Apa rencanamu untuk merayakan hari liburan yang indah ini? Menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah atau tengah berlibur ke luar kota?

Mungkin berbeda dengan banyak kata orang, Jakarta sebenarnya merupakan tempat yang cukup menghabiskan liburan tahun baru. Bagi kamu yang berasal dari luar kota dan belum pernah datang ke Jakarta, DKI bisa membuat kamu berkata wow!

Penasaran, apa saja yang bisa kamu lakukan di kota Jakarta untuk liburan tahun baru tahun ini? Yuk langsung simak ulasan berikut!

1. Menonton atraksi lumba-lumba di Ocean Dream Samudra, Ancol

ancol

Via – Ancol

Nggak melulu soal mall, Jakarta punya banyak tempat wisata menarik untuk kamu nikmati dalam liburan Natal. Salah satu tempat populer yang banyak dikunjungi wisata adalah Taman Impian Jaya Ancol.

Berdiri sejak tahun 1966, tempat wisata yang berlokasi di Jakarta Utara ini adalah kawasan wisata terpadu dekat pantai yang cocok untuk beragam macam kegiatan wisata. Mulai dari wisata belanja, wisata budaya dan seni, wisata alam, wisata kuliner, wisata olahraga, wisata edukasi, dan masih banyak lagi.

Salah satu wahana menarik yang wajib kamu kunjungi di Ancol adalah Ocean Dream Samudra. Di sini, kamu bisa menyaksikan tingkah polah lumba-lumba yang lucu hingga bermain bersama mamalia laut tersebut secara lebih dekat.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati pertunjukan lainnya seperti burung kakaktua, singa laut, wahana 4 dimensi, serta pertunjukan stuntman show yang menakjubkan.

2. Mencicipi citarasa khas Jakarta di kawasan Pecenongan

pecenongan

Via – mapio

Bagi warga Jakarta, Pecenongan merupakan surga bagi para pecinta kuliner. Tempat ini didominasi oleh warung-warung tenda pinggir jalan yang selalu ramai, terutama pada malam hari.

Bahkan, sejak mulai terkenal sebagai tempat wisata kuliner di Jakarta pada tahun 1970-an, Jalan Pecenongan menjadi pusat wajib kunjung para wisatawan asing. Waktu buka wisata kuliner di kawasan jalan Pecenongan ini dimulai sejak pukul 5 sore hingga larut malam.

Meski disajikan dalam warung-warung tenda, makanan di kawasan ini nggak kalah enak dibandingkan makanan mewah yang disajikan di restoran dan cafe-cafe.

Jenis makanan yang paling banyak dicari dan ditawarkan di Jalan Pecenongan ini sangat beragam. Mulai dari seafood, chinese food, hingga beragam dessert yang perlu kamu temukan sendiri!

3. Menikmati keindahan kota Jakarta dari atas Monas

monas

Via – Lahiya

Liburanmu ke Jakarta akan menjadi kurang lengkap rasanya jika tidak mampir ke tugu Monumen Nasional atau Monas. Tugu ini dahulu kala dibangun untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah.

Di puncak tugu setinggi 132 meter ini terdapat mahkota berbentuk lidah api berlapis emas. Tak hanya bisa melihat Monumen Nasional secara langsung, di sekitar halaman Monas, kamu akan disambut dengan melihat relief yang menggambarkan sejarah Indonesia.

Pengunjung juga dapat masuk ke dalam Museum Sejarah Indonesia yang berada di bagian dasar tugu Monas. Di dalamnya, kamu bisa melihat berbagai peninggalan sejarah seperti naskah proklamasi asli di Ruang Kemerdekaan.

Lebih serunya lagi, dengan biaya 10 ribu per orang, kamu bisa naik ke puncak Monas melalui lift dan menikmati pemandangan kota Jakarta dari ketinggian.

4. Piknik bersama keluarga di Taman Mini Indonesia Indah

tmii

Via – Aneka Tempat Wisata

Tempat wisata berikutnya yang bisa kamu kunjungi di Jakarta adalah Taman Mini Indonesia Indah. Tempat yang satu ini merupakan sebuah taman rekreasi seluas 150 hektar.

Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan versi mininya Indonesia. Maka dengan itu, berkunjung ke TMII akan membuat kamu serasa keliling Indonesia dalam 1 hari.

Di dalamnya terdapat sebuah danau dengan miniatur kepulauan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Nggak hanya itu saja, masih ada banyak kebudayaan khas Indonesia dari setiap provinsi, yang dipamerkan di sini.

Misalnya, kamu bisa melihat pertunjukan tarian daerah, pakaian adat, kerajinan tangan, rumah ibadah tiap agama, museum, teater Keong Mas, kebun binatang, dan masih banyak lagi!

Jika kamu dan keluarga merasa lelah setelah berkeliling, carilah pohon yang rindang di sekitar danau. Kemudian bersantailah sambil menikmati makanan yang sudah disiapkan.

5. Bercengkerama dengan berbagai satwa di kebun binatang Ragunan

ragunan

Suka mengamati tingkah laku binatang? Datang saja ke Kebun Binatang Ragunan yang berlokasi di kawasan Pasar Minggu, Jakarta ini. Berdiri sejak 1864, kebun binatang seluas 147 hektar ini memiliki lebih dari dua ribu ekor jenis satwa.

Selain diramaikan dengan koleksi faunanya yang beragam, kebun binatang Ragunan ini juga ditumbuhi oleh lebih dari 50.000 pohon. Sejuk dan nyaman banget untuk berkumpul bersama keluarga.

Meski termasuk dalam salah satu tempat wisata di Jakarta yang populer, kamu nggak akan dikenakan biaya mahal saat masuk kawasan ini. Hanya dengan uang sebesar Rp4.000 untuk orang dewasa danย  Rp3.000 untuk anak-anak, kamu sudah dapat menyaksikan beragam jenis flora dan fauna di tempat ini.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan beragam wahana seperti kuda tunggang, unta tunggang, kereta keliling, sepeda ganda, hingga menonton film dokumentasi, serta pentas satwa.

6. Berfoto ria ala vintage di Kota Tua

kota-tua

Via – Aneka Tempat Wisata

Bagi kamu pecinta fotografi, wajib banget mengunjungi tempat yang satu ini. Kota Tua merupakan salah satu tempat wisata di ibukota yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Kawasan ini merupakan salah satu landmark kota Jakarta karena menyimpan sejarah dan berbagai peninggalan masa kolonial penjajahan Belanda.

Di sini, kamu dapat menemukan sejumlah landmark historis seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, Toko Merah, dan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Setelah lelah berkeliling dan berburu foto, kamu juga bisa menikmati pengalaman kuliner di kawasan ini dengan singgah di Cafe Batavia atau Cafe Gazebo. Cafe-cafe tersebut masih mempertahankan bangunan aslinya sejak masa kolonial dulu. Nggak hobi cafe? Di luar banyak jajanan kok!.

7. Mengenal budaya Betawi di Setu Babakan

situ-babakan

Via – Backpackology

Bagi kamu yang penasaran dengan kebudayaan orang Jakarta, singgahlah ke Setu Babakan. Tempat ini merupakan sebuah perkampungan yang telah ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya Jakarta. Di sini, kamu akan menemukan berbagai bangunan dan peninggalan budaya khas Betawi.

Di kawasan ini terdapat sebuah danau besar yang merupakan lokasi rekreasi menarik yang selalu ramai didatangi banyak pengunjung dari dalam dan luar Jakarta.

Tempat wisata budaya Jakarta ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan budaya Betawi asli secara langsung. Kawasan Setu Babakan ini dihuni sekitar tiga ribu kepala keluarga yang semuanya merupakan orang asli Betawi yang telah mendiami daerah tersebut secara turun temurun.

Kamu bisa melihat cara orang Betawi bercocok tanam, berdagang, membuat bermacam-macam kerajinan, hingga memasak makanan khas Betawi seperti kerak telor, soto betawi, atau kue apem.

Ternyata banyak juga ya, hal-hal yang bisa kamu lakukan di kota metropolitan Jakarta di liburan tahun baru ini. Dari beberapa hal di atas, adakah yang menarik perhatianmu? Atau sudah punya rencana lainnya untuk liburan tahun baru di Jakarta? Yuk ceritakan di sini.

Jika kamu masih kebingungan untuk memilih tempat wisata yang menarik di Jakarta untuk liburan tahun baru, Blibli.com punya beragam pilihan destinasi di Ibukotaย untuk kamu. Penasaran? Yuk langsung saja diintip!

Raya

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends :)
Raya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY