Daftar Lagu Daerah Lampung Lengkap dengan Lirik, Video, dan Makna 

lagu daerah lampung
sumber: aws.iwarebatik.org

Lagu Daerah Lampung – Membahas tentang lagu daerah nggak akan ada habisnya. Salah satu provinsi yang memiliki banyak sekali lagu daerah adalah Lampung. Lagu daerah Lampung merupakan lagu yang masih sering dilantunkan dan dinyanyikan pada acara adat. 

Meskipun begitu kamu juga bisa kok mendendangkan lagu daerah Lampung untuk menemani aktivitas sehari-hari. Lampung sendiri masuk dalam wilayah Pulau Sumatera dengan berbagai kebudayaan yang patut untuk diacungi jempol. 

Nah, jadi untuk kamu warga luar Sumatera juga memiliki kewajiban untuk mengetahui dan melestarikan kebudayaan khususnya lagu daerah asal Lampung ini. Kamu akan menemukan berbagai macam lagu dengan nada dan lirik yang menarik untuk didengar. Bagi kamu yang penasaran, langsung aja deh simak ulasan di bawah ini.


Baca juga: Tempat Wisata Di Lampung Paling Seru Buat Liburan

  1. Lipang Lipang Dang

Lirik Lagu Lipang Lipang Dang

Pang li pang dang li pang dang kilidang
Pang li pang dang sakik lipang jak kundang
Yu yupayu yupayu ku tekhima
yu yupayu yupayu kaya dia
Api penggali lawas pakai tembilang besi
Mekha nai awas awas mekha nai awas awas
Nayah muli membudi

Salah satu lagu daerah Lampung yang terkenal yaitu Lipang Lipang Dang. Lagu ini bercerita tentang kisah cinta seorang bujang yang telah ditinggal oleh kekasihnya. Nadanya yang mendayu-dayu sangat cocok untuk didengarkan ketika suasana hati sedang kalut. 

Bait-bait dalam tiap liriknya berupa pantun yang mempunyai makna cukup jelas dan tegas. Makna yang terselip dari lagu daerah ini yaitu berhati-hatilah ketika membahas persoalan tentang cinta. Cinta dapat membuat seseorang menjadi buta dan tidak dapat berpikir secara jernih. 

Wah, jadi sedih ya kalau mendengar lagu daerah satu ini. Pasti para kaum galau akan langsung jatuh cinta ketika mendengarkan lagu ini.

2. Sang Bumi Ruwai Jurai

Lirik Lagu Sang Bumi Ruwa Jurai

Jak ujung Danau Ranau
Dari ujung danau ranau
Teliu di Way Kanan
Melewati way kanan

Sampai pantai lawok jaoh
sampai pantai laut jawa
Pesisir rik Pepadun
pesisir dan pepadun
Jadi sai delom lambang
Bersatu di dalam lambang
Lampung sai kaya-raya
lampung yang kaya raya

Kik ram aga burasa
jika kita mau merasakan
Hujau ni pemandangan
hijaunya pemandangan
Kupi lada di pematang
kebon lada di pematang
Api lagi cengkeh ni
apalagi cengkehnya
Telambun beruntaian
Banyak beruntaian
Tandani kemakmuran
tandanya kemakmuran

Lampung sai…
lampung satu,
Sang bumi ruwa jurai
Satu bumi dua macam

Cangget bara bulaku
Penghormatan pemuka adat [Pepadun]
Sembah jama saibatin
Penghormatan pemuka adat [Sebatin]
Sina gawi adat sikam
itulah aturan adat kami
Manjau rik sebambangan
berkunjung dan larian
Tari ragot rik melinting
tari ragat melinting
Ciri ni ulun Lampung
tandanya orang lampung

Lampung sai…
lampung satu,
Sang bumi ruwa jurai
Satu bumi dua macam

Jika kamu mengartikan lagu ini dalam bahasa Indonesia makna akan yang tertera yaitu Satu Bumi Dua Macam. Lagu ini bercerita tentang letak geografis dari Provinsi Lampung itu sendiri. Kamu bisa dihadapkan dengan Lampung yang memiliki dua sisi yaitu mulai sisi pesisir dan juga pepadun atau masyarakat dengan pedalaman dan dataran tinggi. 

Semboyan yang ada pada lagu ini menjelaskan tentang sekelompok orang yang saling menghormati satu sama lain, kekerabatan dan persahabatan untuk setiap daerah tetap terjaga meskipun terpisah oleh jarak. Kamu bisa memaknai lagu ini sebagai lagu dengan perdamaian dan juga keindahan berkelompok. Memang ya kalau lagu daerah itu selalu kental dengan adat dan juga kebersamaan. Salut banget, deh! 

3. Bumi Lampung

Lirik Lagu Bumi Lampung

Sangun kak jak zaman ho
Lampung ghadu dikenal
Hasilno kupi lado
Jadi idaman kaum modal
Wawai pemandangannyo
Jak pinggegh Teluk Lampung
Pek ulun besoko-soko
Lamun gham di nggak gunung
Sang Bumi Ghuwa Jughai
Eno lambang sai agung
Lapah gham jamo-jamo
Guwai ngebangun bumi Lampung

Sang Bumi Ghuwa Jughai
Eno lambang sai agung
Lapah gham jamo-jamo
Guwai ngebangun bumi Lampung

Sesuai dengan judulnya “Bumi Lampung” mengisahkan mengenai seluk beluk sumber daya alam pada Provinsi Lampung. Kekayaan alam tersebut sangat tergambarkan dari beberapa penggalan lirik seperti “Sangun kak jak zaman ho, Lampung ghadu dikenal, Hasilno kupi lado”. Pada lirik tersebut menjelaskan bahwa Lampung sejak zaman dahulu sudah terkenal akan hasil alam berupa kopi dan lada. 

Selain itu Bumi Lampung juga menceritakan tentang keindahan pemandangan alam yang dimilikinya. Hal ini jelas tertulis dalam lirik “Wawai pemandangannyo, Jak pinggegh Teluk Lampung, Pek ulun besoko-soko, Lamun gham di nggak gunung”.

Dalam lagu ini juga memberikan pesan agar penduduk Lampung bisa menjaga kelestarian alam yang dimilikinnya bersama-sama sebagai tanda syukur atas kenikmatan yang Tuhan berikan. Wah, bagus banget ya makna lagu Bumi Lampung ini, Blibli Friends.


Baca juga: Pulau Pahawang, Surga Yang Tersembunyi di Lampung

Gimana dari beberapa lagu di atas kamu jadi semakin penasaran kan ingin berkunjung ke provinsi yang satu ini? Bagi kamu yang ingin berlibur ke Lampung, jangan khawatir karena sekarang toko online Blibli telah menyediakan tiket pesawat dengan berbagai rute, lho. Di sini kamu juga akan dimanjakan dengan promo menarik dan fitur-fitur yang memudahkan kamu untuk bertansaksi.

Temukan Kemudahan Memesan Tiket Pesawat Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY