Lagu Daerah Jawa Timur Lengkap dengan Lirik, Video, dan Makna

jawa tengah

Lagu Daerah Jawa Timur – Semua pasti udah tahu kalau Indonesia kaya banget akan budaya yang perlu dilestarikan, salah satunya adalah lagu daerah. Berbagai lagu daerah telah tercipta dengan keunikan masing-masing, didasari perbedaan bahasa, budaya, juga kebiasaan masyarakat setempat. Yang jelas, meski berbeda-beda, lagu daerah jadi salah satu warisan budaya yang punya potensi besar untuk terus dikembangkan.

Kalau misi ini berhasil, lagu daerah nggak cuma menarik perhatian orang tua aja, tapi juga bisa dikenal dan dilestarikan oleh anak muda. Tentu aja hal ini punya tujuan positif yaitu untuk mempertahankan budaya lokal yang merupakan gambaran masyarakat yang masih menjunjung tinggi adat istiadat. 

Nah, dari sekian banyak daerah di Indonesia, Jawa Timur termasuk salah satu ‘gudangnya’ lagu-lagu daerah dengan alunan musik terbaik. Nggak jarang lagu daerah Jawa Timur bisa populer sampai skala nasional, bahkan internasional.

Yuk, intip beberapa lagu daerah yang terkenal banget dan punya arti mendalam untuk kebudayaan Jawa Timur!


Baca juga: Road Trip & Camping Asik Di Surabaya, Jawa Timur

  1. Lagu Daerah dengan Judul Gai Bintang

Lirik Lagu Gai Bintang

Gai bintang alek gagar bulan
Pagaina janor koneng
Endeng pandeng alek sajan jau
Pajauna kalon alon Leya letes
Kembang kates Tokca tok cer

Gai Bintang merupakan lagu daerah asli Madura yang cukup terkenal karena memiliki alunan yang mendayu dengan makna lirik yang indah. Meski hanya memiliki lirik yang terdiri dari empat baris aja, si pencipta lagu Budi Susanto Yohanes berhasil menyelipkan pesan bahwa terkadang segala usaha keras yang kamu lakukan belum tentu akan mencapai hasil yang diinginkan, lho. Sehingga kamu harus bisa menerima apa pun hasil yang didapat karena itu merupakan jalan terbaik yang telah Tuhan berikan. Gimana Blibli Friends, bagus banget ya makna lagunya?

2. Kembang Malathe

Lirik Lagu Kembang Malathe

Kembeng malate pote
Beunah ro’om ngapencote
Gik buru e pettek deri taman sare
Ropana segger tor asre
Bennyak kembeng se sae
Tak seddep akadhi malate
Menangka kasogen kaator kapotre
Se seddep akadhi malate

Kembang Malathe merupakan lagu daerah yang juga berasal dari Pulau Garam alias Pulau Madura. Lagu ini menceritakan tentang keindahan bunga melati yang akan menarik perhatian semua orang saat melihatnya dan selalu menjadi bunga terwangi jika dibandingkan bunga yang lain. Selain itu djelaskan pula bahawa bunga melati adalah bunga yang paling pantas diberikan pada seorang putri atau pujaan hati.

Sehingga sang pencipta lagu Abd. Moeid Qowey menyiratkan pesan bahwa ketika mencintai seseorang kamu harus memberikan semua yang terbaik untuknya. Ah, romantis banget sih!

3. Rek Ayo Rek

Lirik Lagu Rek Ayo Rek

Rek ayo rek mlaku mlaku nang Tunjungan
Rek ayo rek rame rame bebarengan
Cak ayo cak sopo gelem melu aku
Cak ayo cak dolek kenalan cah ayu

Ngalor ngidul liwat toko ngumbah moto
Masio mung nyenggal nyenggol ati lego
Sopo ngerti nasib Awak lagi mujur
Kenal anake sing dodol rujak cingur

Jok dipikir angger podho gak duwe sangu
Jok dipikir Angger podho gelem mlaku
Mangan tahu jok dicampur nganggo timun
Malam minggu jok podho digawe nglamun

Rek ayo rek mlaku mlaku nang Tunjungan
Rek ayo rek rame rame bebarengan
Cak ayo cak sopo gelem melu aku
Cak ayo cak dolek kenalan cah ayu

Judul lagu Rek Ayo Rek tentu sudah nggak asing di telinga semua orang. Lagu yang terkenal di kalangan masyarakat Jawa Timur bahkan juga luar Jawa ini mampu memberikan nuansa semangat kepada setiap orang yang mendengarkannya. 

Rek Ayo Rek sendiri diciptakan oleh Is Haryanto untuk memperkenalkan beberapa tempat wisata di Kota Surabaya. Ditulis dengan lirik yang bisa masuk dalam kehidupan remaja, lagu ini juga memiliki alunan yang fresh dan mudah untuk dinyanyikan.

4. Tondu’ Majang Dikenal Tandung Majeng

Lirik Lagu Tandung Majeng

Olle ollang paraona alla jere
olle ollang ala jere ka Madure
Olle ollang paraona alla jere
olle ollang alla jere ka Madure

Ngapote ka’ wa lajere eta ngale
Reng majeng tan tona la pade mole

Mon tengguh deri ombek pajelena
Maseh benyak o angguh ‘leh olehna

Duh mon a jeling odikna o reng majengan
A bental ombek sapok angen salanjengan
Lir sa a lir lir sa alir alir alir
gung, Lir sa alir lir sa alir alir alir gung

Nama dari lagu ini cukup sulit sehingga nggak jarang orang akan menyebutnya dengan Tandung Majeng. Tandung menurut KBBI berarti tanduk hewan. Tapi sebenarnya tanduk dalam lagu ini memiliki makna kiasan yang berarti marabahaya. 

Lagu asal Madura ini menceritakan tentang kehidupan nelayan yang ada di sekitar pesisir Madura. Kehidupan keras yang selalu berhadapan dengan marabahaya yang tetap harus dijalani untuk tetap bertahan hidup.

5. Bapak Tane

Lirik Lagu Bapak Tane

Pajjer lagu arena pon nyonara
Bapak tane setedhung ‘pon padhe jege
Ngala’ are, solandhu’ ben capenga

A jelena entara kawajiban
Bapak tane ‘pon a lako ci’ patengah
Ampon anye hasela ber benyakan

Lagu daerah Jawa Timur lain yang juga nggak kalah populer yaitu  Bapak Tane. Lagu ini menceritakan tentang kehidupan dan kegiatan sehari-hari seorang petani. Kamu akan mendapatkan beberapa nasehat penting dari lagu ini. Salah satunya adalah segala kerja keras nggak akan mengkhianati hasil.


Baca juga: Makanan Khas Jawa Timur dengan Rasa Maknyus

Gimana kelima lagu di atas ternyata memiliki alunan yang easy listening dan lirik yang mudah untuk dinyanyikan bukan? Ngomong-ngomong lagu daerah Jawa Timur nih, jadi inget berbagai wisata dengan kenikmatan kuliner yang dimiliki. Untuk kamu yang ingin bepergian langsung ke Jawa Timur, Blibli menyediakan banyak promo tiket kereta yang tentunya membuat liburan kamu lebih asyik. Yuk segera dapatkan tiket liburanmu sekarang juga!

DAPATKAN TIKET KERETA HEMAT HANYA DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY