Kumpulan Lagu Daerah Bali dan Makna Lagunya yang Tersirat

sumber: pixabay.com

Lagu Daerah Bali – Salah satu kesenian Indonesia yang sangat terkenal adalah kesenian dari Pulau Bali. Terutama, alat-alat musik tradisionalnya yang begitu khas. Tak kalah penting, lagu daerahnya juga memiliki musik dan nilai-nilai luhur. Biasanya nih, lagu daerah Bali juga berisi tentang nilai moral, tapi nggak sedikit juga yang memiliki arti berupa hiburan untuk keseharian. Dan biasanya sih lagu-lagu asal Bali masih sering dijadikan lantunan musik pengiring dalam upacara adat dan kesenian.

Macam lagunya juga beraneka ragam, Blibli Friends. Ada yang lagu anak-anak, kidung, serta geguritan yang biasanya disebut dengan pupuh. Lagu-lagunya juga banyak yang pakai Bahasa Jawa atau Bali kuno. Walau kebanyakan generasi millenials sulit paham sama artinya tapi di setiap lagu terkandung pesan moral. Langsung simak yuk lagu daerah khas Bali berikut. 


Baca juga: 4 Rekomendasi Tempat Nginep di Bali Buat Liburan Bareng Keluarga

  1. Macepet Cepetan

Lirik Lagu Macepet Cepetan

Jani m’lati macepet-cepetan
Nanging limane tusing dadi matiang
Sejaba ento mekajang dadi
Nyenje kalah lakar gedhing

Kalau melihat dari judulnya sih, kamu pasti bisa langsung tahu bahwa lagu ini menceritakan karakteristik orang Bali. Lagu ini memiliki nada yang ceria dan juga tempo yang cepat. Seakan lagu ini menggambarkan sifat orang Bali. Di mana, orang Bali selalu sigap dan cekatan ketika menyelesaikan masalah maupun pekerjaan. Wajib banget ditiru nih Blibli Friends!

2. Ratu Anom

Lirik Lagu Ratun Anom

Ratu anom metangi meilen-ilen
Ratu anom metangi meilen-ilen
Dong pirengang munyin sulinge di jaba
Dong pirengang munyin sulinge di jaba

Enyen ento menyuling di jaba tengah
Enyen ento menyuling di jaba tengah

Gusti Ngurah Alit Jambe Pemecutan
Gusti Ngurah Alit Jambe Pemecutan

Ratu Anom merupakan salah satu lagu yang familiar banget bagi masyarakat Bali. Ini adalah lagu yang biasanya dinyanyikan oleh anak-anak Bali. Mereka menyanyikannya di lingkungan rumah atau sekolah. Tembang ini juga penuh akan makna mendalam belum lagi alunan lagunya yang syahdu dan juga khas. Biasanya, lagu ini menjadi tembang untuk pengantar tidur anak-anak. Ratu Anom juga merupakan lagu daerah yang sudah menjadi bagian dari kebudayaan orang Bali.

3. Mejangeran

Lirik Lagu Mejangeran

Jangi Janger, sengsenge sengseng janger,
Sengsenge sengseng janger.
Serere nyo mane nyore
Kelap kelap ngalap bunga

Langsing lanjar pamulune nyandat gading
Saluat jani mejangeran
Seriang ngentur rora roti

Arasijak Jangi Janger
Arasijak Jangi Janger
Arasijak Jangi Janger
Arasijak Jangi Janger

Tembang Mejangeran juga biasa dikenal dengan judul lainnya yakni Jangi Janger. Lagu Mejangeran ini merupakan tembang yang isinya berupa ajakan menari, agar dapat melepas kesedihan. Sebab, menari sudah menjadi bagian dari kebudayaan Bali. Menari biasa jadi hiburan untuk melepas lelah dan menghilangkan kepedihan.

4. Ngusak Asik

Lirik Lagu Ngusak Asik

Cai ketut demai rusuh
Bas kaliwat cai ngawe sakit hati
Cang sing demen.
Ngidih olas ketut pang enggal megedi.

Ngusak Asik adalah lagu yang menceritakan kisah kasih di antara pasangan laki-laki dan perempuan. Lagu daerah Bali ini, memiliki tempo cepat, dan nadanya riang. Nah, seperti kebanyakan lagu-lagu Bali pada umumnya. Lagu daerah ini juga menggunakan banyak sinkop dan pola ritme yang berulang.

5. Dadong Dauh

Lirik Lagu Dadong Dauh

Dadong dauh ngelah siap putih
Suba metaluh reka
Minab ada limolas taluhne
Nangih lacur ada nak nepukin
Anak cerik cerik
Anak cerik cerik
Keliwat usil ipun

Dadong Dauh adalah lagu daerah Bali yang merupakan tembang untuk anak-anak. Cerita lagu ini yaitu tentang seorang nenek yang punya peliharaan ayam. Ayamnya tersebut sudah bertelur. Akan tetapi, segerombolan anak kecil nakal tiba-tiba aja datang dan mereka mengambil telur-telur ayam milik sang nenek. Kasihan banget nih si nenek. 

6. Putri Cening Ayu

Lirik Lagu Putri Cening Ayu

Cening putri ayu Ngijeng Cening jumah
Memeluas malu Ke peken meb’lanje
Apang ade daharan nasi

Memetiang ngiring Nongos ngijeng jumah
Sambilan mekumpul Ajak titiang dadue
Ditekani nyenggap gapin

Pelalian Cening Kotak wadah gerip
Jaje megenepan Ane luwung luwung
Bunge melah melah Ambunane sarwe miyik

Lagu ini menceritakan kebiasaan orang-orang Bali yang bercerita tentang hubungan baik di antara ibu dan anak. Saat ibunya pergi belanja barang kebutuhan pokok ke pasar, si anak akan menjaga rumah. Nah, lagu ini kayaknya juga lagu yang mengingatkan kamu sama masa kecil deh, pasalnya dalam liriknya menceritakan bahwa sang anak selalu meminta buah tangan dari ibu ketika pergi ke pasar. 

Sehingga penulis memberikan pesan bahwa orang tua harus melatih anak agar bertanggung jawab. Caranya dengan memberi si anak tugas lalu dibalas dengan kebaikan yang sama yaitu sebuah hadiah. Kebiasaan take and gift antara ibu dan anak di atas tentu aja akan membentuk karakter positif pada diri sang anak kelak lho.

7. Meong-Meong

Lirik Lagu Meong-Meong

Meong meong alih je bikule (2x)
Bikul gede gede
Buin mokoh mokoh
Kereng pesan ngerusuhin

Meong-meong adalah lagu daerah dengan lirik yang ringan. Tembang ini memang merupakan lagu yang diciptakan  untuk anak-anak. Lagunya ceria dan jenaka. Berisi dialog dengan seekor kucing, agar dia menangkap tikus yang suka membuat kerusuhan. Ada-ada aja ya?


Baca juga: Daftar Makanan Enak di Bali, Jangan Sampai Kelewatan

Nah, itulah sederet lagu daerah Bali dengan masing-masing keunikannya. Setiap lagu mengandung cerita tersendiri yang pastinya menyampaikan pesan moral yang bermakna dan juga mendidik. Wah, kalau berbicara tentang Bali nih, rasanya langsung ingin liburan ke sana nggak sih? Kalau gitu langsung aja deh pesan tiket pesawat di Blibli dengan harga diskon. Nikmati juga promo menarik lainnya. Jadi nggak sabar berjemur di pantai sambil minum es kelapa muda.

Dapatkan Tiket Pesawat Murah di Sini!

Yunita Dwi

Loves to run, sing, eat, and joget Korea.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY