Daftar Lagu Daerah Sumatera Utara yang Terkenal

Lagu Daerah Sumatera Utara
Image Source: authentic-indonesia.com

Lagu Daerah Sumatera Utara – Indonesia memiliki beragam budaya yang bisa diketahui dari banyaknya lagu daerah yang tercipta dengan perbedaan bahasa. Nah, Blibli Friends sendiri berasal dari daerah mana nih? Bahasa daerah apa aja sih yang sudah dikuasai hingga saat ini? Atau lagu daerah mana aja nih yang paling sering kamu dengarkan?

Sumatera Utara salah satu provinsi di mana setiap masyarakatnya masih menjunjung tinggi kepercayaan terhadap adat istiadat yang dimiliki. Tentu saja hal tersebut sulit untuk ditemui akhir-akhir ini. Salah satu budaya yang paling sering terdengar dari provinsi yang satu ini adalah lagu daerahnya. 

Lagu daerah Sumatera Utara ini terkenal dengan tempo yang cepat dan berbagai lirik yang memiliki arti sangat menyentuh. Dijamin deh kamu akan terpesona ketika mendengarkan dan mengetahui arti baris perbaris dari lagu tersebut. Daripada semakin penasaran langsung aja yuk, kepoin lagu daerah Sumatera Utara di bawah ini. 


Baca juga: Tempat Wisata di Sumatera Utara & Siapkan Ini

  1. Lagu Madekdek Magambiri

Lirik Lagu Madekdek Magambiri

Madekdek magambiri da hasian
Sai madekdek tu alaman da hasian
Molo dung hubege soarami dahasian
Na lobian na butong mangan dahasian
Molo dung hubege soarami dahasian
Na lobian na butong mangan dahasian

Madekdek Magambiri merupakan lagu khas tradisi Tapanuli yang sering didendangkan anak-anak di Kampung Batak. Pada dasarnya madekdek magambiri memiliki arti pohon kemiri yang rindang dengan buah yang telah matang.

Tapi pada dasarnya lagu ini memiliki makna lain yang tersirat mengenai kisah romantis percintaan yang telah memendam rasa rindu kepada sang pujaan hati.  Tentu saja kisah ini diperjelas dengan lirik “Molo dung hubege soarami dahasian, No labian no butong mangan dahasian”, lirik tersebut memiliki arti “Bila telah kudengar suaramu ya kekasih, Lebih dari kenyangnya makan ya kekasih”. Wah  romantis banget ya liriknya.

2. Sinaggar Tullo

Lirik Lagu Sinanggar Tulo

Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Tu di a ma lu lu an
Da goreng goreng ba hen so ban sa
I tu di a ma lu lu an
Da boru to bing ba hen do ngan
Sinanggar tullo tullo a tullo

Kalau melihat judul satu ini pasti kamu udah nggak asing lagi. Sampai saat ini siapa nih yang belum tau kalau lagu Sinaggar Tullo berasal dari Sumatera Utara? Pastinya kamu sering mendengarnya ketika sedang melihat pertunjukan tari khas Sumatera Utara yaitu Tari Tortor. 

Mau tau gak sih cerita dibalik lagu ini? Ternyata Sinaggar Tullo banyak menceritakan keluh kesah seorang perjaka yang harus mendapatkan gadis yang bermarga sama. Wah, kalau tahu makna dari liriknya jadi sedih, ya.

Nah, informasi buat kamu yang belum tahu nih, kalau di Sumatera Utara terdapat beberapa marga yang terkadang juga menunjukkan kasta. Jadi, nggak sedikit nih para leluhur yang menginginkan keturunannya menikah dengan pria atau wanita yang masih dalam satu keturunan marga.

3. Rambadia 

Lirik Lagu Rambadia

Rambadia Rambamunadaito
Rio rio ramba naposo
Marga dia marga munadaito
uso uso naso umboto

Ala tipang tipang tipang polo labaya
Ala rudeng rudeng rudeng po
tillo tillo stara tillo tillo
Stara tillo tillo stara tillo tillo
pom pom pom

Au si jara jiri
naso heyap pariri
naso heyap pariri
dapet au pinamibi hi hi hey

Sengko sengko dainang 3x
sengko na sengko sengko

tri la la 2x
sirege rege tumba 2x
na sengko-sengko

sik sik sibatumanikam diparjoget
sonomanigotam dimangangingani
simambangka jula-jula

Ketika melihat dari liriknya kamu pasti udah tahu kalau lagu ini dari Sumatera Utara. Lagu ini bercerita tentang persaudaraan antar orang Batak. Budaya tegur sapa, perkenalan dan cara menyambut orang baru banyak diulas dalam lirik lagu ini. 

Seperti yang kamu tahu nih kalau orang Batak itu punya solidaritas kuat dengan orang yang punya marga sama dengan mereka.

4. Alusi Au

Lirik Lagu Alusi Au

Marragam ragam do anggo sita sita di hita manisia
Marasing asing do anggo pangidoan diganup ganup jolma
Hamo raon haga beon hasa ngapon ido di lului nadeba
Dina deba asal ma tarbarita goarna tahe
Anggo di ahu to ngasing do sita sita asing pangido aku
Mansai ambal be unang ola mangicak hamu sude di ahu

Alusi au

Sasudena na hugo ari indada i saut di ahu
Sita sita di ahu tunga sing situtu do tabe
tung holongni roham mi sambing do na hupar sita sita
Tung denggan ni basam basami do na hupar imaima
Asi ni roham da ito unang loas au maila
Beharoham dok mahatam

Alusi au
Alusi au

Seorang penulis terkenal telah menciptakan lagu ini dengan bahasa Bataknya yang kental. Lagu ini menceritakan tentang harapan dan keinginan manusia. Seperti yang kamu tahu nih kalau setiap orang pasti ingin menjadi seseorang yang sukses dan bergelimang harta. Nah, lagu ini kurang lebih juga bercerita tentang perjuangan, harapan dan juga jalan menuju kesuksesan. Wah, menginspirasi banget ya lagu Alusi Au ini!


Baca juga: Love Language Sumatera Utara di Galeri Indonesia Kaya

Selain dengan banyaknya lagu daerah, Sumatera Utara juga terkenal dengan wisata danau Toba yang memiliki pemandangan indah nan udara yang sejuk. Jangan ragu untuk berlibur dan mengunjungi Sumatera Utara. Yuk, langsung lakukan pemesanan tiket pesawat secara online di Blibli. Cara ini nggak cuma praktis tapi juga terjamin keamannya, lho. 

Dapatkan Tiket Pesawat Murah Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY