me

6 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun yang Benar 

Jun 16, 2021.By
Bagikan

Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun – Bukan hanya di masa pandemi, mencuci tangan selalu penting untuk dilakukan loh. Mencuci tangan dengan benar dan teratur dapat mengurangi penyebaran bakteri dan kuman.

Namun, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana langkah mencuci tangan pakai sabun yang benar. Biar ga salah lagi, yuk ikuti langkah cuci tangan pakai sabun yang benar berikut ini.  


Baca juga: Merk Sabun Cuci Tangan Terbaik (Updated Jun 2021)

Langkah Cuci Tangan yang Benar 

langkah cuci tangan pakai sabun
Image Source: covid19.go.id

Mencuci tangan di masa pandemi semakin digalakkan mengingat hal tersebut dapat menekan angka penyebaran virus dari satu orang ke orang lainnya. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengikuti langkah mencuci tangan pakai sabun yang benar. Yuk ikuti langkahnya berikut ini.  

1. Basahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membasahi seluruh telapak tangan dengan air bersih. Pastikan air yang kamu gunakan air mengalir ya supaya kotoran di tangan kamu akan terbawa dalam alirannya.  

2. Gosok sabun ke telapak, punggung tangan dan sela jari 

Setelah memastikan seluruh telapak tanganmu sudah dibasahi air mengalir, teteskan sabun secukupnya di atas telapak tangan. Gunakan punggung tangan kamu ya untuk mengambil sabunnya supaya kuman di telapak tanganmu tidak berpindah ke tempat sabun. Setelah itu, gosok sabun ke telapak tangan, punggung tangan, dan sela jari. Pastikan seluruh telapak tangan kamu terkena sabun ya.  

3. Bersihkan bagian bawah kuku 

Jika sudah mengaplikasikan sabun, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah bersihkan bagian bawah kuku-kuku. Kuku kerap menjadi tempat kuman dan kotoran mengendap. Apalagi, kalau kamu termasuk orang yang jarang menggunting kuku. Cara untuk membersihkan bagian bawah kuku-kuku adalah dengan menggosok kuku kelima jari kanan ke telapak tangan kiri, dan sebaliknya.  

4. Gosok Sela-sela Jari Hingga Bersih 

Selain kuku, kamu juga harus memastikan sela-sela jari tangan kamu bersih. Bersihkan sela-sela jari tangan kamu dengan merapatkan kesepuluh jari secara bersilangan kanan dan kiri. Setelah itu, gerakan telapak tanganmu maju dan mundur untuk memberikan gosokan di sela-sela jari tangan.  

5. Gosok Ibu Jari secara memutar 

Membersihkan sela-sela jari ternyata tidak dapat membersihkan ibu jari secara maksimal. Untuk itu, kamu perlu untuk menggosok ibu jarimu kembali. Cara menggosok ibu jari adalah dengan menggenggam ibu jari kanan menggunanan telapak tangan kiri dan sebaliknya, kemudian gerakan genggaman secara memutar.  

6. Bilas tangan dengan air bersih mengalir 

Setelah menyelesaikan dan memastikan seluruh telapak tangan tergosok dengan sabun, bilas telapak tanganmu kembali dengan air mengalir. Pastikan seluruh telapak, punggung tangan, dan sela-sela jari bersih dari sabun ya.  

7. Keringkan tangan dengan handuk/ tisu atau keringkan dengan diangin-anginkan. 

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan setelah membilas sabun adalah mengeringkan tangan. Keringkan tangan dengan menggunakan handuk bersih atau tisu. Seluruh permukaan tanganmu harus kering ya supaya kuman di tangan tidak menempel lagi. Kamu juga dapat menggunakan hand dryer untuk mengeringkan tangan.  

Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyaksikan video langkah mencuci tangan pakai sabun yang benar di video berikut.  

Gunakan Sparkle Handsoap untuk Perlindungan Maksimal

Sparkle Handsoap Strawberry 375ml 2 pcs Free Bottle Pump

Sparkle Handsoap merupakan sabun cuci tangan dengan kandungan surfactant yang sesuai kebutuhan dan PH netral yang membuat tangan tetap bersih dan tidak terasa gatal. Selain itu, sabun ini juga memiliki wangi strawberry yang harum, busa lembut, dan harga yang ekonomis.

___________________________

Baca juga: Say Goodbye Pada Kuman Dengan Rajin Cuci Tangan!

Bagaimana? Kamu sudah paham belum langkah mencuci tangan yang benar? Jangan lupa untuk selalu mempraktekkan gerakan tersebut setiap mencuci tangan ya. Untuk perlindungan lebih maksimal, gunakan Sparkle Handsoap, ya.

 

Dapatkan Sparkle Handsoap Hanya di Sini!

Tag:
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel