Lagu Daerah Maluku dengan Sejuta Keindahan Daerahnya

Lagu Daerah Maluku – Maluku provinsi terkenal paling banyak menarik perhatian di Indonesia. Banyak turis wisatawan local maupun intenasional yang berbondong-bondong berkunjung dan berwisata ke pulau yang satu ini. Maluku juga memiliki beragam budaya yang sangat indah dan patut untuk di lestarikan.

Dari sekian banyak daerah yang ada di Indonesia, Maluku ada di posisi pertama yang memiliki lagu daerah terbanyak. Hal ini dikarenakan masyarakat Pulau Maluku sangat mencintai bahasa yang dimilikinnya, sehingga banyak orang yang melontarkan keluh kesahnya ke dalam lirik sebuah lagu dengan alunan yang mendayu nan syahdu.

Kamu akan menemukan keindahan pada setiap bait lirik yang tercipta. Banyak lagu daerah yang bercerita tentang berbagai macam peliknya permasalahan yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Bagi kamu yang masih penasaran dan nggak sabar ingin tahu lebih lanjut mengenai lagu daerah Maluku, yuk langsung simak ulasan di bawah ini.


Baca juga: Banda Neira – Harta Karun di Timur Indonesia

  1. Buka Pintu

Lirik Lagu Buka Pintu

Buka pintu buka pintu, beta mau mau masuke
Siolah nona nona beta, adalah di mukae
Beta panggil tidak menyahut, buka pintu juga tidak mau
Siolah nona, beta mau masuke
Beta panggil tidak menyahut, buka pintu juga tidak mau
Buka pintu beta mau mau masuke

Dilihat dari namanya lagu Buka Pintu sudah pasti menggunakan kata dalam bahasa Indonesia. Lagu daerah Maluku ini cukup terkenal dan biasa dinyanyikan oleh anak-anak. Apa sih yang membuat lagu ini menarik perhatian anak-anak tersebut? Bahkan digadang-gadang anak di luar kepulauan Maluku, juga sering mendendangkan lagu Buka Pintu ini lho.

Ternyata lagu ini bercerita tentang kejadian lucu seorang anak yang bernama Beta. Tokoh beta yang ada di dalam lagu meminta untuk dibukakan pintu karena ada anjing diluar yang sedang menggonggong. Eh, apesnya nggak hanya disatroni oleh anjing yang menggonggong aja, Beta juga terjebak dalam hujan yang sangat deras. Namun sialnya, sang kakak yang berada di dalam rumah justru nggak mendengar teriakan dari adiknya ini. Wah, malang banget ya nasib si Beta.

2. Nona Manis Siapa yang Punya

Lirik Lagu Nona Manis Siapa yang Punya

Nona manis siapa yang punya
Nona manis siapa yang punya
Nona manis siapa yang punya
Rasa sayang sayange

Baju merah siapa yang punya
Baju merah siapa yang punya
Baju merah siapa yang punya
Rasa sayang sayange

Siapa sih yang nggak tahu tentang lagu ini? Kayaknya hampir semua orang udah tahu lagu fenomenal yang satu ini. Memiliki lirik yang diulang berkali-kali membuatnya mudah diingat dan terus ingin menyanyikannya.

Lagu Nona Manis Siapa yang Punya ternyata bercerita tentang seorang pria yang mendambakan wanita yang sangat cantik berbaju merah. Tentu saja lagu ini banyak menyita perhatian masyarakat Indonesia karena selain memiliki lirik yang enteng, nada dan alunan musiknya pun sangat ceria. Bahkan nggak sedikit lho anak-anak yang ikut menyanyikan lagu ini. Unik juga ya cerita di balik lagu kali ini?

3. Rasa Sayang Sayange

Lirik Lagu Rasa Sayang Sayange

Rasa sayange… rasa sayang sayange…
Eehh lihat dari jauh rasa sayang sayange
Rasa sayange… rasa sayang sayange…
Eehh lihat dari jauh rasa sayang sayange
Mana kancil akan di kejar
Ke dalam pasar cobalah cari
Masih kecil rajin belajar
Sudah besar senanglah diri

Rasa Sayang Sayange merupakan salah satu lagu turun termurun yang masih diingat sampai hari ini. Lagu yang menggunakan bahasa daerah asli Maluku ini sering kali dinyanyikan oleh anak-anak. Namun, bukan berarti lagu ini tidak pernah dinyanyikan orang dewasa. Banyak orang dewasa yang masih sering menyanyikan Rasa Sayang Sayange ini, lho. 

Lagu ini memiliki makna yang tersirat hampir sama dengan lagu Nona manis Siapa yang Punya. Hal ini dibuktikan pada lirik lagu “Rasa sayange rasa sayang sayange, liat nona dari jauh rasa sayang sayange” yang berarti seorang pria yang sangat gembira walaupun hanya bisa melihat sang pujaan hati dari jarak yang jauh. Wah, romantis banget ya Blibli Friends.


Baca juga: 5 Pantai Bukti Indonesia Negara Paling Mempesona!

Selain beberapa lagu daerah di atas, Maluku juga daerah yang kaya akan kesenian daerah lain dan menyimpan berjuta keindahan wisata yang pastinya nggak boleh untuk dilewatkan. Kamu bisa berkunjung ke Maluku dengan mudah hanya dengan memesan tiket pesawat secara online melalui Blibli. Selain memiliki banyak fitur menarik, Blibli juga menyediakan promo menarik setiap harinya, lho. 

DAPATKAN TIKET PESAWAT MURAH HANYA DISINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY