me

Tricks and Tips Liburan Hemat ke Jepang!

Dec 20, 2022.By Nadine
Bagikan
Foto: Sumber Image

Jepang memang memiliki ragam pesona indah dan bisa menjadi tempat yang tepat untuk mewujudkan liburan impian kamu. Disamping itu, Blibli Friends mungkin mengira kalau berlibur ke Jepang bakal menyiapkan budget lebih dan menghabiskan banyak biaya. Walaupun termasuk negara yang menghabiskan biaya hidup paling mahal di Asia, kamu tetap bisa liburan hemat ke Jepang, kok!

Mungkin Blibli Friends salah satu orang yang sudah merencanakan dari lama hari untuk liburan ke Jepang. Nggak perlu khawatir, ya, karena disini banyak cara yang membuat Blibli Friends bisa mewujudkan keinginan kamu untuk menikmati liburan hemat ke Jepang. Semakin penasaran? Yuk, lihat tips liburan hemat ke Jepang di bawah ini!

Baca juga: Liburan Ke Eropa? Kunjungi Tempat-tempat Asyik Ini!


Manfaatkan Voucher

Nah, untuk berlibur hemat ke Jepang, tips pertama yang perlu Blibli Friends lakukan adalah dengan memanfaatkan voucher yang ada. Untuk mendapatkan voucher ini, Blibli Friends mengumpulkannya dari mana saja. Seperti dari pembelian makanan, belanja dimana saja dengan menggunakan tiket, baik saat Blibli Friends membelinya secara online maupun offline.

Nanti, voucher yang Blibli Friends kumpulkan tersebut bisa mengurangi tarif saat kamu berbelanja dan bahkan bisa membuat Blibli Friends bisa menikmati liburan dengan fasilitas gratis selama di Jepang, loh. Sehingga, hal itu bisa menguntungkan buat Blibli Friends dan membuat kamu jadi lebih hemat dalam mengeluarkan biaya dari yang seharusnya.

Lalu, apa aja voucher yang bisa Blibli Friends manfaatkan selama liburan ke Jepang? Simak dibawah ini, ya!

1. Voucher Japan Rail Pass

My Tours - Japan JR Pass 7 Days Ordinary Paket Wisata Internasional

Saat berkunjung ke negara mana pun, Blibli Friends pasti nggak ingin melewatkan kesempatan untuk berkeliling di berbagai daerah yang memiliki tempat wisata menarik di Jepang. Untuk menghemat budget selama liburan di Jepang, Blibli Friends perlu memanfaatkan voucher Japan Rail Pass yang kini tersedia di toko online Blibli.

Namun, sebelum membeli voucher Japan Rail Pass ini, Blibli Friends perlu memastikan kalau kamu bakal berlibur sambil mengelilingi berbagai kota di Jepang atau menetap di satu kota aja, nih. Karena kalau Blibli Friends ada berencana untuk berpindah kota, ada baiknya untuk memiliki voucher Japan Rail Pass.

Walaupun bisa dikatakan untuk mendapatkan voucher Japan Rail Pass ini kamu perlu mengeluarkan budget hingga Rp 2 jutaan rupiah. Namun, Blibli Friends bisa menikmati liburan dengan berkeliling ke berbagai daerah di Jepang selama 7 hari dan berlaku untuk semua jalur JR di seluruh Jepang, kecuali Nozomi dan Mizuho Shinkansen.

Bukan cuma perjalanan darat bus dan kereta api, voucher Japan Rail Pass ini juga sudah berlaku di feri JR Miyajima dan berbagai akomodasi lainnya yang dimiliki oleh perusahaan Japan Rail (JR), loh.

2. Sim Card

SIM Card Jepang Unlimited | Japan SIM

Saat berlibur dimana aja, tentu Blibli Friends nggak ingin melewatkan berbagai dokumentasi dan menguploadnya di media sosial, dong. Nah, untuk itu sebelum berlibur ke Jepang, ada baiknya Blibli Friends menyiapkan Sim Card khusus untuk internetan selama kamu di luar negeri. Kalau bisa, Blibli Friends juga mencari Sim Card yang langsung aktif, agar nggak perlu repot untuk mencari counter, ya!

Beruntungnya, Sim Card ini bisa Blibli Friends di toko online dengan masa aktif 7, 10, 15, 20, hingga 30 hari. Untuk kuota internet nya, Blibli Friends menyesuaikan dengan kebutuhan kamu selama berlibur di Jepang. Untuk fasilitas Sim Card ini, Blibli Friends bisa mengaksesnya hingga ke berbagai daerah di Jepang, loh.

3. Wi-Fi

JavaSIM eSIM Travel Japan Unlimited | eSIM Jepang

Jika Blibli Friends nggak ingin ribet mengganti Sim Card, kamu bisa memilih alternatif lain, kok, yaitu menggunakan WiFi Traveling yang bisa dibawa dan digunakan hingga ke 70 negara, terutama Jepang. Untuk menggunakan WiFi ini juga mudah banget, Blibli Friends cuma perlu melakukan scan QR Code yang nantinya didapatkan melalui email kamu dan nggak perlu mengganti Sim Card fisik, nih.

Terlebih lagi, dengan menggunakan WiFi ini Blibli Friends bisa nggak perlu melakukan registrasi ulang dan sudah bisa langsung digunakan dengan internet sepuasnya serta tanpa batas selama berlibur di Jepang. Dan menariknya, kamu bisa berbagi jaringan internet dengan teman ataupun keluarga, loh. Yang pastinya, tips ini bisa menghemat budget kamu selama liburan di Jepang, deh.

Memesan Tiket Pesawat Murah

Tips berikutnya untuk mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah secara online maupun offline, Blibli Friends harus mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Sebab, dengan tiket pesawat yang mahal bisa jadi masalah saat Blibli Friends ingin liburan hemat ke Jepang. Nah, untuk cara mendapatkan tiket pesawat murah ini, Blibli Friends mengikuti caranya di bawah ini, ya!

1. Beli Tiket dari Jauh Hari

Hal pertama yang perlu Blibli Friends untuk mendapatkan tiket pesawat murah ke Jepang adalah dengan membelinya dari jauh-jauh hari, ya. Dan usahakan Blibli Friends nggak mencari tiket ke Jepang jangan dadakan, apalagi dalam waktu mepet. Kalau perlu, Blibli Friends mempersiapkan tiket penerbangan ini sebelum 2 bulan atau 3 bulan saat keberangkatan, ya.

Sebab, dengan memesan tiket dari jauh hari, Blibli Friends bisa memilih berbagai maskapai penerbangan yang sesuai dengan budget atau biaya yang ingin kamu keluarkan. Mulai dari maskapai lokal hingga maskapai Jepang yang menyediakan layanan full service yang bakal menambah pengalaman kamu selama berlibur ke luar negeri.

2. Memesan Tiket Pesawat Saat Low Season

Cara ini juga perlu Blibli Friends perhatikan, yaitu memesan tiket pesawat ketika low season atau saat orang-orang sedikit merencanakan perjalanan liburan ke suatu tempat. Karena, saat low season tiket penerbangan maupun perjalanan ke tempat destinasi lainnya juga bisa menjadi paling rendah, loh. Jadi, ada baiknya kamu mengetahui kapan waktu low season tersebut, nih.

Di Indonesia sendiri, low season ini terjadi dua kali dalam satu tahun, yaitu pada September hingga awal Desember dan pertengahan Januari hingga April. Sebab, di luar bulan tersebut bakal menjadi waktu periode liburan atau high season dan pastinya harga tiket penerbangan maupun perjalanan jadi lebih mahal.

3. Manfaatkan Voucher Diskon dan Promo

Cara berikutnya adalah Blibli Friends bisa memanfaatkan voucher diskon dan promo saat memesan tiket penerbangan. Umumnya, maskapai menawarkan berbagai diskon dan promo yang menarik untuk calon penumpangnya. Maka dari itu, Blibli Friends harus teliti dan bisa berburu promo dengan berbagai diskon serta voucher yang sudah disediakan oleh maskapai melalui aplikasi pemesanan, nih.

Umumnya, beberapa maskapai memberikan promo bank melalui sistem pembayaran yang ingin kamu gunakan berupa potongan harga. Bisa itu melalui kartu debit maupun kartu kredit. Jadi, Blibli Friends harus rajin melihat diskon hingga promo yang ditawarkan, ya. Dan jangan lupa, pastikan Blibli Friends memesan tiket penerbangan yang sudah sekaligus tiket pulang-pergi, ya!

Memilih Akomodasi Non-Hotel

Selanjutnya untuk mendapatkan liburan hemat ke Jepang adalah memilih akomodasi non-hotel. Nggak cuma menghemat biaya jalan-jalan berbagai daerah Jepang, Blibli Friends juga bisa memangkas budget selama menginap di Jepang. Alangkah baiknya, kalau Blibli Friends memilih untuk menginap di unit apartemen atau rumah warga Jepang.

Umumnya, rumah di Jepang bisa diisi hingga 5 orang dengan tarif sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribuan per malamnya. Nah, kalau Blibli Friends pergi dengan rombongan atau ramai-ramai, kamu bisa menyewa rumah yang berbentuk apartemen. Biasanya, tempat seperti apartemen ataupun rumah di Jepang sudah termasuk fasilitas dapur dan microwave, sehingga kamu bisa masak sendiri, deh.

Berkunjung ke Tempat Wisata Gratis

Jepang memang banyak memiliki tempat wisata yang nggak perlu mengeluarkan biaya untuk masuknya. Dengan mengunjungi tempat wisata gratis tersebut, Blibli Friends bisa memangkas biaya liburan kamu selama di Jepang. Seperti kuil-kuil, landmark kota, taman bunga matahari “Himawari no Sato, hingga daerah tempat berbelanja seperti Harajuku atau Akihabara.

Kalau ada dana atau budget yang mungkin lebih, Blibli Friends bisa bersinggah ke tempat wisata berbayar yang menyediakan berbagai hiburan sekaligus dalam satu tempat, diantaranya seperti Disneyland Jepang atau Universal Studios Japan. Dengan begitu, waktu liburan kamu selama berkunjung ke tempat wisata di Jepang nggak bakal sia-sia, deh.

Dan jangan lupa untuk berkunjung ke toko serba di Jepang yang menjual berbagai oleh-oleh serba 100 yen, salah satunya di Hyakuen Shop. Selain menjual oleh-oleh Jepang, toko tersebut juga menjual berbagai kebutuhan sehari-hari, loh.

Membeli Makanan di Minimarket

Hal yang satu ini juga perlu Blibli Friends perhatikan dan nggak boleh kamu lewatkan, yaitu dengan membeli makanan di minimarket di Jepang. Blibli Friends bisa mencoba untuk membeli onigiri sebagai menu sarapan. Apalagi, makanan lezat yang bisa kamu dapatkan di minimarket Jepang ini memiliki harga yang nggak mahal, yakni kurang lebih 150 yen.

Onigiri sendiri merupakan makanan yang terdiri dari nasi kepal yang dipadatkan dan memiliki rasa yang khas. Ukurannya cukup mengenyangkan perut ini juga menjadi makanan yang sering dicari oleh orang-orang saat berkunjung di Jepang.

Sementara, untuk makan malam, Blibli Friends bisa mencoba untuk membeli makanan di Depachika, yaitu tempat basement yang berada di mall besar seperti Tobu, Daimaru, Takashimaya, dan lain sebagainya. Umumnya, tempat tersebut menjual makanan murah dengan rasa yang enak, loh. Dan Depachika ini memiliki jam operasional mulai dari sekitar 19.00 hingga 21.00 malam.


Baca juga: Panduan Wisata Disneyland Hongkong 

Nah, itulah tips liburan hemat ke Jepang yang bisa membantu Blibli Friends dalam mewujudkan liburan impian. Gimana, tertarik untuk berlibur ke Jepang? Apalagi saat ini peraturan penerbangan untuk ke luar negeri sudah diringankan, loh. Jangan sampai Blibli Friends melewatkan kesempatan menarik yang satu ini, loh.

Dan sebelum berencana untuk berlibur dan mengeliling berbagai daerah di Jepang, pastikan Blibli Friends sudah memiliki Japan Rail Pass yang kini bisa kamu dapatkan di toko online Blibli. Ada banyak Japan Rail Pass dengan harga menarik dan tentunya lebih hemat yang bisa Blibli Friends temukan, loh. Yuk, cek di Blibli dan temukan berbagai kebutuhan kamu selama berlibur ke luar negeri, ya!

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel