Mainan untuk anak bukan sekadar barang untuk membuat anak gembira. Mainan juga bisa bermanfaat bagi anak mulai dari mengasah motorik kasar dan halus, hingga melatih kecerdasan anak. Banyak mainan untuk mengasah motorik seperti bermain kelereng atau bermain lilin mainan. Lalu permainan apa yang bisa mengasah kecerdasan anak?

Banyak permainan yang bisa mengasah kecerdasan anak, salah satunya adalah dengan mainan rakitan. Mainan rakitan bisa mengasah imajinasi anak. Selain itu, mainan anak rakitan ini juga bisa melatih daya ingat dan kecerdasan si kecil. Sebab, si kecil harus mencocokkan bagian satu dengan bagian lainnya agar tersusun bentuk yang diinginkan.

Mainan apa saja yang bisa bermanfaat untuk mengingat kecerdasan s11i kecil? Berikut ini tiga permainan rakit-merakit yang bisa bermanfaat untuk membangun kecerdasan anak:

Lego

lego

Via sydneylivingmuseums.com

Permainan yang mulai dirancang pada 1935 ini popularitasnya bertahan sampai sekarang. Lego bisa mengasah kecerdasan anak, karena anak bisa mengingat bentuk apa saja yang harus disusunnya. Ada berbagai jenis lego. Pertama adalah lego yang bisa dibentuk apa saja. Kedua, lego yang hanya bisa dibentuk menjadi satu bentuk saja. Ketiga adalah lego yang bisa dibentuk dan diubah menjadi beberapa jenis bentuk. Ketiganya memiliki tantangan masing-masing dan bisa mengasah daya ingat dan kreativitas anak ketika sedang menyusunnya.

BACA JUGA Alasan Lego Populer di Semua Umur

Robot rakitan

robot rakitan Merakit robot bisa menjadi permainan seru bagi anak-anak. Selain tantangan membentuk robot dari bagian-bagian kecil menjadi satu kesatuan utuh, anak-anak ditantang untuk menghafal antar bagian yang harus dipasangkan. Salah satu robot yang popularitasnya terus naik dan layak menjadi barang koleksi adalah robot Gundam seperti ini. Dampingi si kecil saat merakit robot ini, karena beberapa bagian robot bentuknya kecil dan perlu ketelitian ketika memasangnya. Anda bisa membelikan robot rakitan seperti ini untuk si kecil di Blibli.com. Selain banyak pilihannya, Moms atau Dads bisa mendapatkan produk dengan cicilan ringan 0%. Barang berkualitas pasti dikirim ke rumah tanpa repot antre memilih di mal.

Mainan balok edukatif

mainan balok

Via 1to1fund.org

Saat ini banyak dijual mainan edukatif berbahan kayu. Kelebihan mainan ini adalah terbuat dari bahan yang aman untuk kesehatan anak dan awet. Selain itu, mainan ini juga bisa bermanfaat untuk melatih daya ingat anak. Misalnya saja ada bentuk persegi tiga lubang, dia harus memasukkannya ke tiang tiga lubang. Begitu pula untuk persegi empat lubang harus tepat dimasukkan ke tiang empat lubang, tidak bisa ke tiang tiga lubang. Permainan ini sangat cocok untuk anak usia batita, tapi masih bisa digunakan untuk anak-anak usia balita.

Semoga dengan beberapa pilihan jenis mainan tadi, si kecil tumbuh makin cerdas dan aktif ya.

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY