Lagu Daerah Jawa Barat dengan Lirik Lengkap, Makna dan Video

alat musik sunda

Kalau mendengar Jawa Barat, kamu pasti langsung teringat Bandung atau Sunda, atau mungkin peuyeum. Tanah Sunda memang punya daya tariknya sendiri. Tidak terkecuali kesenian dan kebudayaan yang khas di sini. Termasuk lagu daerah Jawa Barat yang beragam. Di mana, ini menjadi kekayaan seni Jawa Barat.

Sebenarnya nih, ada banyak macam kesenian di provinsi satu ini Blibli Friends. Namun, kali ini kamu akan disuguhkan beberapa judul lagu daerah atau musik tradisional dari Jawa Barat. Lagu-lagu daerah ini selain khas dengan musiknya, juga memiliki makna yang berarti, lho. Maka dari itu, yuk, langsung aja simak berbagai lagu daerah Jawa Barat berikut ini. 

—————————

Baca juga: Makanan Khas Jawa Barat yang Harus Kamu Beli Saat Berlibur Nanti

  1. Cing Cangkeling

Lirik Lagu Cing Cangkeling

Kleung dengklek buah kopi rarang geuyan
Keun anu dewek ulah pati diheureuyan
Cing cangkeling manuk cingkleung cindeten
Plos kakolong bapak satar buleneng

Pat lapat pat lapat katingalan masih tebih kene pisan
Layarna bodas jeung celak kasurung kaombak ombak

Cing Cangkeling adalah semacam lagu permainan Sunda. Biasanya, anak-anak yang menyanyikannya sambil berhitung, sebelum memulai permainan kucing-kucingan atau sentuh berlarian. Lagu ini rupanya memiliki makna yang mendalam, lho. 

Makna yang tersirat adalah gambaran isi hati atau perasaan manusia. Ibarat burung yang beterbangan ke sana kemari. Seperti burung, hati manusia bisa goyah dan berpindah-pindah. Sementara, hati yang baik adalah yang tenang, tetap dan punya pendirian teguh, sehingga nggak mudah goyah. Hati yang seperti ini akan menciptakan kedamaian dan menuntun ke jalan yang benar. Wah, bagus banget nih maknanya!

2. Bubuy Bulan

Lirik Lagu Bubuy Bulan

Bubuy bulan
Bubuy bulan sangray bentang
Panon poe
Panon poe disasate

Unggal bulan, unggal bulan
Unggal bulan abdi teang

Unggal poe,unggal poe
Unggal poe oge hade

Situ Ciburuy
laukna hese dipancing
Nyeredet hate
Ningali ngeplak caina

Duh eta saha nu ngalangkung
unggal enjing
Nyeredet hate
Ningali sorot socana

Lagu daerah Jawa Barat ini menggunakan Bahasa Sunda. Lagunya diciptakan oleh Benny Corda. Masyarakat Sunda sangat familiar dengan lagu ini. Bahkan, lagunya sering diajarkan di sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Blibli Friends wilayah Jawa Barat pasti pernahkan diajarin lagu ini di sekolah?

Lagu ini bercerita tentang kisah percintaan seseorang yang merindukan kekasihnya di tempat nun jauh. Dia berharap supaya kekasihnya pulang menemuinya dan mengobati kerinduannya. Namun, dia semakin rindu saat melihat seseorang lewat di depan rumahnya tiap pagi. Orang tersebut punya sorot mata yang terlihat mirip seperti kekasihnya.

3. Tokecang

Lirik Lagu Tokecang 

Tokecang tokecang balagendir tos blong
Angeun kacang angeun kacang sapariuk kosong
Tokecang tokecang balagendir tos blong
Angeun kacang angeun kacang sapariuk kosong

Aya listrik di masigit mani ca’ang katinggalna
Aya istri jangkung alit karangan dina pipina

Tokecang tokecang balagendir tos blong
Angeun kacang angeun kacang sapariuk kosong
Tokecang tokecang balagendir tos blong
Angeun kacang angeun kacang sapariuk kosong

Tokecang merupakan lagu yang terkenal banget di kalangan orang Sunda. Bahkan juga bagi orang-orang di luar masyarakat Sunda. Tokecang dalam tradisinya adalah lagu permainan. Anak-anak yang biasa menyanyikannya sambil berpasang-pasangan, berhadapan dan berpegangan tangan. Saat menyanyikan lagunya, pasangan tersebut berbalik sambil memutar tangan sehingga menjadi saling membelakangi.

Permainan ini biasa dilakukan saat tengah menunggu sesuatu, apapun itu baik berupa benda atau manusia. Maksud menyanyikan lagu ini adalah menghilangkan bosan karena lama menunggu. Jadi, bisa untuk hiburan sambil mengisi waktu. Lagu ini udah populer banget, bahkan pernah dijadikan salah satu backsound acara di salah satu stasiun TV.

4. Manuk Dadali

Lirik Lagu Manuk Dadali 

Mesat ngapung luhur jauh di awang-awang
Meberkeun jangjangna bangun taya karingrang
Sukuna ranggaos reujeung pamatukna ngeluk
Ngapak mega bari hiberna tarik nyuruwuk

Saha anu bisa nyusul kana tandangna
Gandang jeung pertentang taya bandingannana
Dipikagimir dipikaserab ku sasama
Taya karempan kasieun leber wawanenna

Manuk dadali manuk panggagahna
Perlambang sakti indonesia jaya
Manuk dadali pangkakon carana
Resep ngahiji rukun sakabehna

Hirup sauyunan tara pahiri-hiri
Silih pikanyaah teu inggis bela pati
Manuk dadali ngandung siloka sinatria
Keur sakumna bangsa di nagara indonesia

Lagu Manuk Dadali begitu ikonik. Pencipta lagu ini adalah Sambas Mangundikarta. Manuk Dadali berarti Burung Garuda. Terlihat jelas, ya, kalau lagu ini bertema nasionalisme. Lagunya menggambarkan burung garuda yang perkasa, sebagai lambang negeri Indonesia. Pasti Blibli Friends pernah dengar kan lagu ini? Atau malah udah pada hafal nih.

5. Peuyeum Bandung

Lirik Lagu Peuyeum Bandung 

Di mana-mana di kampung di kota
‘tos kakoncaran duh nikmat rasane
Sampeu asalna nu direka-reka
naon namina duh matak kabita
Peuyeum Bandung kamashur pangaos
‘teu luhur ku sadaya kagaleh sepuh jeung murang kalih
Mangga cobian ulah panasaran
peuyeum ti Bandung henteu sembarangan

Peuyeum Bandung adalah lagu tentang peuyeum yang merupakan makanan khas Bandung. Makanan ini sangat terkenal akan kenikmatannya. Pencipta lagu Peuyeum Bandung juga Sambas Mangundikarta. Kemudian, yang mempopulerkan lagunya adalah Nining Maida, yakni seorang penyanyi pop Sunda yang terkenal di tahun 1980-an.

Oh ya, sedikit informasi aja nih tentang peuyeum. Peuyeum adalah makanan khas Bandung yang populer dan sering dijadikan oleh-oleh nih. Nggak sedikit wisatawan yang berburu peuyeum dan rela antri untuk mendapatkannya. Peuyeum dalam Bahasa Indonesia, biasa disebut sampe. Juga sering disebut tapai atau tape.

—————————

Baca juga: Wisata Ujung Kulon, Jawa Barat

Itu tadi sejumlah lagu daerah Jawa Barat yang terkenal. Unik-unik, ya, makna dari lagunya. Bahkan, ada lagu daerah tentang makanan khas Bandung yang lezat, yaitu peuyeum. Jadi ingin wisata kuliner ke Jawa Barat, ya. Langsung aja yuk beli tiket kereta di Blibli! Kamu bisa menikmati liburan weekend ke sana dan tentunya dengan semua harga promo yang tersedia.

TEMUKAN TIKET KERETA MURAH HANYA DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY