Lagu Daerah Kalimantan Barat dengan Lirik Lengkap & Video

lagu daerah

Kalimantan Barat adalah salah satu provinsi yang berada di Pulau Kalimantan. Ibukota provinsi ini adalah Pontianak. Ada sebutan unik untuk Kalimantan Barat yaitu “seribu sungai”. Ini karena di provinsi ini ada banyak sungai nih Blibli Friends. Nggak hanya itu aja yang khas, tapi juga ada banyak lagu daerah Kalimantan Barat. Lagu-lagu daerah tersebut adalah bagian dari ragam kesenian dan kebudayaan di sana.

Biasanya, lagu daerah tersebut dinyanyikan atau dibawakan dalam suatu acara. Atau, di gelaran lainnya juga. Nah, daripada semakin penasaran yuk mari mengenal sejumlah lagu daerah Kalimantan Barat ini.


Baca Juga: Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Kamu Coba!

  1. Cik Cik Periok

Lirik Lagu Cik Cik Periok

cik cik periook bilanga sumping dari jawe
datang nek kecibook bawa kepiting dua ekook
cik cik periook bilanga sumping dari jawe
datang nek kecibook bawa kepiting dua ekook
cak cak bur dalam bilanga picak iddung gigi rongak
sape kitawa dolok dipancung raje tunggak

Cik Cik Periok adalah lagu Kalimantan Barat yang berasal dari Kabupaten Sambas. Nah, lagu ini sudah ada sejak lama. Tepatnya, mulai dari 150 tahun yang lalu. Lagu daerah ini juga merupakan yang paling populer dari Kalimantan Barat. Menurut orang-orang Sambas, pencipta lagu ini adalah suku Dayak asli. Akan tetapi,  nggak diketahui dengan pasti siapa nama pencipta lagu Cik Cik Periok ini.

Lagu Cik Cik Periok bercerita tentang kehidupan orang Sambas di zaman dahulu. Kala itu, orang Jawa banyak yang datang ke Sambas. Kemudian, konon kebudayaan yang masuk dari luar itu, dianggap merusak budaya Sambas yang sudah ada.  

2. Aek Kapuas

Lirik Lagu Aek Kapuas

Hei sampan laju
Sampan laju dari ilir sampai ke ulu
Sungai Kapuas
Sunggoh panjang dari dolo’ membelah kote
Hei tak disangke
Tak disangke dolo’ utan menjadi kote
Ramai pendudoknye
Pontianak name kotenye
Sungai Kapuas punye cerite
Bile kite minom ae’nye
Biar pon pegi jauh ke mane
Sunggoh susah na’ ngelupakannye
Hei Kapuas 3x

Selanjutnya, ada lagu Aek Kapuas. Lagu ini mengisahkan tentang Aek Kapuas atau Sungai Kapuas. Nah, Sungai Kapuas adalah ikonnya provinsi Kalimantan Barat. Sementara, sungai ini merupakan sungai terpanjang yang ada di Indonesia. Panjang sungainya tersebut mencapai 1.143 km.

Lagu Aek Kapuas diciptakan oleh Paul Putra Frederick dan Yan G. Sepenggal liriknya menyampaikan, bahwa konon jika seseorang meminum air Sungai Kapuas, maka mereka nggak akan bisa melupakan Kalimantan Barat. Wah, udah pada coba belum nih Blibli Friends?

3. Ca Uncang

Lirik Lagu Ca Uncang

Ca’ uncang burung ca’ uncang
Ape diuncang dalam timpurung
Anak dare supankan bujang
Catcak ke dapour mencium puntong
Ka’ uteh ka’ uning usah na’ supan

Meliat bang itam datang na’ minang
si ade’ nang labak kana’ jalingan
si ade’ nang bussu tawa’ dikulum

Ca’ uncang burung ca’ uncang
Ape diuncang dalam timpurung
Anak dare supankan bujang
Catcak ke dapour mencium puntong

Berikutnya ada lagu berjudul Ca Uncang. Lagu daerah ini bercerita tentang kehidupan sepasang remaja. Ceritanya tentang saat anak dara atau dare (perempuan) yang malu-malu, dilamar oleh anak bujang (laki-laki).

Lagu Ca Uncang adalah lagu dengan pantun dan syair di dalamnya. Asal lagu ini juga merupakan daerah Sambas, lho. Seperti lagu Cik Cik Periok yang sangat populer.

4. Dara Muning

Lirik Lagu Dara Muning

Ninga Kesahlah Delu
Sang Putri nan Cantek Jelita
Dara Muning lah Namanya
Bujang Munang Nama Anaknya

Hidup di Alam Desa
Bekawan dengan Aoh Burong
Cinta Jom akan Terjadi
Antara Uma dan Anaknya

Dara Muning Disumpahlah Mambang
Mencintai Munang lah Anaknya
Darah Muning Jadi Sige Batu
Sampai Pitu Jadilah Cerita

Dara Muning merupakan lagu daerah dari Kalimantan Barat yang juga terkenal. Lagu ini merupakan karya dari M. Herry Sy. Lagu Dara Muning mengadaptasi cerita dari masyarakat lokal setempat. Ceritanya, konon ada seorang wanita yang cantik. Dia bernama Muning, serta mempunyai seorang anak yang namanya Munang. Suatu ketika, ibu dan anak tersebut terpisahkan dalam waktu cukup lama.

Kemudian, saat keduanya kembali bertemu, mereka saling jatuh cinta. Lantas, keduanya dikutuk menjadi batu. Sebab, dianggap telah melanggar aturan dewa. Cerita ini terkenal dengan sebutan Legenda Batu Dara Kemuning. Udah pada tau nggak sih cerita ini Blibli Friends?

5. Masjid Jami

Lirik Lagu Masjid Jami

Sungguh cantek bentok rupenye
Mesjed Jami sebrang adenye
Awal mule adenye kote
Pontianak die punye name

Barang siapa ke Pontianak
Jangan lupakan keraton raje
Kalo tidak pergi ke sanak
Belomlah sampai dalam kotanye

Peninggalan di jaman dolo’
Mesjed Jami dan keratonnye
Sultan Abdurrahman pendirinye
Di jaman penjajahan Belande

Itu bukti secare nyate
Boleh bangge kite semue

Kalau lagu daerah ini bercerita tentang keindahan kota Pontianak serta Masjid Jami. Masjid ini dibangun pada masa penjajahan Belanda. Sekaligus merupakan peninggalan dari masa Sultan Abdurrahman.

Katanya, kalau ada orang yang pergi ke Pontianak, tapi tak mampir ke keraton raja, berarti dia belum sampai di Pontianak. Nah, Masjid Jami dan Keraton adalah kebanggaan orang-orang Kalimantan Barat.


Baca juga: Ajak si Kecil Mengenal Lagu Daerah dengan Produk Berikut Ini

Itulah lagu-lagu daerah Kalimantan Barat yang paling terkenal. Kalau dengar lagu-lagu tersebut, rasanya jadi ingin jalan-jalan ke sana, ya? Kalau kamu lagi ingin berlibur ke Kalimantan Barat, langsung aja deh  pesan tiket pesawat di Blibli. Semua rute penerbangan ada, kamu juga kan dimanjakan dengan banyak promo menarik di sana. 

Temukan Tiket Pesawat ke Kalimantan Barat di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY