Lari Pagi Dengan Lebih Baik Dengan 6 Tips Ini, Yuk!

lari pagi

Lari pagi itu memang olahraga yang simple, namun bisa membuat tubuhmu lebih segar saat menghadapi hari yang sibuk. Akan tetapi, kalau kamu nggak melakukannya dengan benar, lari pagi yang menyehatkan justru akan berbalik membuatmu kehabisan tenaga meski masih pagi.

Makanya sering ada yang beralasan “lari pagi itu bikin capek”. Padahal hal ini terjadi karena kamu nggak lari pagi dengan benar! Nah, supaya lari pagimu tetap bisa menjadi olahraga yang efektif untuk menjaga kebugaran, kamu harus tahu 6 cara yang tepat untuk lari pagi. Yuk, langsung disimak!

1. Sarapan dulu 45 menit sebelum lari pagi

lari pagi
Via – Steve Loverock

Lari pagi pastinya akan menguras banyak tenaga dari tubuhmu! Karena itu kamu harus mempersiapkan kondisi tubuh yang terbaik sebelum lari pagi agar terhindar dari pusing dan lesu setelah olahraga. Caranya yaitu dengan menambah asupan tenaga dari sarapan.

Kalau kamu nggak suka sarapan nasi, kamu bisa makan makanan kaya karbohidrat lain seperti roti ataupun sereal gandum. Biar lebih enak, tambahkan juga makanan lain seperti pisang, stroberi, blueberry, yoghurt dan juga kukis ke dalam menu sarapanmu!

2. Ingat untuk selalu pemanasan sebelum mulai!

lari pagi
Via – Polar

Tubuh dan ototmu pasti akan terasa kaku setelah beristirahat sepanjang malam. Kalau kamu langsung mengajaknya berolahraga tanpa diregangkan terlebih dulu, kamu bisa terserang kram lho saat berlari!

Jadi, ingatlah untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu! Kamu bisa melakukan jumping jack sebanyak 3-5 set ataupun lari di tempat untuk melemaskan otot-otot tubuhmu. Sambil berlari di tempat, gerakkan juga tangan dan kepalamu biar seluruh tubuhmu siap. Jangan lupa untuk lakukan stretching lengan dan kaki!

3. Pakai outfit lari yang tepat

lari pagi
Via – Rungo

Tanpa outfit yang tepat, acara lari pagimu pasti akan berantakan! Entah karena kakimu nyeri atau penampilan yang nggak oke akibat keti basah, pasti ada saja deh kejadian yang bikin kamu malah bete saat lari pagi.

Karena itu ayo siapkan dulu outfit-mu supaya hal-hal tersebut nggak terjadi. Pastikan kamu memakai sepatu khusus lari yang nyaman dan ukurannya sesuai dengan kakimu! Pastikan baju dan jaketmu menyerap keringat dengan baik . Biar mata nggak silau terkena cahaya mentari pagi, kamu bisa pakai topi ataupun sunglass.

Rekomendasi untukmu: PUMA Propel 2

4. Lari dengan postur yang tepat

lari pagi
Via – The Odyssey

Lari pagi yang baik dan efektif itu hanya bisa kamu capai dengan postur lari yang tepat. Jadi mulailah perhatikan postur larimu mulai sekarang!

Saat berlari, jaga arah pandangan lurus ke depan. Jangan malah melihat ke sepatu atau lirik-lirik ke orang lain ya! Lemaskan pundak dan posisikan tangan dengan santai di sisi pinggang selama berlari agar pundak dan leher nggak pegal. Ayunkanlah lengan dari bahumu selama berlari.

Pastikan juga kakimu tetap mengarah lurus ke depan saat berlari agar kamu nggak jatuh. Hindarilah menapak dengan ujung jari karena itu hanya akan membuat kakimu semakin cepat capek!

5. Buat goal untuk berlari

lari pagi
Via – Sua Corrida

Berlari tanpa tujuan itu hanyalah membuang-buang waktu! Meski kamu berpikir ini hanya lari pagi biasa, kamu tetap harus membuat goal untuk kegiatan ini tiap harinya agar lebih bermakna. Tentukanlah area finish untuk kegiatan lari pagimu. Kamu juga harus menentukan kecepatan lari seperti apa yang kamu inginkan hari ini.

Apakah kamu mau berlari sprint? Atau kamu mau berlari santai sepanjang 14 lagu di playlist-mu? Apapun pilihanmu, yang penting kamu sudah memiliki sasaran yang ingin kamu capai dalam berlari.

Jangan lupa untuk mengukur kecepatan berlarimu! Biar mudah, gunakan saja smartwatch yang praktis namun bisa diandalkan!

Rekomendasi untukmu: Moto 360 2ndGen

lari pagi

6. Pastikan tubuhmu selalu terhidrasi

lari pagi
Via – Healthsomeness

Minum air saat berlari itu bisa menolongmu dari sakit kepala, kram otot dan juga rasa lelah, lho! Karena itu pastikanlah untuk minum air sebanyak 1-2 gelas saat bangun tidur. Bawa juga botol air saat berlari agar kamu bisa langsung minum di kala kamu mulai haus. Jangan sampai tubuhmu kekurangan cairan ya, guys!

Ternyata membuat lari pagi menjadi tetap efektif untuk kesegaranmu itu sederhana, bukan? Setelah tahu hal ini, jangan biarkan alasan “lari pagi bikin capek” atau “malas bangun” itu menghalangimu untuk lari pagi ya!

Supaya kamu makin semangat untuk lari pagi tiap harinya, ayo siapkan semua perlengkapan yang kamu butuhkan! Semuanya lengkap ada di Blibli.com sekarang!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY