Kurangin Ngabuburit Biar Anak Kost Bisa Ngirit Pas Buka Puasa

Photo via unsplash.com

Siapa yang jadi anak kos? Coba merapat! Karena bentar lagi bulan Ramadhan, otomatis banyak yang nyiapin makanan sama minuman buat buka puasa. Biasanya kalo mau buka puasa pasti beli banyak makanan, kesannya tuh kayak mau bales dendam pas siangnya ngejalanin puasa. 

Eits, tapi hati-hati kalo kalap terus-terusan malah bikin jadi hedon beli makanan. Saking banyaknya makanan, eh malah gak abis gegara kekenyangan. Kan sayang kalo ujungnya dibuang. Biar gak kayak gitu, mending ikutin tips yang bakal saya kasih kali ini. Cusss meluncur~

  • Pilih bukber yang penting-penting aja

Pas puasa pasti ada aja yang ngajakin bukber, dari temen kecil, sekolah, temen kerja, sampe ke mantan. Padahal puasanya aja belom mulai, tapi udah pada minta tag tanggal buat bukber. Momen ini bisa buat reunian juga sih, tapi kudu dibatesin yak. Soalnya kalo semua diikutin, bisa-bisa kantong jadi jebol gak karuannnn.

  • Masak sendiri buat buka puasa

Masak sendiri emang lebih hemat, apalagi kalo pinter gonta-ganti menu makanan yang mau dimasak. Behhh buka puasa berasa jadi gak bosen. Trus, porsinya juga bisa disesuain, jadi kalo mau nambah juga gak bakalan disuruh bayar hehehe… Kalo makanan gak abis, bisa diangetin lagi buat besoknya. Ketauan banget ya ngiritnya, hahaha…

  • Kurangin ngabuburit

Kurangin deh kegiatan yang gak penting di luar rumah. Kalo gak enak sama ajakan temen, mending diomongin baik-baik aja. Yang penting kudu niat dan yakin kalo mau hemat pas bulan puasa gini. Yuk tahan-tahan biar gak boros lagi, lumayan duitnya bakal ditabung buat masa depan. 

  • Betah di mesjid

Tiap bulan puasa di mesjid biasanya ada takjil gratisan, udah gitu enak-enak lagi hehehe… Boleh tuh nyoba, tapi ya jangan cuma ngincer makanannya doang yak. Ngelakuin ibadahnya kudu nomor satu.

Gimana tips yang saya kasih tau? Gampang kan buat dilakuin. Lumayan kalo duitnya gak kepake kan bisa buat bayar kosan bulan depan atau bisa ditabung. Kalo buka puasa mah, makan yang sederhana juga bisa. Yuk bisa yuk belajar hemat alias gak hedon dari sekarang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY