Simak Deretan Lagu Daerah Riau yang Sarat Akan Makna 

Tari Zapin Riau
Image Source: inphedia.id

Lagu Daerah Riau – Di Sumatra, terdapat Kepulauan Riau yang merupakan kota provinsi. Nah, Riau ini kaya akan berbagai sumber daya alam berupa mineral, dan juga energi, seperti gas alam, minyak bumi dan masih banyak lagi. Namun, nggak hanya itu aja nih Blibli Friends. Kepulauan ini juga memiliki alam yang indah, serta kebudayaan dan kesenian. Makanya, ada banyak banget lagu daerah Riau yang khas.

Bahkan nggak sedikit dari lagu daerah tersebut yang menceritakan tentang keindahan alam Riau. Seperti lagu Segantang Lada dan Lancang Kuning. Masih ada lagi lagu-lagu lainnya dari Riau yang setiap lagu memiliki cerita sendiri, dan berisi makna yang berarti. Daripada semakin penasaran, yuk langsung simak ulasan di bawah ini.


Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengunjungi Pulau Bintan!

  1. Segantang Lada

Lirik Lagu Segantang Lada

Segantang lada namanya kepulauan Riau 2x
Ibukotanya di pulau Bintan 2x

Hati gelisah nan risau 2x

Bila dikenang wajahmu tuan 2x

Lagu Segantang Lada adalah sebuah mahakarya dari Drs. Daud Kadir. Lagu daerah Riau ini berisikan syair yang menceritakan secara rinci mengenai ibukota provinsi. Di mana, kota tersebut berada di Pulau Bintang, lebih tepatnya di Tanjungpinang. Ini adalah letak geografisnya.

Lalu, lirik selanjutnya menceritakan tentang kerinduan seseorang kepada sang pujaan hatinya. Nah, lagu ini cukup sederhana serta mudah banget buat dihafal. Segantang Lada seakan jadi lagu wajib di kalangan masyarakat Riau. Lagu ini bahkan sudah diajarkan di sekolah-sekolah dasar lho!

2. Pantai Solop

Lirik Lagu Pantai Solop

Terkuak indah alam membentang
di rantau bumi sri gemilang
pulau cawan aduhai negeri mandah
Pantai Solop berbilang pesona
Pasirnye *** kilau kemilau
serpihan kulit satwa lautnye
Bermain ombak aduhai tercerlah bakau
Terhampar putih eloknye bagai permate

Nuanse alamnye bagai surgawi, membawe teduh suasane hati
Kicauan burung nyanyian sunyi
Pantai soloooop rahmat ilahi.

Penduduknye ramah juge berbudi
Pancaran budaya khasanah negri

Lestarikanlah warisan ini
Pantai soloop, pantai soloop, pantai solooop
Pantai sejati

Nuanse alamnye bagai surgawi, membawe teduh suasane hati
Kicauan burung nyanyian sunyi.
Pantai soloooop rahmat ilahi.

Penduduknye ramah juge berbudi
Pancaran budaya khasanah negri

Pantai Solop merupakan lagu daerah Riau ciptaan HM Rusli Zaenal. Lagu ini bercerita secara gamblang tentang keindahan Pantai Solop. Keindahan alamnya bahkan digambarkan seperti surga. Sehingga bagi semua pengunjung akan merasa teduh dan syahdu dalam keindahan.

Pantai dengan diselimuti pasir putih berkilau, lalu ombak yang bergemuruh dengan indah. Kemudian, terdengar kicauan burung yang merdu. Semuanya seakan menyempurnakan keindahan pantainya. Di samping itu, penduduk yang baik hati dan ramah, juga menjadi kelebihan tersendiri. Hal tersebut menjadi budaya yang layak dilestarikan. Jadi kepingin ke sini nggak sih Blibli Friends?

3. Pulau Bintan

Lirik Lagu Pulau Bintan

Ke mane ya’ si dare sibarang
Pulau lah Bintan .. ala sayang
Lautnya biru .. alahai adek
Pulau Penyengat .. ala sayang
Jelas melintang …
Hati ku bimbang .. ala sayang
Bertambah rindu .. alahai adek
Semakin diingat .. ala sayang
Semakin bimbang…

Hiu-hiu dilautan biru
Beranaklah due.. Ala sayang
Hatiku rindu…
Ape lah obatnye

Lagu daerah Riau selanjutnya masih berkutat tentang keindahan alam, yaitu Pulau Bintan. Pulau Bintan adalah salah satu pulau yang masuk ke dalam bagian gugusan Kepulauan Riau.

Seperti pulau-pulau pada gugusan Riau pada umumnya. Pulau Bintan begitu indah dan keindahannya tersebut digambarkan melalui lagu ini. Lagunya menceritakan keindahan alam Pulau Bintan dengan lautan biru mengelilinginya. Siapa saja yang memandangnya pasti akan terpikat.

4. Soleram

Lirik Lagu Soleram

Soleram
Soleram
Soleram
Anak yang manis
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merah lah pipinya

Satu dua
Tiga dan empat
Lima enam
Tujuh delapan
Kalau tuan dapat kawan baru sayang
Kawan lama ditinggalkan jangan

Soleram adalah salah satu lagu daerah yang begitu populer. Bahkan, lagu ini juga sangat terkenal di daerah lainnya di Indonesia. Lagu Soleram memiliki syair yang kaya akan makna dan juga berisi nasihat untuk anak-anak yang akan pergi tidur.

Di dalam lagu ini juga ada beberapa pesan yang disampaikan. Pesannya, yaitu supaya anak-anak bisa menjaga kehormatannya dan harga dirinya, juga dapat mempertahankan budayanya. Pasti Blibli Friends pernah dengar kan lagu satu ini? 

5. Lancang Kuning

Lirik Lagu Lancang Kuning

Lancang kuning
Lancang kuning belayar malam
Hai belayar malam…
Haluan menuju
Haluan menuju ke laut dalam…
Haluan menuju
Haluan menuju ke laut dalam…
Lancang kuning belayar malam… Kalau nakhoda
Kalau nakhoda kuranglah faham
Kuranglah faham…

Kalau nakhoda
Kalau nakhoda kuranglah faham
Hai kuranglah faham…
Alamatlah kapal
Alamatlah kapal akan tenggelam…
Alamatlah kapal
Alamatlah kapal akan tenggelam…

Lancang Kuning adalah sebutan lain untuk Kepulauan Riau. Nah, Lancang Kuning juga merupakan lagu rakyat yang populer sekali di dalam kalangan masyarakat Riau. Lirik lagu ini bercerita tentang seorang nahkoda yang harus paham saat dia melayarkan sebuah kapal. Ini menjadi filosofi orang Riau dalam menentukan pilihan untuk pemimpin. 

Liriknya menyiratkan pesan yakni menjadi seorang nahkoda atau pemimpin setia yang mencintai tempat kelahirannya, lebih baik daripada cuma menjadi seseorang yang pintar.


Baca juga: Tempat Wisata di Pekanbaru dengan Pilihan Hotel Terbaik

Itulah sejumlah lagu daerah Riau yang paling populer. Selayaknya semua lagu tersebut perlu sering dinyanyikan deh. Agar lagunya tetap lestari hingga anak cucu nanti. Kebanyakan lagunya bercerita tentang keindahan alam Riau. Jadi penasaran deh pingin mengintip keindahannya. Kalau gitu jadikan Riau destinasi wisata berikutnya yuk! Agar tetap hemat, pesan aja tiket pesawat di Blibli. Ada rute penerbangan lengkap dengan harga promo all the time.

Temukan Kemudahan Memesan Tiket Pesawat Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY