Apakah kamu lelah dengan suasana kota yang penuh dengan polusi dan kemacetan? Merasa butuh lebih banyak alam hijau dalam hidupmu? Jika kamu menjawab ya, menurut Psikologi kamu termasuk tipe orang yang memiliki connectedness to nature atau keterhubungan dengan alam yang tinggi.

Maksudnya, kamu adalah tipe orang yang cinta alam hijau, memiliki hubungan dan kebutuhan spesial akannya. Kamu lebih bahagia jika berada lebih dekat dengan alam. Nah, ini bisa menjadi masalah ketika kamu tinggal di wilayah yang jauh sekali dengan alam. Kamu bisa merasa kurang bahagia, dan lebih mudah stres.

Namun, nggak perlu kahwatir. Ada solusi yang cukup sederhana! Kamu tinggal mengubah rumahmu menjadi tempat istirahat dengan nuansa alam hijau dengan 7 hal-hal kecil!

1. Recycle sampah-sampahmurecycleTerkadang rumah dapat terasa sesak dan berantakan karena keberadaan sampah. Kalau ada banyak botol-botol dan kantung plastik di rumahmu, kamu bisa mempertimbangkan untuk beralih ke gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

Mulailah dengan mendaur ulang sampah-sampah yang menumpuk. Kamu bisa menjualnya, atau jika lebih kreatif dan punya waktu, bsia mengubahnya jadi kerajinan tangan.

Kalau sampah di rumah teregulasi dengan baik, kamu sudah satu langkah lebih dekat untuk mewujudkan rumah (dan dunia) yang lebih alamiah

2. Mulai proyek taman hijau pribadimukebunCara utama untuk menciptakan kesan hijau di rumah adalah dengan memiliki taman hijau. Mulailah merencanakan denah dna tata ruang yang kamu inginkan.

Pilihlah tanaman tergantung kebutuhanmu. Misalnya, tanamlah bunga ketika mengejar estetika. Tanamlah rempah-rempah dan sayur-sayuran jika kamu ingin tamanmu bermanfaat.

Langkah selanjutnya, tentukan peralatan berkebun yang memadai untuk proyekmu. Cari gunting dahan, sekop kecil, pot, dan sarung tangan berkebun yang sesuai dengan kebutuhan bercocok-tanammu.

3. Dekorasi kayudekorasi kayu

Kalau kamu bukan orang yang suka menghabiskan waktu di luar ruangan, kamu masih bisa menciptakan kesan natural di rumah. Coba hindari perabotan dengan bahan sintetis seperti plastik. Isi kamar-kamar di rumahmu dengan dekorasi berbahan kayu.

Misalnya, kamu bisa mengubah dapur di rumahmu dengan cara mengganti talenan, mangkok, bakul, dan bahkan cedokan berbahan kayu. Sulap rumahmu menjadi hutan kayu kecil!


BACA JUGA 4 Ruang Favorit di Rumah Ini Bakal Membuat Kreativitasmu Makin Kinclong Lagi


4. Lukisan dengan tema alamlukisan tema alam

Via oilpaintingfactory.com

Ini adalah tips yang cocok untuk dipraktikkan di ruang keluarga. Kamu bisa menciptakan ruang keluarga yang hangat dan natural dengan memajang lukisan-lukisan bertema alam.

Buat kamu yang agak kebingungan, mungkin bisa mulai dengan memakang lukisan Bob Ross. Lukisan mantan tentara Amerika ini cukup terkenal dengan pemandangan alam yang hidup. Salah satu lukisannya yang sering menjadi favorit adalah tipe “Bubbling Stream” seperti di atas.

5. Buah-buahan di sekitarmubuah buahan

Dapur yang memiliki nuansa natural memiliki banyak kelebihan loh. Selain menggugah selera makan, dapur ini juga membuatmu merasa lebih santai dan nyaman.

Trik sederhana untuk menciptakan dapur natural adalah dengan menggunakan dekorasi buah-buahan dan tumbuhan sintetis. Pajangan dan mainan yang menarik!

Akan lebih baik lagi kalau kamu selalu menyediakan buah-buahan asli. Walaupun nggak akan bertahan lama, namun cukup baik dijadikan snack ringan di sore hari.

6. Koleksi hijaukoleksi hijau

Kalau taman hijau terdengar seperti dedikasi yang terlalu besar, kamu dapat memulai versi kecil indoor terlebih dahulu. Hanya bermodalkan satu meja kosong, pot kecil, dan benih, kamu bisa mulai menanam koleksi hijaumu.

Tumbuhan kecil yang biasa ditanam dalam ruangan nggak membutuhkan banyak perawatan. Kaktus, lumut, dan tumbuhan paku bisa kamu jadikan langkah awal. Kamu hanya membutuhkan sprayer air dan 5 menit setiap harinya untuk menjaga koleksi hijau ini.

7. Kolam airkolam air

Apa sih yang lebih natural dari air mengalir? Sebuah kolam air dapat membawa perubahan besar loh dalam rumahmu. Kamu nggak membutuhkan kolam air yang besar dan memakan ruang untuk merasakan efek naturalnya.

Hanya dengan kolam yang kecil dan sederhana saja, kamu bisa membawa efek meditatif suara gemericik air ke rumahmu.

Pasang di dalam ruang tamu, atau pekarangan rumah. Ketika kamu sedang lelah dengan rutinitas hidup, kamu bisa menyegarkan diri dengan bersantai di samping kolam.

Alangkah lebih baik lagi ketika kamu bisa menggabungkan semua tips di atas untuk membentuk alam hijau milikmu sendiri. Buat kamu yang butuh kedekatan mesra dengan alam, semoga langkah-langkah di atas bisa memuaskanmu! Selamat mencoba!

Raya

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends :)
Raya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY