Fashion & Beauty

Kulit Kering dan Sensitif Jadi Masalahmu? Atasi dengan 7 Tips Ini

Jul 10, 2017.By Nadine

Pernahkah kamu mengalami sensasi kulit ketat terutama setelah mandi atau berenang? Atau kulit wajahmu terasa kasar, kering dan bersisik, mengelupas, kemerahan hingga gatal? Jika ya, itu artinya wajah kamu mengalami masalah kulit kering dan sensitif.

Masalah kulit wajah yang satu ini memang bisa terjadi akibat berbagai faktor, seperti kondisi cuaca, sabun wajah yang kamu pakai, ruangan ber-AC, dehidrasi dan masih banyak lagi. Lalu adakah cara untuk bisa mengatasinya? Kamu beruntung banget, karena kali ini Blibli Friends akan membagi tips jitunya untuk kamu. Langsung intip ulasannya berikut ini, yuk!

BACA JUGA: Rekomendasi Serum untuk Kulit Kering

INTIP DULU BERBAGAI PILIHAN PRODUK UNTUK KULIT KERING DI SINI


1. Gunakan air mawar sebagai toner

VIVA Air Mawar Toner (100 mL)

Setelah beraktivitas seharian, rutinitas membersihkan sisa makeup terlebih dahulu dengan menggunakan toner kemudian mencuci wajah tentu sudah menjadi hal yang nggak boleh dilewatkan para perempuan.

Hanya saja bagi kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif, kamu nggak bisa menggunakan sembarang toner. Kamu harus memastikan bahwa toner yang kamu pakai itu bebas dari kandungan alkohol dan pewangi buatan!

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan air mawar untuk membersihkan wajahmu. Selain menawarkan wangi alami, air mawar juga berfungsi untuk mengembalikan kekenyalan kulit, menyegarkan hingga mencerahkan wajah secara efektif. Pastinya, toner ini aman bagi kulit sensitifmu.

2. Gunakan sabun muka khusus

Cetaphil Gentle Skin Cleanser (125 mL)

Tahukah kamu bahwa beberapa sabun wajah mengandung formula yang terlalu keras untuk kulit? Jika kulitmu terasa sangat kencang dan kering setelah mencuci muka, itu artinya sabun wajah yang kamu pakai nggak cocok untuk kulitmu yang kering dan sensitif.

Sebaliknya, kulit kering kamu butuh banget yang namanya gentle cleanser yang bebas dari pewangi dan pewarna. Hindari juga produk yang mengandung sodium lauryl sulfate, karena hanya akan mengikis kelembapan kulit. Saat mencuci wajah, pastikan juga kamu menggunakan air dingin dan pijat secara lembut.

3. Nutrisi kulit wajah dengan masker alami

Madu Uray / Madu Alami 875g

Setelah membersihkan wajah, jangan malas untuk menutrisi wajah kamu dengan menggunakan masker, ya! Nggak perlu sering-sering kok, kamu hanya perlu mengaplikasikannya 2-3 kali dalam seminggu.

Untuk maskernya sendiri, pilihlah masker yang dapat melembabkan wajah. Biasanya terdapat label moisturizing pada kemasannya. Atau jika ingin benar-benar alami, kamu bisa memanfaatkan kebaikan dari lidah buaya dan madu untuk kamu jadikan masker. Untuk masker alami, kamu bahkan bisa memakainya setiap hari, lho! Rasakan sendiri perbedaannya dalam beberapa hari kedepan! Kulit kamu akan terasa lembab dan kenyal kembali.

4. Go with less

Cetaphil Bright Healthy Radiance Brightening Day Protection Cream SPF15 (50 mL)

Saat wajah mengalami masalah kulit kering dan sensitif, yang kamu butuhkan hanya gentle cleanser, moisturizer, dan sunscreen. Jadi, kalau biasanya kamu sering menggunakan riasan makeup, sebaiknya kamu mengistirahatkan wajahmu dulu agar bisa bernafas hingga kondisinya kembali normal.

Pilihlah moisturizer dan tabir surya yang mengandung hypoallergenic yang bisa meminimalisir resiko gatal dan alergi pada kulit wajah. Jika kesulitan mendapat pelembab yang cocok, kamu bisa gunakan minyak bayi yang memiliki daya tahan lebih dalam mencegah penguapan air dari permukaan kulit dibanding pelembab biasa.

KLIK DI SINI UNTUK PILIHAN PRODUK HYPOALLERGENIC

5. Perbanyak minum air putih

Sejak dahulu, air putih dikenal memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk kecantikan. Nah, percaya atau nggak, jika kamu mengkonsumsi cairan dalam jumlah yang tepat, maka kulit kamu akan kembali tampak cantik dan segar!

Untuk itu, pastikan kamu minum air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari, ya! Selain untuk menghindari resiko dehidrasi, kulit kering dan sensitif kamu juga akan berangsur membaik. Agar asupan cairan tetap terjaga, bawa selalu air minum kemana pun kamu pergi.

JADIKAN AIR MINUMMU LEBIH SEHAT DENGAN ALAT INI

6. Konsumsi vitamin E dan C

WELLNESS NATURAL VITAMIN E 400 IU 400IU ANTIOXIDANT DAYA TAHAN TUBUH JANTUNG ANTI AGING 60 KAPSUL

Selain mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup, imbangi juga kebutuhan nutrisi kulitmu dengan vitamin E dan C yang terbukti sangat baik untuk kesehatan kulit. Kamu bisa membelinya di apotek ataupun di Blibli.com!

Pastikan kamu mengkonsumsinya sebelum tidur pada malam hari, ya! Sehingga kamu akan terbangun dengan kulit sehat pada pagi harinya.

7. Kompres wajahmu ketika gatal

Jika kulit kering dan sensitif kamu terasa gatal, jangan pernah mencoba untuk menggaruknya! Hal tersebut hanya akan meninggalkan bekas luka parut yang perih dan mengganggu penampilan.

Untuk meminimalisir rasa gatal yang timbul, kamu bisa menggunakan handuk lembut yang telah direndam air panas. Lalu kompres pada bagian kulit yang gatal. Ingat, jangan pernah menggosokannya pada kulitmu ya, cukup tempelkan saja hingga rasa gatalnya hilang.


BACA JUGA: Essence yang Bagus untuk Kulit Kering

Itulah serangkaian tips jitu yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit kering dan sensitif. Hasilnya mungkin memang nggak akan langsung terlihat, tapi cantik itu memang butuh waktu, bukan?

Agar kamu nggak terlalu stres dalam mengatasi kulitmu yang bermasalah, Blibli.com siap membantu kok! Kamu bisa temukan berbagai pilihan produk kesehatan dan kecantikan untuk kamu gunakan sebagai pemecah masalah dari kondisi kulit keringmu. Selain menawarkan harga yang terjangkau, kamu juga bisa menikmati cicilan 0% hingga gratis ongkos kirim! Yuk segera #BlibliSekarang dan dapatkan kulit cantikmu sekarang juga!

INTIP BERBAGAI PILIHAN PRODUK UNTUK KULIT KERING DI SINI

Tag: