Lakuin 3 Hal Ini Biar Baterai Smartphone Kamu Awet

Photo via pexels.com

Friends, pastinya kamu punya smartphone yang selalu dibawa kemana aja, bukan? Tapi ada waktu dimana kamu ngerasa kesel banget gara-gara baterai smartphone kesayangan kamu cepat habis. Hal kayak gini biasanya karena friends terlalu sering pake smartphone tersebut di  waktu yang cukup lama. Tapi jangan khawatir, friends! Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakuin supaya baterai hemat.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menghemat Baterai Smartphone

Photo via pexels.com
  1. Menonaktifkan GPS

Perlu friends tahu, kalo sebetulnya GPS atau fitur yang nunjukkin lokasi terkini itu adalah penyumbang paling besar yang bikin habis baterai. Makanya, buat permulaan coba deh pindahin ke mode lokasi Device Only, atau kalo friends punya navigasi aktif di aplikasi kayak Google Maps, gak perlu diaktifin.

Apalagi, sekarang Android pake beberapa modul lain termasuk Wi-Fi dan Bluetooth yang dimanfaatin buat ngedeteksi lokasi. Udah pasti bakal ngehabisin lebih banyak masa pakai baterai, dan biasanya gak begitu diperlukan. Friends bisa langsung nonaktifin fitur lokasi ini lewat notifikasi yang biasanya muncul di bagian atas atau bawah layar ponsel pintar.

Atau friends juga bisa buka Pengaturan, terus pilih bagian Keamanan & Lokasi. Kalo udah kebuka, cara ngehemat baterai selanjutnya dengan ngegeser tombol Lokasi dan non-aktifin opsi satu ini. Bukan cuma itu aja friends! Kamu juga harus cabut izin lokasi buat beberapa aplikasi yang ngebutuhinnya sepanjang waktu. Abis itu bakal otomatis ngeblokir aplikasi yang juga ngebutuhin lokasi.

  1. Mengaktifkan Dark Mode

Friends, bila ponsel pintarmu punya layar AMOLED, coba deh buat pake latar belakang yang warnanya gelap. Kenapa begitu? Ternyata wallpaper hitam ampuh banget ningkatin usia baterai karena AMOLED cuma nerangin piksel berwarna saja. Jadi makin banyak piksel yang friends punya, atau makin banyak piksel yang gelap, maka bakal makin sedikit daya yang dibutuhin.

Selain itu, friends juga bisa masang wallpaper gelap secara manual. Friends juga bisa aktifin mode malam di beberapa aplikasi yang kompatibel lainnya, kayak Twitter, Instagram, atau yang lainnya. Cara-cara tadi bisa jadi salah satu cara paling ampuh buat bikin batrei kamu hemat. Atau friends juga bisa minta bantuan aplikasi pihak ketiga buat ngubah ke metode malam.

  1. Membatasi Aplikasi yang Sedang Berjalan

Mungkin friends masih belum tau, kalo ternyata sebagian besar aplikasi yang dipake bakal tetap aktif bahkan sampe kamu gak ngegunainnya. Hal kayak gini yang bikin baterai smartphone kesayangan terkuras. Nah dengan pengaturan sederhana, friends bisa sepenuhnya ngebatesin aplikasi mana aja yang bakal minta akses baterai.

Friends juga bisa nutup seluruh aplikasi yang udah kebuka sebelumnya di latar belakang. Karena biasanya, Android punya fitur buat nutup aplikasi yang ada di latang belakang, tentu dengan cara yang beda di tiap model dan mereknya. Ada beberapa Android yang cuma nekan tombol home atau tombol lainnya selama beberapa detik.

Ada juga beberapa Android yang harus punya fitur Pengaturan di layar ponsel pintarnya. Cara ngehemat baterai kayak gini juga bisa dipake dengan ngebuka Pengaturan, terus ketuk bagian Aplikasi & Pemberitahuan. Selanjutnya pilih aplikasi mana aja yang bakal kamu tutup. Kalo udah dipilih, ketuk Lanjutan terus Baterai dan Pembatasan latar belakang.

Kalo friends nerapin beberapa cara yang udah dijelasin di atas, dijamin deh baterai smartphone kesayangan bakal awet banget. Tapi, friends jangan terlalu berharap, soalnya kapasitas baterai setiap Android satu sama lain beda. Jadi, friends harus tau lebih dalam lagi Android yang friends punya dari mulai kapasitas baterai dan penggunaannya. Kalo batre smartphone kalian udah terlanjur rusak, yuk cari penggantinya di Blibli.com.

TEMUKAN BATERAI SMARTPHONE KAMU DI SINI!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY