Latih Kemampuan Mengatur Waktumu dengan 4 Kebiasaan Ini

Photo via pexels.com

Salah satu kemampuan kritis yang wajib dimiliki di berbagai situasi ialah manajemen waktu. Baik itu dalam bekerja, studi, maupun sesimpel aktivitas harian akan terasa runyam jika kita tak mengatur waktu dengan baik.

Meski tiap orang memiliki kapasitas mengatur diri yang berbeda-beda, pada dasarnya skill yang satu ini bisa dilatih lho. Cukup terapkan 4 kebiasaan sederhana ini, dan cobalah lihat dampak positifnya pada dirimu:

Selalu buat prioritas

person holding pencil and stick note beside table
Photo via unsplash.com

Mereka yang memiliki perencanaan prioritas umumnya selalu bisa memaksimalkan waktu yang ada dengan baik dan efektif. Selalu tahu apa yang harus dikerjakan, dan juga alternatif rencana cadangan apabila ada hal yang terjadi di luar rencana.

PLANNER DESAIN MINIMALIS, KLIK DI SINI UNTUK MEMBELI

Untukmu yang selalu merasa memiliki terlalu banyak hal untuk dilakukan, coba deh tuliskan apa saja daftar kegiatanmu dan mulai coret mana yang mau didahulukan. Seperti kata pepatah, “Selalu ada waktu untuk semua hal. Yang harus dilakukan hanyalah menentukan mana yang terpenting untukmu”.

Manfaatkan teknologi pendukung

person clicking Apple Watch smartwatch
Photo via unsplash.com

Selalu ada hal baik yang bisa kita manfaatkan dari kecanggihan teknologi. Termasuk untuk manajemen waktu. Saat ini, semakin banyak lho orang yang menggunakan smartwatch mereka untuk mengatur berbagai agenda. Ya, pengaturan kegiatan semudah dari jam tangan saja! Menarik, bukan?

BELI APPLE WATCH SERIES 4, KLIK UNTUK DAPAT DISKON SEKARANG

Multitasking adalah kunci

woman holding ebook reader
Photo via unsplash.com

Apabila waktumu memang terbatas, terkadang tak ada salahnya untuk melakukan multitask. Namun, pastikan bahwa skala prioritas yang satu tidaklah seberat yang lain, agar energimu tidak terlalu terkuras. Multitask ini juga bisa lho diaplikasikan untuk hal-hal yang sifatnya hobi. Misalnya jika selama ini hobi membacamu sering ‘terpinggirkan’ oleh padatnya meeting, kenapa tak manfaatkan jeda waktumu untuk membaca?

LEBIH PRAKTIS MEMBACA DI MANA SAJA DENGAN AMAZON KINDLE, BISA CICILAN 0%

Terus latih kemampuan fokus

woman standing on white background
Photo via unsplash.com

Yang satu ini penting dilatih agar kamu bisa menentukan skala prioritas dengan baik–bahkan di tengah tekanan stres sekalipun. Salah satu cara yang dianjurkan ialah dengan meditasi, dilanjutkan dengan journaling. Meditasi ini bisa sekali kok dilakukan secara mandiri di rumah!

AROMATERAPI ISI 10, COCOK UNTUK MEDITASI

Pikirkan apa saja yang sudah dijalani selama seharian penuh; hal apa yang membuatmu merasa terhambat dan apa yang perlu dibaiki. Sehingga ketika suatu saat kamu dihadapkan di situasi yang sama, otakmu akan memberikan sinyal penanda dari refleksi yang sudah dilakukan.

Yuk coba dilakukan tips-tips di atas. Share deh di kolom komentar, seperti apa perubahan yang kamu alami?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY