me

5 Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Laptop Asus Tidak Mau Menyala

May 31, 2024.By Jarvis
Bagikan

fixzd.com
Tips mengatasi laptop Asus tidak mau menyala

Cicilan 0% Gadget

Artikel ini telah direview oleh Tim InfoSec Blibli – Duh, pasti panik dan takut banget, ya, Blibli Friends, saat mengetahui laptop Asus tidak mau menyala. Biasanya, sih, penyebab umum kondisi seperti ini adalah kesehatan baterai laptop yang sudah mulai menurun atau ada masalah pada konektor charger, sehingga perangkat mati. Tenang, karena di bawah ini akan dibahas tips dan trik mengatasi laptop Asus mati dan nggak mau menyala.

Baca Juga :


Cara Mengatasi Laptop Asus Tidak Mau Menyala

Apa yang harus dilakukan jika laptop Asus tidak mau menyala? Melansir dari laman resmi Asus.com, untuk mengatasi laptop merk Asus yang nggak mau nyala ada beberapa cara yang bisa dilakukan tergantung dari kondisi perangkat. Misalnya, laptop Asus tidak mau menyala lampu indikator nyala, hanya berkedip atau bahkan mati. Berikut ini adalah cara mengatasinya:

Periksa Baterai Laptop

techwithtech.com

Tips pertama yang bisa kamu coba saat laptop Asus nggak mau menyala adalah mengecek baterai laptop dulu, Blibli Friends. Cobalah hubungkan dengan charger. Jika masih belum bisa, lepaskan baterai dan hubungkan laptop dengan kabel adaptor. Hal ini karena sudah umum banget baterai laptop mulai bermasalah setelah usia 1-2 tahun atau 300-400 kali pengisian baterai.

Lepaskan Perangkat Eksternal

windowsreport.com

Cara menyalakan laptop Asus yang tidak mau menyala selanjutnya adalah dengan mencoba melepas perangkat eksternal yang terhubung, seperti keyboard eksternal, mouse atau harddisk. Lalu cobalah menghidupkan kembali laptopmu dengan menekan Power. Apabila cara ini berhasil, penyebab kenapa laptopmu mati dan nggak mau nyala adalah kabel perangkat eksternal yang terpasang.

Melakukan Hard Reset

a7la-home.com

Pada beberapa kasus kenapa laptop Asus tidak mau menyala adalah adanya gangguan atau masalah di software. Untuk mengatasinya kamu bisa mencoba melakukan hard reset dengan cara berikut:

  • Lepas semua perangkat eksternal yang terhubung
  • Lepas baterai dan pasangkan laptop dengan adaptor pengisi daya
  • Tekan dan tahan tombol Power selama 30 detik hingga lampu indikator mati
  • Cabut adaptor, lalu tekan dan tahan tombol daya selama 40 detik
  • Pasang kembali baterai dan hubungkan perangkat ke pengisi daya
  • Nyalakan laptop

Reset BIOS

how-fixit.com

Teknik ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah laptop Asus tidak mau menyala lampu indikator mati total, Blibli Friends. Tapi perlu dicatat bahwa reset BIOS bisa berisiko kalau dilakukan oleh yang belum berpengalaman. Bagi yang sudah cukup paham dengan seluk-beluk laptop dan percaya diri untuk mencoba, Berikut langkah melakukan reset BIOS:

  • Matikan laptop dan cabut kabel pengisi daya
  • Buka casing laptop, cari jumper CMOS yang biasanya terletak dekat baterai CMOS di motherboard
  • Pindahkan posisi default jumper CMOS ke posisi reset
  • Tunggu beberapa detik, lalu pindahkan jumper ke posisi default lagi
  • Pasang casing dan sambungkan kabel adaptor
  • Coba nyalakan laptop dan setting pengaturan BIOS seperti yang dibutuhkan

Rekomendasi Laptop Asus Terbaik

Laptop sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat modern. Maka nggak heran kalau kita ingin mencari laptop yang memiliki kualitas paling oke, kan, Blibli Friends? Karena meski di pasaran banyak bermunculan pilihan terbaru, tapi nggak semua dibekali dengan spek yang canggih untuk memenuhi kebutuhan. Nah, buat yang sedang cari laptop bagus, berikut ini 7 rekomendasi laptop Asus terbaik:

ASUS A1400EA-VIPS322 Notebook

agres.id

Notebook Asus Vivobook 14 A1400 menjanjikan performa andal dengan prosesor Intel Core i3-1115G4 didukung memori 4GB DDR4 on board dan ruang penyimpanan berkapasitas 256GB. Selain itu, laptop yang jadi favorit mahasiswa hingga pekerja kantoran ini juga dibekali Integrated GPU Intel UHD Graphics untuk memproses gambar sehingga kamu bisa berkreasi dengan cepat dan mudah.

ASUS M1403QA-VIPS752 Notebook

duniagames.id

Buat kamu yang cari laptop Asus dengan performa tinggi dan kecepatan turbo, Vivobook 14 X M1403 dengan AMD Ryzen 7 5800H Mobile Processor, AMD Radeon Vega 7 Graphics dan memori 16GB (8GB DDR4 on board + 8GB DDR4 SO-DIMM) serta kapasitas penyimpanan sebesar  512GB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD sangat direkomendasikan, Blibli Friends.

ASUS A416MAO-FHD425 Notebook

laros.id

Dibekali Intel Celeron N4020 Processor 1.1 GHz (4M Cache, up to 2.8 GHz, 2 cores) didukung integrated GPU dari Intel UHD Graphics 600, RAM 4GB DDR4 dan memori 256GB M.2 NVMe, menjadikan Vivobook 14 A416MAO-FHD425 andal nggak cuma untuk kebutuhan belajar, tapi juga bekerja. Terlebih notebook ini dilengkapi beragam fitur menarik, seperti Backlit Chiclet Keyboard.

ASUS A1400EA-FHD323 Notebook

softcom.co.id

Kombinasi Intel Core i3-1115G4 Processor 3.0 GH dengan Intel UHD Graphics dan memori 8GB DDR4 on board yang bisa diupgrade serta ruang penyimpanan sebesar 256GB memberikan produktivitas yang sangat bagus untuk segala kebutuhanmu. Selain itu, dengan dimensi yang terbilang ringkas dan bobot 1.55 kg, menjadikan notebook Vivobook 14 A1400 ini nyaman dibawa-bawa ke mana saja.

ASUS Zenbook 17 Fold (UX9702AA-FOLED711)

smartprix.com

Selain dari jajaran Vivobook, Asus juga punya series lain yang nggak kalah populer di semua kalangan, lho, Blibli Friends. Dari barisan Zenbook, ada Asus 17 Fold dengan inovasi layar lipat untuk tampilan visual yang impresif anti delay, didukung dapur pacu yang mumpuni berkat prosesor Intel Core i7-1250U 1.1 GHz dan GPU Intel Iris Xe Graphics serta RAM 16GB berbasis LPDDR5.

ASUS TUF Gaming F15 FX506LH

fonearena.com

Nah, buat kamu yang sedang cari laptop Asus terbaik untuk memenuhi kebutuhan Komputer & Gaming, Asus punya laptop jagoan TUF Gaming F15 FX506LH yang selain kuat dan tahan banting, juga memiliki durabilitas berstandar militer.  Dengan prosesor Core i5, menjadikan laptop ini andal untuk memainkan game jenis FPS.

ASUS M415DAO VIPS351

itgaleri.com

Lain lagi dengan laptop besutan Asus satu ini, Blibli Friends. Meski disebut sebagai laptop ekonomis, tapi jangan salah, karena Asus M415DAO VIPS351 dibekali spesifikasi di atas rata-rata, lho. Mulai dari prosesor AMD Ryzen 3 generasi ketiga didukung GPU bawaan jenis Vega 3, RAM sebesar 8GB dan disokong memori internal jenis SSD berkapasitas 512GB PCIe generasi ketiga.


Baca Juga :

Gimana, Blibli Friends, itulah solusi masalah laptop Asus tidak mau menyala dengan kondisi lampu indikator nyala, berkedip hingga mati total. Kalau ingin meng-upgrade laptop lawas, pastikan cuma percaya dengan Blibli, tempat Asus Official Store terpercaya dengan koleksi laptop ASUS terbaru dengan garansi resmi dan promo spesial. So, tunggu apa lagi, buruan checkout Asus-mu sekarang!