Tidak hanya berkeramas terlalu sering, namun menggunakan shampo yang sama selama setahun penuh ternyata tidak efektif hasilnya untuk kepala dan rambut. Sebaiknya kamu mengganti shampo yang digunakan setidaknya dua bulan sekali untuk mencegah menumpuknya formula tertentu yang terdapat dalam bahan shampo kamu, misalkan silikon.
Setiap dua bulan sekali, gantilah shampo kamu dengan formula shampo lain yang sesuai dengan tipe dan jenis rambutmu. Kamu juga bisa menggunakan clarifying shampoo setiap sebulan sekali untuk menetralkan dan membersihkan tumpukan bahan kimia tertentu di rambut.

3. Kamu tidak membasahi rambut kamu secara menyeluruh sebelum berkeramas

tidak membasahi rambutvia bustle.com

Tanpa air yang cukup, shampo yang kamu gunakan tidak akan berbusa dengan maksimal, padahal busa itulah cara yang efektif dalam membersihkan rambut secara menyeluruh. Berdirilah di bawah pancuran dan basahi rambut Kamu selama kurang lebih tiga menit atau hingga rambut benar-benar basah dari ujung hingga ke akar.

4. Kamu mengaplikasikan shampo selalu pada daerah yang sama di ubun-ubun kepala

Hair-loss-shampoovia hairlossfighters.com

Coba deh kamu perhatikan bagian ubun-ubun kepala ketika berkeramas, terasa lebih kering daripada bagian lainnya, kan? Jika kamu memulai pada bagian yang kering maka busa yang dihasilkan tidak akan terlalu banyak dan membuat kamu jadi menggosok terlalu keras untuk menghasilkan busa yang lebih banyak.

Usahakan memulai keramas pada bagian pangkal leher dan distribusikanlah busa tersebut pada ujung helaian rambut sebelum yang terakhir dikeramas justru di di ubun-ubun kepala ketika busa yang dihasilkan sudah cukup banyak.

5. Kamu menghasilkan terlalu banyak friksi dan gosokan

rambut rusakvia today.com

Untuk menghindari aktifitas yang malah merusak rambut atau melukai kulit kepala, pijit dengan lembut bagian kulit kepala dengan ujung jarimu dan jangan menggunakan bagian telapak tangan atau kuku sama sekali.

6. Kamu membilas dengan air panas

washing hair

via fashionkliks.com

Air yang terlampau panas akan melukai dan membuat kering kulit kepala dan rambutmu. Gunakan air hangat dengan temperatur lebih mengarah ke dingin untuk tingkat kelembaban yang lebih maksimal. Air dingin juga kadang berfungsi untuk mempertahankan warna dari rambut yang menggunakan pewarna buatan.

Kalau rambut sudah terlanjur rusak dan menunjukkan tanda-tanda seperti kering, kusam, kasar, patah, dan bercabang, mungkin itu jadi tanda kalau kamu harus menggunakan produk yang punya fungsi menyeluruh untuk memperbaikinya. Kenali kandungan yang ada di dalam produk perawatan rambut agar kerusakan yang sudah terjadi tidak makin parah.

L’Oreal Total Repair 5 Ultimate Repairing Shampoo mungkin bisa jadi pilihan yang tepat untuk masalahmu. Produk ini mengklaim punya 5 formula baru yang bekerja memperbaiki batang rambut dari dalam dan melindungi permukaan batang rambur dari luar. Selain itu, baunya enak dan bisa membuat rambut terasa lebih lembut.

Kalau udah kepikiran untuk memperbaiki rambut yang sudah terlanjur rusak, mungkin kamu bisa cek Blibli.com. Ada L’Oreal Total Repair 5 Ultimate Repairing Shampoo yang bisa kamu coba. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan beragam fasilitas yang dimiliki seperti cicilan 0%, jaminan akan kualitas, bebas ongkos kirim, dan cara pembayarannya yang beragam.

 

Jadi, bagaimana pengalaman kamu dan rambutmu? Share di sini yuk!


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY