Kudu Tau Ketentuan Sistem COD biar Aman Sentosa

Photo via th.bing.com

Buat yang demen belanja online, pasti gak asing lagi deh sama sistem COD. COD singkatan dari Cash on Delivery alias bayar di tempat atau alamat yang ditulis sebagai tujuan pengiriman. Gak heran, kalo orang-orang demen banget pake sistem ini, soalnya bisa ngeliat barangnya langsung. 

Cuma, ini gak berlaku kalo belanjanya di e-commerce. Gak bisa tuh yang namanya ngebuka packaging buat ngeliat barangnya, trus gak mau bayar gara-gara salah atau gak cocok. 

Jangan kek ibu-ibu yang lagi viral yaa, masa barang gak sesuai, marahnya ke kurir yang jelas-jelas gak tau apa-apa. Makanya, kalo kurang ngerti sama sistem COD, cari tau dulu biar gak malu gara-gara viral di social media hahaha.  

Padahal sistem COD tuh sebenernya aman sentosa, asal yang milih sistem ini tau cara kerjanya aja. Nah, sistem COD di tiap e-commerce punya ketentuan masing-masing, soalnya biar gak ada yang nyalahgunain.

Nah, kalo di Blibli sendiri ada sistem COD yang kudu dipahamin sama semua pembeli. Di Blibli sistem COD-nya tuh dikenain biaya 2% dari total transaksi. Ini bisa nge-secure buat kurir biar gak ketakutan gak dibayar sama si pembeli. 

Trus kalo buat pembeli yang dateng barangnya gak sesuai, jangan langsung marah-marah sama kurir ya. Bisa langsung ngajuin retur ke pihak Blibli aja, soalnya sistem retur ini disediain kok hihihi. Awalannya sih ngisi formulir dulu, biar ada bukti barang yang sampe bener-bener rusak atau gak sesuai keinginan. Gak usah kuatir, proses returnya gak bakalan makan waktu lama. 

Kalo mau COD, duit yang dikasih ke kurir minimal Rp 10 ribu sampe Rp 3 juta. Kalo banyak-banyak kasian kurirnya, bawa duitnya banyak bangettt sampe pada terbang ntar kebawa angin hehe. Lebih amannya lagi, Blibli nyediain Blibli Express Service, jadi abang kurir yang dateng bisa dipercaya 100%, no tipu-tipu. Trus kurir dari JNE juga ada, makanya gak usah diraguin lagi sistem keamanan dari Blibli.

Gimana? Semoga ngerti yaa sama penjelasan saya di atas. Sistem COD emang buat ngegampangin orang-orang buat bayar belanjaannya. Biarpun belanja online, bayarnya bisa pake cash. Jadi, gak perlu lagi deh ke ATM jauh-jauh buat transfer. Kalo belanja di Blibli, pembeli seneng, penjual seneng, dan kurir juga ikutan seneng hehehe…

BIAR GAK PENASARAN SAMA SISTEM COD DARI BLIBLI

Langsung aja nih cari-cari barang yang bisa pake sistem COD-an, dijamin aman sentosaaa!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY